Latest News

Perhitungan Alexa Rank Tidak Akurat Ini Buktinya

Perhitungan Alexa Rank. Seberapa seringkah anda membuka toolbar Alexa rank? Saya yakin pasti setiap membuka blog anda sendiri pasti selalu memperhatikan dan mengamati pergerakan Alexa rank. Bagi yang belum tahu apa itu alexa rank , akan saya jelaskan sedikit. Alexa rank adalah status peringkat atau penilaian yang di berikan kepada blog atau website berdasarkan jumlah trafik pengunjung , yang di hitung dari yang terbesar hingga terkecil. Makara menyerupai rangking di sekolah , kalau rangkingnya paling kecil , maka akan semakin bagus. Perhitungan peringkat ini di lakukan oleh alexa.com.

Penilaian Alexa rank sendiri berdasarkan pada link in suatu blog , jadi semakin banyak backlink akan semakin memperkuat posisi rangking. Penilaian lain juga berdasarkan dari jumlah pengunjung serta page view halaman. inilah mengapa rata rata orang menganggap Alexa rank sebagai fatwa atau patokan kualitas dari sebuah blog.

Tetapi saya masih meragukan hal tersebut , Alexa bukanlah penentu kualitas suatu blog , pernah ada yang berpendapat , jikalau anda update artikel tiap hari , maka angka alexa akan cepat turun? Memang benar , jikalau kita rajin update artikel tiap hari maka dengan otomatis angka alexa rank akan turun , itu juga berlaku bagi blog gres sekalipun. Berarti nilai alexa tergantung dari kita , yang penting update artikel dan posting , entah itu posting original (asli) ataupun hasil copy paste.
Baca juga : Alexa rank bukanlah penentu kualitas sebuah blog
Asal ada aktifitas di blog kita , maka angka alexa rank berpeluang untuk turun , maka dari itu nilai alexa itu tergantung kita. Asal mau rajin ya pasti akan turun dengan sendirinya. Gambar di bawah menawarkan jumlah seluruh penayangan selama kurang lebih 2  bulan , sebab blog ini juga gres (bisa di cek di Whois) ,  yang di ambil dari laporan ikhtisar blogger.
Perhitungan Alexa Rank Tidak Akurat

Fitur jangan lacak halaman sendiri dari blogger mungkin mallfunction (tidak berlaku) , jadi terlihat terang bahwa saya mengakses blog ini dari negara yang paling atas , setelan Google webmaster di arahkan ke indonesia , dan benar berhasil sebab blog ini juga berbahasa indonesia. Yang menjadi gila sewaktu bulan pertama prosentase perhitungan dari penayangan tetap menujukkan angka yang tidak wajar.
Perhitungan Alexa Rank Tidak Akurat

Menginjak bulan ke 2 , perhitungan tetap berprioritas kepada negara daerah mengakses blog ini , yaitu Saudi arabia , Padahal jumlahnya hampir berimbang , antara pengunjung dari indonesia dan Saudi arabia (admin) tetapi prosentasi tetap menawarkan lebih dari 90% ,sedangkan pengunjung dari indonesia sekitar 8 % saja. Kenapa tidak tertulis 56% dan 40% ,dan sisa persen untuk negara lain. Jelas di sini Alexa rank lebih berprioritas kepada page view , padahal itu page view dari admin sendiri.

Alexa Rank Pro
Penggunaan Alexa rank pro (Berbayar) di tujukan untuk lebih mengetahui secara detail terhadap pengunjung unik (unique visitor) ,jumlah backlink , keyword research. Pernah suatu dikala sebab ingin mencoba fitur ini , seorang kawan bersedia membeli penggunaan Alexa rank Pro (basic) , tujuannya ialah ingin memperbaiki peringkat alexa rank nya.

Perhitungan Alexa Rank Tidak Akurat
Tetapi sebab alexa rank sudah menggunakan Certified metrics ,perhitungan rangking menjadi berubah , dari yang semula peringkat 81.400 an jadi membengkak ke angka 350.000 an , ini terjadi setelah 2 hari menggunakan Alexa rank Pro ,berdasarkan Certified metrics Alexa menghitung secara lebih akurat , tetapi hasil yang di dapat justru peringkat menjadi lebih buruk.

Dari sini saya berpendapat bahwa penghitungan peringkat Alexa berdasarkan toolbar Alexa rank belum mampu benar benar di katakan akurat , yang menjadi fatwa dari  Certified metrics ialah trafik pengunjung serta page view yang berbeda di bandingkan dengan user dan reader dari pengguna Alexa Toolbar saja.  Alexa rank pro menghitung secara real , tetapi kesannya justru tidak lebih bagus.

Keuntungan menggunakan Alexa rank toolbar.
Demikian kira kira perhitungan yang tidak akurat dari Alexa rank , atau pendapat saya saja yang merasa gila atau tidak begitu paham secara detail wacana alexa rank pro. Tetapi dengan adanya Alexa rank , setidaknya menimbulkan kita semangat untuk merampingkan angkanya , yang terpenting bagi saya ialah jumlah visitor setiap harinya , serta update artikel secara rutin.

Percaya atau tidak dengan berkurangnya angka alexa rank membuat kita lebih percaya diri terhadap blog masing masing ,lebih ada dorongan dan gairah untuk menulis dan menulis posting lagi.  Demikian uneg uneg saya mengenai perhitungan Alexa rank yang tidak akurat.