Latest News

Apa Itu Alexa Rank? Dan Apa Manfaatnya Bagi Blog?

Dalam dunia blog pasti kita sudah tidak ajaib lagi dengan yang namanya Alexa Rank. Hampir seluruh blogger pasti mengetahui ihwal situs Alexa Rank tersebut. Karena sudah membicarakan mengenai Alexa Rank, lebih baik kita cari tahu terlebih dahulu pengenai pengertian Alexa Rank dan apa fungsi atau manfaatnya bagi blog kita.



Pengertian Alexa Rank

Alexa Rank terdiri dari dua kata, yaitu Alexa dan Rank. Alexa merupakan sebuah situs atau lembaga yang dikelola oleh Alexa.com yang menampilkan informasi mengenai sebuah website atau blog, sedangkan Rank berarti Pangkat atau Peringkat. 

Jadi dapat disimpulkan bahwa Alexa Rank merupakan Pangkat atau Peringkat yang diberikan oleh Alexa Rank terhadap setiap website atau blog dengan menilai kualitas daripada website atau blog tersebut, ibarat artikel yang diupdate pada blog tersebut, ataupun jumlah pengunjung blog yang datang dari aneka macam tempat dan tentu yang memiliki IP yang berbeda pula.

Alexa Rank juga menampilkan peringkat website atau blog pada pengguna Internet yang menggunakan Alexa Toolbar pada browser mereka. Bila nilai atau digit pada Peringkat atau Rank Alexa semakin kecil, maka semakin berkualitas dan indah pula website atau blog tersebut, dan membuktikan bahwa blog tersebut memiliki banyak pengunjung atau trafik atau meningkatnya jumlah pengunjung blognya.

Untuk fungsi dan manfaatnya bagi blog sendiri sudah saya jelaskan diatas, jikalau Alexa Rank semakin kecil, maka akan semakin indah dan baik berkenaan dengan kualitas blog tersebut. Manfaat lainnya dapat kita simpulkan sendiri, alasannya tentunya setiap orang memiliki alasan tersendiri mengapa mereka menyebabkan Alexa Rank sebagai patokan ataupun perbandingan antara situs blognya dengan situs-situs blog lainnya.

Manfaat Alexa Rank
  •  Tolak Ukur Kualitas dan Popularitas Situs
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, semakin kecilnya Alexa Rank membuktikan semakin berkualitas/populer sebuah blog. Secara sederhana, hal ini mampu dipahami dari segi visitor maupun traffic blog yang “ramai”. Pada akhirnya, semakin tinggi jumlah pengunjung yang datang akan berdampak pada semakin besarnya potensi sebuah situs untuk mendatangkan uang bagi pemilik situs.

  •  Mendatangkan Peluang Bisnis
Manfaat Alexa Rank bergantung pada tujuan kau mengelola sebuah situs. Pada beberapa kasus ibarat penggunaan situs/blog sebagai media penyalur hobi menulis maupun berekspresi selain membuktikan popularitas, umumnya tugas Alexa Rank tidak begitu penting. Namun sebaliknya, bagi mereka yang mengelola situs dengan tujuan mencari uang, Alexa Rank sangat penting untuk menarik calon klien/pembeli potensial.

  •  Menarik Pengiklan
Hal ini berlaku bagikamu yang mengelola situs untuk berbisnis. Adapun salah satu cara untuk menerima uang dari internet yakni dengan memasang iklan (link) pada situs. Tak mampu diingkari, meski Alexa Rank dianggap tidak akurat oleh beberapa pakar internet, Alexa Rank tetap dianggap menjadi penentu kualitas suatu situs di internet, meliputi peringkat secara lokal maupun global; jumlah tautan; sampai informasi kecepatan loading yang pada karenanya menentukan kredibilitas dan potensi situs kamu. Dalam hal ini, sudah jelas: semakin kecil Alexa Rank, itu akan semakin meningkatkan daya tawar situs, ketika kau hendak bekerja sama dengan pengiklan/perusahaan.

Nah, alasannya traffic dari Alexa sangat kuat sekali terhadap website atau blog kita, maka kita perlu melaksanakan submitasi ke Alexa. Ini kita lakukan dengan impian website atau blog dapat cepat terindex oleh mesin pencari
dan juga kita memberitahukan kepada Alexa bahwa website dengan namadomain.com telah memproklamirkan diri terjun dalam kancah perang SEO.

Dengan kita mendaftarkan blog ke Alexa, semakin memudahkan alexa untuk mengupdate traffic dari Alexa tersebut. Dan sebagai bukti bahwa kau yakni pemilik blog tersebut.
Nah, Itulah Penjelasan dari saya Mengenai Pengertian dan manfaat Alexa Rank.