Latest News

RAM Android Kamu Penuh? Ikuti Tips Berikut Ini Agar RAM Kamu Lega

Kamu tentu sering mendengar istilah RAM, baik pada perangkat mobile menyerupai smartphone dan tablet PC maupun pada laptop atau desktop PC. Pada spesifikasi perangkat tersebut, RAM menjadi salah satu hal yang wajib ada, dan dapat digunakan oleh pengguna sebagai panduan dalam memilih perangkat. Bila dibuat aktivitas multitasking secara berlebihan, tentu ram yang terdapat di ponsel android kita menjadi penuh sesak. Akibatnya? ponsel akan sering mengalami lagging, bahkan jikalau sudah parah akan membuat ponsel mati total.

Kita ambil teladan penggunaan RAM oleh aplikasi WhatsApp. Saat kita menggunakan WhatsApp untuk keperluan chatting, tidak terasa ternyata aplikasi facebook juga berjalan di latar belakang sehingga ini akan menjadi beban berat bagi ponsel android kamu. Namun, untuk ponsel yang memiliki RAM longgar tentu hal ini merupakan hal yang biasa. Tetapi untuk yang RAM kecil? ini akan menjadi penghambat kecepatan ponsel.


Untuk mengatasi hal tersebut, Inilah beberapa tipsnya :

1. Matikan (kill) aplikasi yang tidak diperlukan

Langkah awal yang wajib untuk dilakukan yaitu dengan meng-kill aplikasi yang sekiranya tidak diperlukan. Mengapa demikian? alasannya yaitu aplikasi yang tidak sedang kau gunakan ini justru akan menghambat kinerja ponsel android kau dan menimbulkan lagging.

Cara melakukanya yaitu dengan masuk ke menu Setting, lalu pilih Apps , Running, lalu klik stop untuk menghentikan aplikasi tersebut.

2. Hapus Aplikasi yang memakan RAM Besar

Bila memang aplikasi tersebut ternyata memakan ram yang sangat besar, kau dapat menghapusnya jikalau sudah tidak digunakan. Langkah ini sangat ampuh untuk melonggarkan ruang ram pada ponsel.

3. Menggunakan aplikasi Run Manager

Langkah yang terakhir yaitu kau dapat menggunakan aplikasi ram manager. Terdapat 2 versi dari aplikasi ini, yakni pro dan free. Saya rasa menggunakan yang free saja sudah cukup baik untuk memonitor kinerja ram pada ponsel.

Sumber: argaeryzal tech