Latest News

Perbedaan Jenis Monitor LED dengan Monitor LCD pada Komputer

Kita sering sekali berhadapan dengan monitor, bahkan perangkat satu ini memang menjadi bab dari kebutuhan teknologi dalam bisnis, instansi dan juga di bidang lainnya. Monitor merupakan sebuah perangkat keras yang difungsikan sebagai output bagi data pada CPU. Secara umum, monitor disebut juga sebagai layar pada komputer yang menjadi hardware untuk menampilkan data ataupun video. Monitor tidak mampu terpisahkan dari komputer, tanpa adanya monitor maka komputer tidak akan mungkin mampu digunakan, apalagi untuk menampilkan data atau gambar. Saat ini, ukuran monitor sangat beragam, ada monitor yang berukuran 14 inci, 17 inci, 20 inci sampai sekarang telah berkembang monitor berukuran 21 inci. 

Dengan adanya monitor tersebut maka data grafis yang berasal dari processor mampu ditampilkan oleh komputer sehingga pengguna mampu melihatnya di layar monitor. Pada masing-masing monitor komputer, semuanya memiliki resolusi yang berbeda-beda tergantung dari ukuran monitor tersebut. Layar monitor dengan ukuran 20 inci pada umumnya memiliki resolusi sebesar 1600x 1200, sedangkan layar monitor dengan ukuran 17 inci biasanya memiliki resolusi sebesar 1024x768. Dengan aneka macam macam ukuran dan juga jenis monitor, Kamu mampu menyesuaikannya dengan kebutuhan kerja. 


Beberapa jenis layar monitor diantaranya adalah:

1. Cathode Ray Tube (CRT)

CRT merupakan monitor tabung dimana terdapat tabung yang berisi elektron segingga mampu digunakan untuk melihat gambar dan juga menciptakan gambar. Sinar katoda yang memiliki kecepatan tinggi menghasilkan tampilan pada monitor CRT. Setelah itu pancaran yang dihasilkan oleh sinar elektron membentuk contoh yang berada pada layar. Monitor ini harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan monitor-monitor lainnya.

2. Plasma Display

Monitor plasma merupakan monitor yang disetiap pixel yang berada di layar diterangi oleh plasma atau gas menyerupai lampu neon yang berukuran kecil. Tampilan monitor plasma lebih tipis dibandingkan dengan monitor CRT. 

3. LCD monitor

LCD atau Liquid Crystal Display merupakan monitor yang tidak menggunakan tabung. Pada jenis monitor ini maka gambar yang dihasilkan memiliki presisi yang lebih tinggi dan datar. Monitor ini memiliki materi kristal cair yang terdiri dari piksel yang cukup banyak. Pada monitor LCD, titik cahaya yang ada didalamnya tidak mampu memancarkan cahaya. Cahaya pada monitor ini berasal dari lampu neon putih yang ada di belakang kristal.

4. LED monitor

Monitor terbaru yang ketika ini berdar dipasaran ialah LED, monitor satu ini memiliki jumlah pixel yang cukup banyak sehingga menghasilkan gambar yang lebih tajam dan lebih nyata.

Saat ini, dua jenis monitor yang banyak digunakan ialah LCD dan LED. Kedua jenis monitor ini memang sama-sama berkualitas, namun ada beberapa perbedaan diantara kedua monitor ini. LED memiliki suhu operasi yang lebih rendah dibandingkan dengan LCD. Dengan Menggunakan layar LED maka penggunaan daya mampu diminimalkan, layar LED juga lebih ringan dibawa dibandingkan dengan LCD. Layar LCD memiliki dimensi yang rendah dan tidak memiliki efek flicker. Sayangnya, layar LCD memiliki sudut pandang yang cukup terbatas dibandingkan layar LED. Pada layar LCD akan timbul ghosting artiffact dan juga dead pixel. Dari segi ketajaman gambar, layar LED jauh lebih baik kualitasnya dibandingkan LCD. LED memiliki ketajaman gambar yang sangat tepat dan gambar mampu terlihat lebih nyata. Hal inilah yang mengakibatkan monitor LED semakin banyak peminatnya, apalagi untuk televisi dan komputer.