Latest News

Apa Itu Bounce Rate? Cara Menurunkan Bounce Rate Blog - Pengertian Rasio Pentalan

Bagi anda yang gres di dunia blogging pasti masih belum tahu istilah-istilah yang ada dalam dunia blogging. Entah itu pernah mendengarnya sedikit tahu atau gres tahu ketika ini. Salah satu istilah dalam dunia blogging ialah bounce rate. Jika kita terjemahkan kedalam bahasa Indonesia maka bounce rate mampu berarti rasio pentalan atau persentase loncatan. Rate/pentalanapa? Pentalan pengunjung/visitor dengan page views.

Bounce rate ialah hasil bagi antara visitor dengan page views blog anda. Misalkan anda memiliki visitor 50 dengan page view 100 maka bounce rate blog anda ialah 50 : 100 = 0,50 (bentuk desimal) = 50% (bentuk persen). Bounce rate ialah rata-rata persentase antara tingkat kunjungan dengan page views dalam waktu tertentu.  

Semakin lama pengunjung berada di blog kita/semakin banyak pengunjung membuka halaman/artikel kita maka semakin mengagumkan bounce rate blog kita.Selain itu bounce rate menjadi faktor dalam menentukan DA (Domain Authority dan PA (Page Authority) blog kita. Semakin kecil bounce rate maka mampu membuat DA PA kita naik.

Bounce Rate Yang Bagus

Bounce rate ini memiliki pengaruh besar untuk mengukur kualitas blog kita. Biasanya google akan meranking/menilai blog kita setiap 3 bulan,salah satu hal penting untuk penilaian ialah bounce rate. Bounce rate berupa persentase,lalu berapa persentase bounce rate yang bagus? Apakah semakin besar semakin mengagumkan atau semakin kecil? Tentunya semakin sekidit semakin bagus. 

Mari menghitung lagi. Jika anda hanya menerima 100 page views ketika 50 visitor dan bounce ratenya 50% lalu bagaimana bila anda menerima 200 page views untuk 50 visitor tentu saja bounce rate blog anda akan turun menjadi 25%. Berarti setiap pengunjung akan membuka 4 halaman pertanda bahwa pengunjung menyukai artikel anda maka dengan itulah menjadi patokan penilaian google.

Cara Menurunkan Bounce Rate Blog

Bagi

Karena bounce rate berkaitan dengan page views maka yang harus kita lakukan ialah bagaimana cara supaya pengunjung mampu membuka laman sebanyak-banyaknya. Bisa sebuah referensi artikel yang sesuai dengan artikel yang sedang mereka baca atau cari. Atau juga mampu dengan melaksanakan cara berikut:

1. Memasang Widget Popular Post/Recent Post

Dengan memasang widget popular post.recent post maka pengunjung mampu tertarik untuk membaca artikel lain yang ada di blog anda. Dengan begitu maka mampu mengurangi bounce rate blog anda. Anda mampu memunculkan thumbnail di popular post semoga pengunjung lebih tertarik untuk mengklik artikel lainnya. Baca juga : 5 Widget Popular Post Yang Keren Untuk Blogger

2. Menambahkan Link Artikel Rujukan

Link artikel referensi contohnya menyerupai yang diatas. Namun perlu diperhatikan anda harus menawarkan referensi artikel yang relevan dan sesuai semoga pengunjung mau untuk mengklik link tersebut. Jika link yang diberikan berbeda dengan isi artikel yang sedang dibahas maka visitor mampu saja enggan untuk mengklik linknya.

3. Memasang Widget Artikel Terkait

Widget artikel terkait ini memang berfungsi untuk meningkatkan page views blog kita dengan banyaknya page views maka mampu menurunkan bounce rate. Terlebih lagi ada fitur dari google adsense yang menyerupai mirip artikel terkait yaitu matched content/konten sesuai. Namun hanya publisher tertentu yang mampu memasang fitur/unit iklan ini. Baca juga : Cara Membuat Artikel Terkait/Related Post Keren

Nah itu beliau cara mengurangi bouncer rate blog kita. Dengan menggunakan 3 cara tips diatas maka mampu membantu menurunkan rasio pentalan blog kita dengan begitu blog kita mampu menerima ranking yang mengagumkan dimata google.