Latest News

13 Macam Search Engine Yang Paling Populer

13 Macam Search Engine Yang Paling Populer - Search angine atau mesin pencari yakni sebuah agenda berbasis web yang dirancang untuk melaksanakan pencarian berkas-berkas yang tersimpan di internet.

Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits.

13 Macam Search Engine Yang Paling Populer

Informasi yang menjadi target pencarian mampu terdapat dalam banyak sekali macam jenis berkas menyerupai halaman website, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melaksanakan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basis data ataupun direktori web. 

1.  Google

Situs mesin pencari yang paling terkenal dan paling populer sejagad yakni Google. Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basis data tertutup.

2.  Yahoo dan Bing

Dengan banyak kemiripan besar database situs, bukan berarti Yahoo dan Bing ini juga menyediakan hasil pencarian yang sama dengan Google.

3. Yandex

Yandex yakni sebuah perusahaan internet Rusia yang mengoperasikan mesin pencari terbesar di Rusia dengan pasngsa pasar sekitar 60% berdasarkan ensiklopedia, wikipedia dan lain-lain. Sekarang mesin pencarian yandex sedang bersaing ketat dengan google.

4. Baidu

Layanan mesin pencarian Baidu ini berpusat di Kampus Baidu, distrik Haidian, Beijing, RRC. Fasilitas mesin pencarian baidu menunjukkan banyak sekali pencarian menyerupai web, file audio gambar dan bahasa Mandarin.

5. AOL

Ada sumber yang mengatakan bahwa sebelum kemunculan google AOL pernah menjadi mesin pencari yang paling populer mengalahkan Yahoo. Sekarang mesin pencarian AOL di bantu oleh google sehingga saat blog atau web di daftarkan pada google webmaster tool maka secara otomatis akan terindex ke AOL.

6.  DogPile

Hasil pencarian dari DogPile ini merupakan kumpulan dari search engine besar menyerupai Google, Yahoo, Bing dan Windows Live Search. Makara anda tidak akan melewatkan sesuatu di internet melalui hasil pencarian anda.

7.  AlvaVista

Anda mampu mencari website, audio, gambar, video dan informasi melalui situs ini. Selain itu, anda juga mampu mengarahkan hasil pencarian anda apakah itu seluruh dunia atau negara tertentu saja.

8.  Windows Live Search

Melalui search engine ini, anda mampu mencari seluruh isi web di databasenya atau membuat sendiri halaman personalisasi anda dengan di isi informasi yang anda miliki.

9.  Zuula

Hasil pencarian dari mesin pencari ini yakni kumpulan dari banyak mesin pencari, selain itu anda mampu menspesifikasi search engine apa yang ingin anda dapatkan hasil pencariannya. Anda juga mampu menambahkan Zuula ini pada search box firefox.

10.  Mamma

Search engine berbasis meta ini tidak hanya membantu anda untuk mencari informasi dari web dan video tetapi anda juga dapat mencari pada white pages dan yellow pages.

11.  Ask

Ask ini membantu untuk menemukan apa yang ingin anda temukan dengan cepat dan mudah mulai dari web, gambar, blog, informasi dan banyak lagi. Baru-baru ini Ask memiliki desain gres dan beberapa pemberitaan nyata perihal ask di banyak sekali situs informasi teknologi.

12.  WebClawler

Ide search engine ini yakni “mengapa harus mencoba mencari di search engine satu persatu kalau semua mampu dilakukan sekaligus”. Hasil pencarian dari webcrawler ini merupakan gabungan bersama dari Google, Yahoo, Bing, Windows Live dan banyak lagi.

13. Netscape Search

Anda mampu mencari informasi-informasi favorit anda dari web dari sini, meskipun bukan search engine terbaik di dunia web, tetapi banyak digunakan oleh pengguna Nescape.

Demikianlah 13 macam search angine yang mampu saya sampaikan, supaya apa yang mampu saya sampaikan bermanfaat. Jika ada yang kurang saya mohon ke ikhlasan pembaca untuk menambahkannya melalui kolom komentar di bawah. Terima kasih.