Latest News

Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner

Apakah artikel cara menggunakan google keyword planner ini anda temukan di halaman 10 besar pencarian dari mesin pencari google? Saya tidak yakin ,karena kata kunci ini dipegang oleh blog yang berpengaruh , mirip maxmanroe ,ataupun mas sugeng , tetapi kalau saya menggunakan kata kunci "riset keyword dengan keyword planner" , mungkin akan dapat menyaingi blog berpengaruh yang saya maksud. Jika iya ,berarti apa yang saya terapkan selama ini benar , tapi kalau tidak ,kemungkinan artikel ini lagi dalam proses penempatan untuk mencari posisi di 10 besar. Kata kunci tidak harus mengarah kepada judul blog , tetapi mampu juga terdapat dalam artikel yang kita posting ,jadi posting yang lengkap berpeluang menerima kata kunci yang bervariasi (keyword density). Ingat sekali lagi ,saya menggunakan kata kunci "riset keyword dengan keyword planner" untuk posting ini. Perkara masuk 10 besar atau tidak ,itu urusan nanti.

Nah , membahas penggunaan keyword planner , kita mampu sederhanakan untuk sesederhana mungkin , jadi kita mampu ambil inti paling mudahnya saja , biar tidak ribet dan pembahasan cara riset keyword untuk hasil pencarian kata kunci mampu anda terapkan secara maksimal. Kita tidak bicara teori saja , anda juga tidak mau kan , menulis artikel dengan susah payah , tetapi visitor dari blog anda yakni anda sendiri?

Short tail keyword dan long tail keyword.

Biar lebih sederhana lagi , kita mampu bedakan kata kunci menjadi dua bab saja , tehnik yang paling mudah untuk pencarian kata kunci dan cara menempatkan kata kunci yakni sebagai penentu , biar artikel anda tidak mubazir , dan mendapat kesempatan nongkrong di halaman pertama google. Maka saya lebih menekankan untuk mereformasi calon artikel anda terlebih dahulu sebelum yakin benar dan siap untuk di publish. Ini penting alasannya yakni cara riset keyword menyerupai senjata untuk artikel anda. Jika mencar ilmu wacana SEO , ini saatnya menerapkan SEO on Page pada artikel anda.


Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner


Contoh Short tail keyword : komputer ,android ,internet
Contoh Long tail keyword  : komputer murah , android terbaru , paket internet
untuk mengkombinasikan kata kunci tersebut , anda mampu menuliskan harga komputer termurah , android terbaru terlaris , paket internet hemat.

Untuk lebih banyak mengetahui variasi dari kata kunci utama , anda mampu memanfaatkan situs http://ubersuggest.org , di sini kita mampu mengalanisa kata kunci yang lebih variatif , situs tersebut bereputasi sangat baik , bahkan banyak para webmaster menggunakan ubersuggest sebagai panduan awal mencari kata kunci yang tertarget.

ketikkan kata kunci anda , pilih negara tujuan>pilih web dan tekan suggest , pada pilhan berikutnya anda mampu klik Select All Keywords.


Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner


Setelah menekan Select All Keywords kita akan mampu menerima kata kunci yang menampilkan wilayah pencarian di indonesia , setelah itu klik Get dan kita bisa copy paste semua kata kunci tersebut simpan dalam bentuk txt.file di notepad.


Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner


Cara menggunakan Google Keyword Planner

Baiklah sekarang saya jelaskan tahap demi tahap ,cara riset kata kunci dengan keyword planner tool , di sini saya menjelaskan secara singkat saja. Dan dasar dasar penggunaan keyword planner ini saya bagi menjadi dua bagian.

Cara pertama 
Meng upload file dari ubbersuggest.
1. Login ke  Google Adwords: Keyword Planner
2. Klik “Get traffic forecasts for a list of keywords

Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner

3. Upload file txt (keyword) yang sudah anda simpan sebelumnya.
4. Klik Get forecasts , seperti gambar di bawah ini.


Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner

5. Setelah file di upload , kita dapat melihat hasil analisa dari keyword planner tool ,berupa graphic yang di tampilkan dari hasil pencarian , tingkat persaingan dan nilai yang paling rendah. Setelah itu kita mampu unduh file nya berupa file .CSV


Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner

Pada tahap ini anda sudah mempunyai kata kunci variatif untuk calon artikel anda , buka file.CSV tadi ,anda mampu memilih di antara deretan kata kunci tersebut , pastikan kata kunci yang anda bidik berafiliasi dengan artikel yang anda tulis.

Cara kedua 

1. Masih tetap di halaman login Google Adwords: Keyword Planner
kalau anda galau anda mampu lihat gambar di bawah ini.


Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner

2. Pada halaman tersebut klik Search for new keyword and ad group ideas


Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner

3. Ketikkan kata kunci yang anda inginkan , ubah lokasi dan bahasa menjadi Indonesia (jika target anda hanyalah pasar lokal). pilih google sebagai mesin pencari ,Setelah itu klik GET IDEAS .


Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner

4. Gambar di bawah ini yakni perolehan hasilnya.
Jika anda pelaku urusan ekonomi online , klik AVG.MONTHLY SEARCHES untuk menunjukkan kata kunci dengan pencarian terbanyak.
Jika anda memasang iklan Adsense pada blog , maka Sugested bid untuk menunjukkan kata kunci dengan bayaran tertinggi.


Riset Keywords Menggunakan Google Keyword Planner


Tahap yang paling penting yakni menganalisa persaingan kata kunci , kita mampu ambil kata kunci pencarian dengan pesaing yang rendah (low)dan tingkat pencarian yang tinggi dari Long tail keyword dengan kobinasi yang variatif , kita mampu tempatkan kata kunci tersebut dalam deretan artikel yang kita buat. Perlu di ingat google menampilkan hasil pencarian exact (menyeluruh) , berdasarkan kata kunci yang di ketik para searching di halaman pencarian.

Eksekusi Kata kunci

Langkah ini yang paling menentukan dalam sebuah artikel akan masuk dalam deretan hasil pencarian , Optimasi kata kunci berperan apakah artikel anda akan terindek dan masuk dalam halaman pertama di google. Alangkah bagusnya anda sudah mempelajari SEO dan bukan sekedar kata kunci saja yang di andalkan.Google webmaster tools yakni inti pokok sebuah artikel anda akan cepat terindex atau tidak.

Meletakkan kata kunci pada judul dan artikel
Optimasi kata kunci pada judul , mampu di lakukan secara variatif , anda harus benar benar mampu menyiasati persaingan sebuah artikel dalam hasil pencarian , anda harus dapat menyusun kata kunci utama dengan kata variatif lainnya ,cari kata variatif lain yang jarang di gunakan , mampu di ambil teladan "jual sarung tenun keren asli buatan tangan" , atau anda mampu menyusun kata kunci dengan kata variatif lainya.untuk lebih jelasnya anda mampu baca : 
Optimasi Kata Kunci Jitu Untuk Hasil Pencarian Maksimal.