Latest News

Cara membuat related post atau artikel terkait linkwithin hanya tampil dibawah postingan blog

Pada tutorial sebelumnya sudah aku jelaskan langkah demi langkan bagaimana membuat related post atau artikel terkait pada blog dan kini akan aku lanjutkan bagaimana cara mengatur semoga artikel terkat hanya tampil di bawah postingan saja. 

Related post atau artikel terkait yang ada di sebuah blog diduga bisa menyumbang trafik pengunjung yang banyak, alasannya dengan adanya artikel terkait akan menarik pembaca untuk mengunjungi artikel-artikel anda yang lainnya yang tampil pada related post blog anda yang sesuai dengan topik yang pengunjung baca. 

Nah, aku anggap anda sudah berhasil membuat related post blog anda sebelumnya dan tinggal mengaturnya semoga tampil hanya dibawah postingan saja. Bagaimana caranya, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini. 


Sebelumnya anda harus log in dulu ke blog anda.

Selanjutnya silahkan klik menu "template" menyerupai gambar dibawah ini.


Setelah itu silahkan klik "edit HTML".


Selanjutnya anda akan dibawa ke dalam editan template blog anda dan cari isyarat link within anda dengan cara klik isyarat html anda (terserah dimana saja) dan tekan "Ctrl+f" dan kemudian akan muncul form menyerupai gambar dibawah ini.

Selanjutnya ketikkan kata "linkwithin" pada kotak tersebut dan tekan enter.


Setelah itu akan muncul kata linkwithin dengan berlatar blok kuning menyerupai gambar dibawah ini dan tambahkan isyarat dibawh ini:
1. <b:if cond="data:blog.pageType == &quot;item&quot;"> setelah kode<b:includable id="main"> 
2. </b:if> sebelum </b:includable> 



Setelah anda berhasil menambahkan isyarat tersebut, mungkin kurang lebih tampilannya akan menyerupai berikut:

<b:widget id="HTML2" locked="false" title="LinkWithin" type="HTML">
<b:includable id="main">
<b:if cond="data:blog.pageType == &quot;item&quot;"><data:content></data:content></b:if></b:includable>
</b:widget>

Setelah anda tamat menambahkan isyarat tersebut silahkan klik "preview template" untuk melihat pratinjau template anda yang sudah anda rubah tadi apakah related post sudah muncul dibawah postingan saja atau belum. Jika sudah muncul dibawah postingan saja, silahkan klik "save template".


Setelah semua tamat anda dapat melihat jadinya dengan klik "view blog" anda. 

Gimana nih teman-teman semuanya, cukup mudah kan cara menampilkan related post hanya tampil dibawah postingan saja, mungkin cukup hingga disini saja tutorial cara membuat related post hanya tampil dibawah postingan saja. Mudah-mudahan tutorial ini dapat bermanfaat bagi anda dan jikalau ada yang kurang terang silahkan tulis pertanyaan anda pad akomentar.