Latest News

Problem dengan Google Pagerank Toolbar? Ini Solusinya!

Pagerank Google Menghilang! Itu yaitu tentang dan "teriakan" yang semenjak kemarin muncul alasannya menghilangnya indikator warna hijau yg menawarkan level pagerank sebuah halaman blog/web. Melalui Facebook dan Twitter saya melihat banyak update dan tweet yg mewacanakan dan berspekulasi mengenai apa yg terjadi. Ada yg bilang (termasuk saya sendiri, hehe...) akan ada update pagerank bulan ini. Itu alasannya biasanya sebelum ada update, ada jeda dimana data center Google di-off-kan/reset. Namun setelah ditunggu-tunggu, dan alasannya terlalu lama, saya curiga ada yang tidak beres dengan pagerank toolbar. Santer juga terdengar isu bahwa Google telah mematikan fitur Pagerank. Benarkah? Apa yang terjadi?

Saya kemudian berjalan-jalan di beberapa forum webmaster lokal dan manca. Ada beberapa spekulasi yang semakin bikin gundah saja. Namun kemudian ada beberapa sumber yang menjelaskan vahwa permasalahan ada pada add on toolbar maupun tool pagerank checker dari third party. Ini terjadi alasannya Google telah mengubah query url dimana Google biasanya menawarkan pagerank eksternal ke user. Nah, permasalahannya banyak pagerank checker atau pagerank toolbar yg disediakan oleh third party mengandalkan url tersebut. Sehingga, saat ada perubahan url, otomatis toolbar tidak menerima data sehingga yg nampak/dimunculkan hanya garis gelap dan buntu yang menawarkan level N/A, ?, atau undefined. Dan, intinya, tidak ada perubahan apapun termasuk update pagerank Google.

Lalu, Cara Melihat Google Pagerank Gimana?

Seperti yang telah disebutkan di atas, alasannya banyak pagerank checker maupun toolbar yang disediakan oleh layanan third party bekerja dengan cara lama dan menggunakan url sumber data yg lama, maka dapat dipastikan dalam waktu bersahabat ini akan ada pembenahan disana-sini. Oleh alasannya itu solusi untuk melihat pagerank tanpa gangguan yaitu dengan menginstal dan menggunakan Google Toolbar yg resmi disediakan oleh Google sendiri. Saya pribadi dapat melihat pagerank blog ini dengan akurat setelah menggunakan Google Toolbar tersebut. So, the problem is solved! Nothing to worry anymore, dudes...

Selain itu, ada beberapa layanan yg tidak menggunakan cara konvensional sehingga masih dapat mengakses data pagerank suatu halaman Blog. Kebetulan, pagerank checker tool yang saya embed di blog ini termasuk yang mutakhir yang disediakan oleh PRChecker, sehingga tetap dapat melaksanakan cek pagerank dengan akurat. Silakan check pagerank anda dengan Pagerank Checker ini.