Latest News

Cara Submit Sitemap.xml Blog Ke Google Webmaster Search

Submit sitemap ke google webmaster sangatlah penting. Terlebih lagi kalau anda ingin supaya blog serta artikel yang ada didalamnya mampu terindex mesin pencari (google). Dengan submit sitemap anda mampu mengoptimasi blog anda sehingga search engine mudah dalam mengindeks artikel di blog. 

Selain dengan cara submit sitemap,masih ada banyak cara supaya artikel di blog anda mampu cepat terindex google. Baca juga : 4 Cara Mudah Supaya Artikel Cepat Terindex Google. Google telah memperlihatkan tools secara cuma-cuma kepada para blogger untuk mengoptimasi artikel yang mereka punya. 

Cara Memasukkan/Mendaftarkan Sitemap Blog  Google Webmaster

Dengan googlw webmaster tools anda mampu mengoptimasi artikle anda supaya bisa  terindex search engine google. Hanya dengan submit sitemap anda mampu memasukkan semua artikel yang ada disitus/blog anda dengan cepat. Berbeda dengan tools fetch as artikel yang harus memasukkan url setiap artikel.

Sebelumnya anda harus mengerti apa itu sitemap dan apa fungsinya. Sitemap merupakan peta situs kita. Untuk fungsinya ibarat halnya sebuah peta yang membantu dalam menentukan arah. Namun sitemap disini berfungsi sebagai alat bantu search engine dalam mengenali struktur blog kita mulai dari dasar blognya hingga ke artikel didalamnya.

Melalui perayapan yang dilakukan oleh robot mesin pencari. Karena anda sudah mengetahui apa itu sitemap dan fungsinya berikutnya saya akan kenalkan sitemap blog di webmaster google.
Cara Memasukkan/Mendaftarkan Sitemap Blog Ke Google Webmaster
Tampilan Sitemap - Webmaster Tools
Dari gambar diatas anda mampu melihat statistik artikel yang disubmit melalui sitemap,jadi kita tidak perlu melaksanakan submit artikel satu per satu. Digambar tersebut anda juga mengetahui berapa artikel yang sudah terindex. Kaprikornus dengan sitemap anda tidak perlu repot-repot untuk submit artikel satu per satu. Tertarik untuk submit sitemap,berikut langkah-langkahnya :

Cara Submit Sitemap Ke Google Webmaster Tools

Langkah 1
Anda harus masuk dulu ke google webmaster dengan akun google sahabat (Namun anda harus mendaftarkan blog anda terlebih dahulu ke webmaster untuk menggunakan tools ini)

Baca juga : Cara Mendaftarkan Blog Ke Google Webmaster

Langkah 2
Lalu silakan pilih blog yang anda ingin anda masukkan sitemapnya ke webmaster

Langkah 3
Silakan klik Crawl/Perayapan → Sitemaps ,lalu silkan klik Add/Test Sitemap (terletak disudut kanan atas)

Akan muncul kotak baru,silakan isikan/tambahkan "sitemap.xml" pada kotak isian yang disediakan (tanpa tanda petik). Sehingga akan menjadi http://www.alamatbloganda.com/sitemap.com
Cara Memasukkan/Mendaftarkan Sitemap Blog  Google Webmaster

Lalu klik Submit

Setelah itu refres laman tersebut untuk melihat hasil sitemap yang sudah disubmit. Dalam waktu kurang dari 1 jam sesudah berhasil submit sitemap maka secara otomatis artikel anda juga akan disubmit. Dan anda mampu melihat statistiknya juga dilaman itu. Cukup sekian tutorial yang mampu saya bagikan biar bermanfaat.