Latest News

Cara costum domain blogspot menjadi dot com

Cara costum domain blogspot menjadi dot comBos Tutorial - Cara costum domain blogspot menjadi dot com. Sebuah domain bagi sebuah website merupakan hal yang sangat penting. Dengan domain TLD atau top level domain akan memperlihatkan blog atau website tersebut akan tampak lebih prifeional dan elegan. 
Pada postingan ini aku akan mengembangkan tutorial langkah demi langkah kepada anda bagaimana mengkostum atau merubah domain blog anda menjadi dot com. Sebelum anda ingin mengkostum domain blog anda, anda harus membeli dulu domain untuk blog anda. Dimana belinya, ya itu terserah anda, di internet tu kan berbagai yang menyediakan jasa domain baik yang gratis ataupun berbayar.  Kalau saran aku lebih baik anda beli di idwebhost.com, udah harganya murah dan aman serta mudah lagi untuk cara mengkostum domainnya.


Baiklah, aku anggap anda sudah membeli domain blog untuk blog anda ya. pribadi saja ikuti langkah-langkah berikut ini.

Selanjutnya silahkan masuk ke blog anda dan silahkan klik menu "setting" ibarat gambar dibawah.


Selanjutnya silahkan klik goresan pena biru "+ setup a 3rd url your blog" kurang lebih begitu ya ibarat digambar dibawah ini.



Selanjutnya akan muncul halaman ibarat dibawah ini dan silahkan masukkan alamat domain blog yang sudah anda beli ibarat gambar dibawah ini. kalau sudah silahkan klik "save".


Selanjutnya akan muncul pesan error ibarat gambar dibawah ini dan silahkan catat atau kopi instruksi atau Cname domain blog anda yang aku beri kotak hitam pada gambar tersebut. Kode Cname tersebut akan kita gunakan pada settingan di idwebhost nantinya.


Pada tahapan selanjutnya silahkan anda masuk ke dalan member area atau loggin ke website idwebhost.com. dan akan muncul kurang lebih ibarat gambar dibawah ini. silahkan klik menu "active domain".


Setelah itu akan muncul halaman ibarat gambar dibawah ini dan silahkan klik "kelola domain".


Selanjutnya silahkan klik "alat pengelolaan" dan akan muncul menu turunan ibarat gambar dibawah dan klik "kelola DNS".


Selanjutnya akan muncul halaman ibarat gambar dibawah ini dan ikuti langkah-langkah berikut:
Nama host diisi dengan @
Jenis record pilih A (address)
Alamat silahkan isi dengan IP berikut:
IP 1: 216.239.32.21
IP 2: 216.239.34.21
IP 3: 216.239.36.21
IP 4: 216.239.38.21

Jika pada tahap satu (IP 1) sudah jawaban silahkan klik simpan perubahan. dan ikuti langkah diatas untuk memasukkan Ip 1 hingga IP 4 hingga selesai.


Selanjutnya silahkan masukkan instruksi Cname blog anda yang pertama tadi yang muncul ketika anda memasukkan nama domain ke dalam blog anda (langkah ke 4)) dan masukkan di bawah instruksi ke empat Ip diatas tadi dan ikuti langkah-langkahnya ibarat dibawah ini.


Masukkan instruksi no 1 pada gambar diatas pada kotak tang aku beri no 1 pada gambar dibawah (pada kolom nama host) dan rubah jenis recordsnya menjadi Cname (alias) dan masukkan instruksi yang aku beri no 2 ke kotak no 2 pada gambar dibawah (pada kolom alamat).
Selanjutnya masukkan juga (www) pada gambar diatas ke kolom nama host dan jenis records ganti Cname serta masukkan ghs.google.com ke kolom alamat ( sama sperti langkah sebelumnya).

Jika sudah, silahkan klik simpan perubahan.


Selanjutnya silahkan kembali lagi ke area klien dan klik Nameserver dan akan muncul halaman ibarat gambar dibawah.


Setelah itu, Silahkan lihat nama server anda dan rubah nama servernya menjadi ibarat dibawah ini.
Nameserver 1 : dns1.idwebhost.biz
Nameserver2 : dns2.idwebhost.biz
Nameserver3 : dns3.idwebhost.org
Nameserver4 : dns4.idwebhost.com

Jika sudah anda masukkan semua, silahkan klik Ubah nameservers.

Selanjutnya silahkan tunggu beberapa jam dan ulang langkah pertama (masukkan alamat domain gres blog anda pada +setup a 3rd party url of your blog hingga tidak muncul pesan eror dan berhasil.

Jika sudah tidak muncul pesan error, berarti domain blog anda sudah berubah ke domain yang anda masukkan tadi.

Mungkin cukup hingga disini saja dulu tutorial wacana cara costum domain blogspot menjadi dot com. Mudah-mudahan dapat bermanfat bagi anda.