Latest News

Penerapan SEO On Page dan SEO Off Page Pada Blog

Ternyata untuk meningkatkan secara optimal blog itu di perlukan bermacam tehnik SEO (Search Engine Optimation) bukan sekedar hanya menulis dan publish. Tujuannya terang semoga artikel anda tidak mubazir dan siap di baca oleh publik untuk setiap artikel yang anda sajikan. Peranan SEO sangatlah penting ,mengantar setiap judul dan artikel ke panggung google , alasannya mampu di pastikan , pengunjung paling banyak datangnya berasal dari search engine , maka SEO untuk web/blog yakni wajib untuk di maksimalkan.

Sesuai dengan judul posting ,maka yang di bahas dan di perjelas adalah SEO on Page dan SEO off page ,bagi anda yang belum tahu mampu terus simak artikel ini , barangkali mampu menambah pengalaman mencar ilmu SEO ,untuk meningkatkan secara optimal web/blog anda.


Penerapan SEO On Page dan SEO Off Page Pada Blog

Pengertian SEO On Page
SEO on page lebih tertuju pada meningkatkan secara optimal di dalam badan blog itu sendiri , hanya seorang admin blog yang mampu melaksanakan kendali terhadap SEO on page , untuk arti lebih jelasnya yakni Optimasi SEO pada template blog , untuk template blog keluaran terbaru 2015 (Free dan Premium) biasanya sudah di persenjatai dengan SEO ,Seperti Meta Tag , Title Tag , Alt Tag , kita tinggal menyempurnakan saja.

Pengertian SEO Off  Page
SEO off page yakni meningkatkan secara optimal blog di luar ruang lingkup Template , hal ini dapat di lakukan dengan cara berpromosi ke media umum , menautkan link pada blog direktori , menempatkan link pada sebuah forum , atau juga mampu dengan cara menbuat blog dummy , jadi kita mampu bebas menanam link yang tertuju pada blog utama kita.

Dengan menerapkan SEO on page dan SEO off page secara benar dan maksimal sebuah artikel akan mudah terindex oleh mesin pencari dan tujuannya terang , mendatangkan trafik pengunjung ke dalam sebuah blog.

Penerapan SEO On page
Yang terpenting dan pertama tama yakni template blog anda , gunakan /pilih template yang Responsive , SEO friendly dan Fast loading tentunya , Sebab template yang menentukan langkah ke depan blog anda , setelah itu sempurnakan penerapan SEO on page pada blog anda.
(Baca :  Tips memilih template blog yang cantik dan benar)
1.  Page Title (Judul Blog atau Website)
Menempatkan judul di depan setelah nama blog , mampu di lihat teladan menyerupai gambar di bawah


Jadi jangan tempatkan nama blog anda , setelah itu gres judulnya . Karena judul blog akan di prioritaskan dalam sebuah pencarian di mesin pencari ,bukan nama blognya. Silahkan cek artikel anda di hasil pencarian dengan cara menuliskan Site:link artikel anda Apakah judul postingan blog sudah berada di depan , jikalau belum anda mampu menerapkannya.
- Login ke blogger
Klik Template => Edit HTML
- Temukan isyarat menyerupai di bawah ini       
 <title><data:blog.pageTitle/></title>

 Setelah ketemu ganti dengan isyarat di bawah ini
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;index&quot;'><title><data:blog.pageTitle/></title><b:else/><title><data:blog.pageName/> - <data:blog.title/></title></b:if>
Terakhir klik simpan untuk perubahan.

2.  Meta tag
Meta tag yakni isyarat yang di tempatkan atau di pasang di dalam template blog , tujuan dan fungsi pemasangan Meta tag yakni mempermudah robot google untuk menganalisa semua atau seluruh konten atau artikel dalam sebuh blog , sehingga proses Crawling dan index ke mesin pencari jadi lebih cepat. Penempatan Meta tag biasanya di antara isyarat <head> dan </head>  
(Baca : Pasang meta tag super SEO untuk blog anda )

<Jenis meta tag yang penting untuk blog adalah>
 -  Meta tag title :  Judul/nama pada sebuah blog , teladan nama blog ini ""
Meta Tag Deskripsi : Fungsinya yakni mendiskripsikan seluruh isi blog , sebagai teladan "Panduan Belajar Blog Untuk Pemula"
Meta Tag Keywords : Keywords Berisi kata kunci untuk blog anda , sesuaikan dengan materi artikel blog , semoga mempermudah dalam hasil pencarian.
Meta Tag Verifikasi : Meta tag ini di dapat setelah blog di daftarkan ke serach engine ,seperti Google , Bing , Yahoo , MSN , Yandex , Alexa Dan sebagainya.
( Baca : Verifikasi Blog ke Google webmaster Tools )

3. Artikel
Buatlah artikel yang mampu menjadi SEO , apa yang di maksud membuat artikel menjadi SEO? Algoritma google terbaru menekankan pada kualitas konten /artikel , buatlah artikel pilar yang akan memperkuat posisi blog anda di Search engine. Untuk lebih jelasnya anda mampu membaca artikel meningkatkan secara optimal blog dengan artikel
(Baca : Artikel berkualitas yakni cara gres optimalkan SEO )  

4. Optimasi gambar ( Title Tag dan Alt Tag)
SEO on page bukan hanya artikel saja yang perlu di meningkatkan secara optimal , sebuah gambar juga berperan dalam hasil pencarian ,bukan hanya sekedar hiasan yang menempel pada blog , pasang Title Tag dan Alt Tag pada gambar semoga lebih SEO friendly , atau anda juga menerapkan SEO otomatis pada setiap gambar semoga rtidak repot.  Caranya baca artikel di bawah ini
( Baca : Membuat gambar blog otomatis SEO )

5. Buat internal link dalam posting blog anda , link dari satu halaman menuju halaman lain di dalam sebuah blog/website ini sangat cantik untuk mengurangi bounce rate , untuk lebih lengkapnya anda mampu Baca : ( Fungsi dan manfaat internal link untuk blog )

Penerapan SEO Off Page
Untuk menerapkan SEO off page pada blog di butuhkan kesabaran dan waktu , anda mampu setiap hari melaksanakan hal tersebut setelah selesai memposting artikel , tujuannya yakni ke arah mempromosikan blog anda , serta menerima lebih banyak trafik pengunjung blog dengan membangun backlink. (inbound link)

1. Mempromosikan artikel ke media umum , memperbanyak share artikel dan menautkan link yang menuju ke arah blog anda.

2. Mendaftarkan blog ke blog directory atau bertukar link sesama blog , hal ini akan lebih mengenalkan blog anda.

3. Membuat artikel di forum forum ternama , siapa tahu anda mampu menempatkan link blog anda di sana (asal jangan Spam)

4. Melakukan aktivitas blog walking ke sesama blog dengan kategory blogf(niche) yang sesuai dengan blog anda.

5. Membuat Dummy blog ,agar anda mampu dengan leluasa menempatkan link yang tertuju ke blog anda dalam sebuah artikel. Untuk lebih memahami arti blog dummy , silahkan baca artikel ini : Membuat Blog dummy dari blog zombie

Demikian arti SEO On page dan SEO Off page serta penerapannya , untuk blog yang masih gres , hal ini wajib di lakukan ,SEO dasar untuk blog serta tingkat lanjut akan memiliki kegunaan bagi blog anda , untuk menerima trafik pengunjung (unique visitor)  yang berasal dari mesin pencari menyerupai google.