Latest News

Tangerang Bakal Bangun ‘Silicon Valley Nya Amerika’ Di Indonesia

Pernah dengar daerah berjulukan Silicon Valley? Nama daerah ini memang cukup absurd di pendengaran orang Indonesia. Tapi, di sanalah para start-up digiltal lahir dan tumbuh jadi perusahaan raksasa. Beberapa di antaranya yakni Google, Facebook, dan Apple.

Sadar akan sektor digital yang semakin berkembang, Sinar Mas Land pun berkeinginan untuk membangun daerah yang serupa dengan Silicon Valley. Perusahaan pengembang properti ini kemudian menyiapkan lahan seluas lebih dari 25 hektar di sebelah selatan Green Office Park BSD City, Tangerang, untuk dijadikan sebagai daerah digital atau digital hub yang menyerupai dengan Silicon Valley di San Francisco Bay Area, California, negara bab Amerika Serikat (AS).


"Sebenarnya, satu hingga dua tahun belakangan ini kami sudah intensif menggaungkan digital hub ini. Dimulai dari bergabungnya dua lembaga pendidikan yang bergerak dibidang IT dan digital kreatif," ucap Irawan menyerupai dikutip dari Liputan6.com, Kamis (2/3/2017

Sementara itu Irawan menambahkan, tiga perusahaan IT dan digital skala internasional dipastikan bakal bergabung dan mendirikan kantor di wilayah tersebut. Satu di antaranya yakni Huawei, dan dua perusahaan lainnya masih dirahasiakan namanya.

Proyek Silicon Valley di Tangerang  ini rencananya akan dimulai pada kuartal kedua 2017. Managing Director Sinar Mas Land Dhony Rahajoe menyebut, ini merupakan proyek jangka panjang yang pembangunannya dilakukan secara bertahap. Adapun masa tahapannya yakni untuk 5 hingga 10 tahun ke depan. "Total biaya yang dikeluarkan mampu hingga Rp3 triliun untuk 5 hingga 10 tahun," kata Dhonie.