Latest News

Tips Merawat Laptop biar Performa Tetap Terjaga

Tips Merawat Laptop supaya Performa Tetap Terjaga - Keawetan barang elektronik berbanding lurus dengan pemiliknya. Apakah sang pemilik bisa merawatnya dengan baik ataukah tidak. Keduanya saling bertentangan. Jika ia cerdik merawatnya, niscaya barang elektronik tersebut akan bertahan lama. Sebaliknya, kalau si pemilik tidak bisa merawatnya dengan baik, maka pasti akan mudah rusak. Demikian pula laptop, karena laptop juga termasuk barang elektronik.

Sebagai perangkat komputer mobile, tentu laptop harus memerlukan perawatan ekstra. Sebab keberadaannya tidak setangguh komputer desktop. Laptop lebih sering dibawa-bawa yang kemungkinan rusak secara fisik lebih besar dibanding komputer desktop. Maka luangkanlah waktu untuk merawat laptop kesayangan sahabat.

Cara merawat laptop dengan benar

Pembahasan kali ini seputar bagaimana merawat fisik dan system laptop. Fisik yang dimaksud ialah perangkat hardware dan casing laptop. Berikut ulasan cara merawat hardware laptop dengan benar.

Menjaga batere supaya tidak mudah drop

Batere merupakan komponen penting sebuah laptop. Pemakaian laptop membutuhkan power yang senantiasa on dikala digunakan. Jika batere drop, maka laptop seakan tidak ada fungsinya. Maka rawatlah batere supaya tidak mudah drop. Diantara cara merawat batere laptop ialah mencabut charger dikala batere teah terisi penuh. Notifikasi pengisian sudah 100% ialah dengan melihat lampu yang menyala merah pada ikon charge batere. Ikon ini biasanya terletak di episode bawah atau erat dengan colokan charger. Bila dikala dicharge dalam kondisi hidup, bisa pribadi melihat prosentase charge di ikon kanan bawah layar monitor.

Bisa pula dengan cara settingan pada Power option. Caranya ialah Start lalu pilih Control Panel. Kemudian klik Power option. Pada tab menu Power schemes terdapat pilihan Max battery untuk pilihan memaksimalkan daya pakai batere. Dan Presentation, pilihan yang memungkinkan laptop bekerja cukup efektif, perubahan antar proses cepat, sehingga batere tidak boros. Lalu klik Ok.
Trik menarik Inilah Cara Cepat Membuat Gmail Tanpa Verifikasi Nomor Handphone.

Menjaga Casing laptop

Casing ialah perangkat terluar dari laptop. Memiliki fungsi selain untuk melindungi device episode dalam, juga berfungsi sebagai daya tarik tersendiri dari laptop. Maka perlu dijaga supaya tidak lecet, terbentur dan bahkan terjatuh. Diantaranya ialah menjauhkan laptop dari benda tajam, misal pisau, gunting, cutter dan lain-lain. Kemudian setelah pemakaian, sebaiknya laptop dimasukkan ke dalam tas khusus laptop, misalnya softcase untuk menjaga kontak pribadi dengan benda padat. Menggunakan skin juga penting dicoba. Selain untuk menjaga lecet, juga menambah penampilan laptop yang menarik.

Merawat LCD

Layar monitor termasuk device luar laptop yang sangat rentan rusak, karena LCD terbuat dari beling dan panel led yang halus. Sehingga perlu benar-benar dijaga. Sebaiknya rutin membersihkan layar dengan cairan khusus pembersih LCD, namanya LCD cleaner. Kemudian gunakan skin pelindung untuk mengurangi lecet dan gores. Jauhkan LCD dari benda-benda cair. Jika terjadi kontak cairan dengan kabel fleksibel, akhirnya terjadi arus pendek yang menimbulkan LCD mati.

Merawat Keyboard

Masalah yang sering timbul pada keyboard ialah tombol yang terlepas hingga fungsi ketukannya tidak berfungsi lagi. Perawatan yang harus dilakukan ialah secara rutin membersihkan celah-celah tombol dengan kuas kecil. Kotoran yang menempel pada tombol, kalau tidak dibersihkan akan menumpuk pada papan dan tombol yang berakibat tidak berfungsinya instruksi terkirim ke layar monitor. Pemakaian keyboard protector juga bisa dilakukan untuk menghalangi debu yang masuk. Juga menjauhkannya dari cairan, mirip air minum teh, kopi, susu dan lainnya.

Merawat DVD Optical

Kerusakan yang biasa timbul pada optical drive ini ialah tidak berhasil membaca data CD. Kerusakan ini biasa terjadi karena lemahnya lensa optic karena sering dipakai atau sering tergesek dengan CD yang kotor atau CD non original. Maka perawatannya ialah dengan mebersihkan lensa optic secara terpola menggunakan cairan khusus pembersih. Bisa pula menggunakan cairan pembersih LCD atau LCD cleaner. Selain itu, hanya mengoperasikan CD original. Pastikan sebelum memasukkannya ke DVD drive, CD sudah dalam keadaan benar-benar bersih.

Merawat system secara berkala

Selain hardware, system pada laptop harus dijaga terkait dengan performa laptop itu sendiri. Diantara system yang harus dirawat ialah sebagai berikut.

Defragment hardisk

Hardisk ialah daerah menyimpan file, baik file luar maupun file untuk system. Keduanya menjadi duduk perkara dikala jumlahnya meningkat, kemudian terdapat file yang dihapus secara bergantian dan software aplikasi baik yang diupdate ulang ataupun yang dihapus. Kondisi ini akan membuat file terkumpul tidak tepat yang akan menimbulkan proses booting system tidak lancar dan proses launcher aplikasi menjadi lambat. Maka harus mendapat perlakuan terpola guna menata kembali file-file yang ada di dalam hardisk tersebut.
Caranya ialah klik Start, lalu My Computer, pilih drive pada hardisk yang akan didefrag dengan klik Properties. Pada tab tools klik Defragment now. Kemudian dilanjutkan dengan klik Defragment. Tunggu hasilnya hingga benar-benar selesai 100%.
Tips menarik Tips Komplit Agar Akun Facebook Aman.

Mengosongkan Recycle bin

Recycle bin menyerupai daerah sampah sementara bagi file yang dihapus, sebelum akhirnya benar-benar dihapus secara permanen. Namun bila ternyata ada file yang tidak sengaja terhapus, maka Recycle bin masih bisa menyelamatkannya. Dengan cara Klik open Recycle bin, lalu pilih file yang ingin dikembalikan, lalu klik kanan dan pilih Restore. Dengan cara ini, file yang terhapus bisa dikembalikan ke daerah semula mirip sebelum dihapus.
Sebenarnya file-file yang terdapat di dalam Recycle menjadi sampah bagi hardisk yang tetap akan menjadi beban hardisk. Maka sebaiknya Recycle bin ini dikosongkan dari file-file sampah tersebut. Caranya klik kanan pada Recycle bin, pilih Empty Recycle bin, lalu klik Ok.

Menghapus temporary files

Temporary files ialah file-file yang muncul dikala aplikasi berjalan. Dan kemudian hilang seiring dengan aplikasi yang telah tertutup. Akan tetapi, bila laptop tiba-tiba mati, maka file-file ini tetap ada dan menjadi sampah pelengkap pada hardisk. Maka perlu untuk dibersihkan. Caranya ialah dengan klik Start, pilih My Computer. Setelah terbuka pada pop up tab baru, pilih menu Tools, dan klik Folder option. Kemudian pilih tab View. Gulirkan mouse kemudian beri tanda pada Show hidden files and folders. Klik Apply. Akhiri dengan OK untuk menutupnya.

Lalu alihkan pada windows explore, menuju ke partisi hardisk C. Klik Docoment and Settings, lalu folder administrator, pilih Local settings dan pilih folder Temp. Sorot semua file dalam folder Temp, kemudian delete. Akhiri dengan Yes untuk melanjutkannya.

Install ulang

Lakukan install ulang system windows laptop supaya performa kembali mirip semula. Install laptop sobat ke toko atau daerah khusus service dan install ulang yang baik. Sebaiknya gunakan windows asli. Mohon maaf, sengaja cara install ulang windows tidak saya sampaikan, supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Dengan mengikuti beberapa tips di atas, maka laptop sobat akan kembali fresh dan terjaga performanya.

Demikian beberapa tips yang bisa dicoba supaya performa laptop tetap terjaga. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.