Latest News

Panduan Seting NameServer Jika Domain Beli Di Tempat Lain

Menghubungkan Domain lama dengan Hosting gres atau istilahnya pointing nameserver (NS) , biasanya tidak akan mengalami kesulitan bila domain dan hosting di beli pada satu daerah provider yang sama , lain hal bila kita sudah membeli domain di daerah lain dan kita sewa hostingnya di daerah lain pula , kita harus seting nama domain tersebut biar mengarah ke hosting yang gres , hal ini biasanya di alami oleh blogger yang ingin migrasi dari blogspot ke wordpress self hosting , yang sebelumnya domain tersebut sudah di miliki (custom domain di blogspot) atau di beli dari provider lain.

Proses pointing nameserver ini harus di lakukan secara manual , setelah kita menerima alamat nameServer dari hosting yang gres saja kita sewa , jadi tidak berjalan secara otomatis. Sebagai rujukan , saya mempunyai nama domain yang di beli di Idwebhost dan akan menggunakan kemudahan hosting gratis dari Idhostinger , maka kita harus seting nameServer domain saya yang ada di Idwebhost biar mengarah ke IdHostinger.
Panduan Seting NameServer Jika Domain Beli Di Tempat Lain

Mengarahkan domain lama ke hosting yang gres (proses propagasi)  membutuhkan waktu maksimal 1 x 24 jam , akan tetapi tergantung juga pada saluran provider atau jasa penyedia hosting tersebut , biasanya dalam waktu kurang dari 1 jam , Url domain lama sudah mampu di saluran , dan kita sudah mampu menggunakan kemudahan hosting tersebut melalui Cpanel. Jika masih dalam keadaan proses propagasi ,maka akan terlihat ibarat gambar di bawah ini.

Panduan Seting NameServer Jika Domain Beli Di Tempat Lain

Mengintegrasikan Domain lama dan Hosting baru
Di bawah ini cara seting nameserver domain yang saya beli dari IdWebhost untuk di arahkan ke hosting milik Idhostinger , untuk rujukan seting nameserver domain yang lain saya kira juga sama.
1. Setelah mendaftar atau membeli hosting gres , silahkan catat instruksi nameserver yang anda dapatkan melalui email yang anda daftarkan. contohnya ibarat di bawah ini
- Nameserver 1: ns1.idhostinger.com
- Nameserver 2: ns2.idhostinger.com
- Nameserver 3: ns3.idhostinger.com
- Nameserver 4: ns4.idhostinger.com
*) Jika instruksi nameserver tidak terdapat di email , mampu anda temukan di Dashboard Cpanel > Akun > Detail

2. Setelah itu Login ke daerah di mana domain anda di beli , Dalam rujukan ini saya menggunakan domain dari IdWebhost. 
Panduan Seting NameServer Jika Domain Beli Di Tempat Lain

Setelah masuk ke dashboard client area , buka domain anda > Kelola domain > nameserver (gambar di atas). setelah itu masukkan instruksi name server dari IdHostinger. Lalu klik ubah nameserver. Setelah itu silahkan menunggu.

Seperti yang tertulis pada kotak bilah samping kiri dari dashboard client , bahwa anda harus menunggu proses pergantian Nameserver (propagasi) dalam 24 , hal ini tergantung dari saluran hosting anda yang gres , tetapi biasanya dalam waktu 1 jam sudah mampu eksklusif aktif , bila belum , , ,maka anda harus bersabar menunggu hingga batas waktu yang di tentukan.
Baca juga : IdHostinger , Layanan hosting gratis terbaik di indonesia
Demikian panduan seting NameServer bila domain beli di daerah lain , kurang lebih contohnya ibarat di atas , semua berlaku untuk pembelian/sewa hosting di daerah gres , tetapi domain berasal dari provider lain , Semoga bermanfaat.