Latest News

Verifikasi PIN Google Adsense Bisa Menggunakan International Passport

Verifikasi PIN Google adsense menggunakan international Pasport. Artinya kita tidak lagi menggunakan PIN sebagai verifikasi alamat akseptor pembayaran google adsense. Ini pengalaman saya pribadi , alasannya saya tinggal di Saudi arabia untuk urusan pekerjaan , alasannya banyak waktu luang di sini saya alhasil mulai ngeblog lagi setelah lama terbengkalai lagian sinyal saya dapatkan secara gratis dengan kualitas 4G.Singkat kisah saya mendaftarkan blog saya ke Google adsense. Setelah merubah domain blogspot (custom domain) menjadi .com , berharap semoga mendapatkan akun google adsense non hosted.

Jujur saja ,saya waktu itu sama sekali tidak berpengalaman ihwal google adsense , hanya baca di beberapa blog ,"cara mendaftarkan blog ke google adsense" , katanya kalau pakai domain TLD cepat di terima. Dan saya melaksanakan hal itu , alasannya custom domain untuk blogger terbilang cukup mudah asal kita sudah membeli domain nya.


Dulunya saya sama sekali tidak mengetahui apa itu akun adsense hosted dan non hosted , nah jikalau anda belum mengetahuinya juga mampu anda baca ihwal perbedaannya.
Baca : Perbedaan antara akun adsense hosted dan nonhosted
Waktu itu saya mendaftarkan blog menggunakan akun adsense youtube (hosted) , tentunya setelah mengisi beberapa posting gres , waktu itu hanya menunggu 3 hari saja untuk proses review , (setelah pemasangan unit iklan) dan kaget begitu mendapatkan email , bahwa akun google adsense saya sudah di aktifkan sepenuhnya. Padahal waktu proses pengajuan hanya berisi artikel 17 saja , dan visitor/pengunjungnya pun kurang dari 30 per hari.

Dan boleh percaya atau tidak , isi postingan blog saya mengenai PTC , hal yang seharusnya menjadi larangan untuk google adsense sesuai TOS. Di blog saya juga tidak terpasang halaman about me serta privacy policy , sesuatu hal yang absurd , alasannya setelah tahu ternyata syarat mendaftar google adsense harus memenuhi beberapa kriteria tertentu , termasuk kelayakan sebuah blog. Tapi yang ini absurd , nama blog saya juga kontroversial dengan TOS google adsense.

Apa karena  saya daftar google adsense di negara Saudi arabia? negara kaya yang mungkin mampu di katakan masih jarang sekali peminat google adsense? jadi akun google adsense saya di permudah dan pribadi di terima begitu saja , tidak menyerupai calon pendaftar google adsense dari indonesia , yang teramat sulit dalam proses penerimaan?

Tetapi yang menjadi persoalan berikutnya yaitu ihwal alamat (Saudi arabia) , ini sekaligus menjadi pelajaran buat saya dan sekaligus pengalaman yang berharga ihwal google adsense. Saya pertama kali mendaftarkan blog saya ke akun google adsense dengan alamat akseptor pembayaran di Saudi arabia juga , daerah saya bekerja. Saya berpikir alasannya untuk verifikasi akun google adsense pertama harus menggunakan nomor telepon , dan yang saya punya pada ketika ini terperinci jelas nomor telepon saudi arabia , alasannya ketika ini saya bekerja di negara tersebut.

Nama akseptor PIN adsense tidak mampu di edit.
Kenapa ini menjadi pengalaman berharga buat saya khususnya ihwal google adsense. Pada mulanya saya berpikir bahwa suatu ketika nama akseptor pembayaran google adsense mampu di edit , itu setelah saya membaca di beberapa blog juga , tetapi saya kaget bukan main , alasannya alamat akseptor google adsense ternyata tidak mampu di edit sepenuhnya (pindah negara) betapa kecewanya saya ketika itu.
Anda tidak mampu edit (merubah alamat ) google adsense dengan berpindah negara ,China , India , Vietnam , Indonesia , Thailand , Malaysia , Filipina , Pakistan , Sri Lanka , Nepal , Bangladesh , atau Singapura ,seperti yang sudah di sepakati oleh pihak google adsense ,dengan alasan kendala sistem dan hukum.
Dan ini yang tertulis pada halaman selanjutnya "Untuk kasus-kasus tersebut , Anda harus menutup akun yang ada dan membuka akun gres menggunakan alamat yang Anda inginkan. Silakan kunjungi di sini untuk memulai proses pembatalan. Setelah proses peniadaan selesai , ejekan permohonan untuk akun baru." Maka lemaslah saya.......

Akhirnya saya mencoba membuat akun adsense yang gres , dengan email gres dan alamat gres sesuai dengan KTP dengan cita-cita mampu mendapatkan pembayaran adsense kalau sudah berada di indonesia ,sebelumnya saya lepas instruksi iklan yang berada di blog saya , setelah 2 hari saya coba mendaftarkan kembali blog saya yang tadinya di terima dengan mulus tanpa ada kendala. Saya mendaftar adsense melalui blogger mulai dari awal , bukan melalui akun youtube lagi.

Tetapi apa yang terjadi ,saya di tolak mentah mentah oleh pihak google adsense.dengan alasan konten tidak memadai dan menyalahi kebijakan (TOS) dari google adsense. Nah , hal ini yang menjadi kecacatan saya ,kenapa sewaktu mendaftar dengan Alamat saudi arabia saya mampu di terima dalam 1 tahap saja , tidak ada kendala dan lancar lancar saja , walaupun harus menunggu 3 hari.
Kenapa Google adsense menolak blog saya?

Tanpa putus asa saya mencoba untuk mencari tahu ihwal hal ini ,sesuai petunjuk dalam email ,saya menyalahi kebijakan dari google adsense ,mungkin memang benar ,karena postingan saya membahas ihwal PTC ,hal yang bekerjasama dengan klik ,dan mendapatkan uang ,tetapi final akibat ini banyak PTC yang melaksanakan penipuan ,akhirnya saya hapus postingan satu demi satu.

Bukan hanya sekali di tolak google adsense ketika saya mendaftarkan blog yang tadinya sudah di terima dengan alamat Saudi arabia , bahkan hingga 3 kali di tolak , saya juga belum mengalah , saya terus isi posting blog saya setiap harinya , dan final nya di terima pada pendaftaran yang ke 4 ,dengan jumlah artikel mencapai 61 postingan. Butuh waktu sekitar 2 bulan lebih , semenjak penolakan pertama.
Baca : Blog kontroversial ini alhasil di setujui google adsense.
 Lalu apa yang terjadi dengan akun adsense yang pertama? Sementara pendapatan dari beberapa akun youtube masih terus mengalir. Dan tiba saatnya untuk menverifikasi akun adsense dengan PIN alasannya jumlah saldo di akun adsense sudah melebihi 10 Dolar ,dengan berharap harap cemas dan bersabar saya menunggu pengiriman PIN dari google adsense yang katanya di kirim melalui Pos. Tetapi 1 bulan berlalu , PIN google adsense yang di maksud tak kunjung datang.

Dalam hati saya bertanya ,apakah alamat akseptor salah? atau memang PIN google tidak pernah di kirimkan? atau nyangkut di kantor pos unaezah (tempat saya bekerja). Saya tidak terlalu memikirkan hal itu lagi ,sampai pada seruan PIN yang ke 2 dan ke 3 saya abaikan.

3 bulan waktu berlalu , hingga pada alhasil saldo google adsense mencapai 70 dolar dari akun youtube saya tidak mengetahuinya , alasannya sudah sibuk dengan acara blog dan akun adsense saya yang baru. Tiba tiba rasa penasaran muncul kembali ,apakah setelah mencapai 100 dolar dana itu mampu di cairkan? Rasanya sayang sekali kalau hingga tidak mampu cair.

Setelah Googling lewat browser , alhasil saya menemukan artikel "cara verifikasi google adsense tanpa menggunakan PIN" , yaitu dengan meng upload scan KTP/pasport.Fitur ini akan muncul jikalau dalam 3 kali berturut turut PIN google adsense yang di kirim melalui pos tidak hingga ke tujuan.
akhirnya saya scan passpor saya beserta alamat biro yang ada di sini , menyerupai pada gambar di bawah ini.


Gambar di atas yang di lingkari , fitur itu akan muncul jikalau dalam 3 kali berturut turut (3 bulan ) PIN google adsense tidak hingga ke alamat , untuk anda yang mengalami hal ini , mampu menyiapkan scan KTP/SIM atau bukti transfer dari bank yang berisi isu alamat anda ,setelah itu , tinggal mengisi halaman yang di sediakan menyerupai gambar di bawah ini.


isi sesuai dengan data pada akun google adsense
1. Nama sesuai dengan KTP/SIM/Passport , di sini saya menggunakan international passport ,karena saya tinggal di saudi arabia.
2. Isi dengan ID penayang google adsense
3. Pilih gambar hasil scan yang sudah di persiapkan , terkhir klik kirim.

Silahkan tunggu dalam beberapa jam , sewaktu saya melaksanakan hal ini , hanya menunggu 10 menit saja , dan sudah mendaoat baalasan email bahwa akun google adsense sudah di verifikasi , tanpa haruis mengisi PIN dalam kolom yang sebelumnya di sediakan.log out akun adsense , setelah login akun google adsense sudah terverifikasi alamatnya.

Sekarang tinggal menunggu hingga terkumpul 100 dolar , setelah itu saya akan coba cairkan dana adsense melalui Western union yang ada di kota daerah saya bekerja sekarang , tentunya dengan membawa bukiti diri berupa international pasport dan alamat resmi dari biro saya.

Untuk sekedar membuatkan pengalaman , buatlah akun google adsense anda sesuai dengan nama yang tertera pada KTP/SIM , jikalau PIN google adsense tidak hingga ke rumah , anda mampu melaksanakan verifikasi alamat akseptor pembayaran tanpa menggunakan PIN , yaitu melalui dengan cara upload scan KTP/SIM , jadi jangan kwatir kalau PIN google adsense tak kunjung datang , alasannya pihak google menyediakan akomodasi ini.