Latest News

Panduan Membuat Blog WordPress Self Hosting 100% Gratis (Bagian 1)

Cara Belajar membuat blog dengan flatform wordpress yang di hosting sendiri (selft hosting) secara gratis. Jika anda seorang pemula dan ingin berguru buat website/blog dengan flatform wordpress yang mampu di ganti theme sesuai dengan yang kita inginkan atau memasang banyak plugin yang kita hendaki , maka kita mampu memanfaatkan CMS dari wordpress.org (bukan dari wordpress.com) tentunya kita harus mempunyai nama domain serta kemudahan hosting untuk mewujudkan hal tersebut. Karena niat kita hanya mau berguru membuat blog , maka kita mampu menggunakan domain dan layanan hosting secara gratis. Belajar dulu dengan sarana gratis , jikalau sudah hebat dan cendekia kita mampu memesan nama domain serta hosting yang berbayar.
Berhubung posting ini lumayan panjang , maka admin membagi postingan ini menjadi 2 bagian. Agar memudahkan serta memberi pemahaman yang terang tentang membuat website/blog wordpress self hosting secara gratis tahap demi tahap dan mudah di mengerti.
Persiapan awal membuat blog wordpress self hosting gratis
Berhubung kita akan membuat wordpress self hosting gratis , baik nama domain serta kemudahan hostingnya , maka kita akan melaksanakan beberapa tahapan menyerupai di bawah ini

Mendapatkan Domain gratis
1.  Mencari dan menerima nama domain gratis
Pertama yang harus kita lakukan ialah menerima domain gratis terlebih dahulu , ada banyak daerah yang mampu di gunakan utnuk menerima nama domain secara gratis , salah satunya ialah melalui situs Freenom.com , dalam situs tersebut kita mampu menerima nama domain dengan akhiran .TK .ML .GA .CF .GQ . Mungkin terlihat abnormal utnuk domain dengan akhiran menyerupai itu , tapi ya sekedar buat berguru tidak menjadi persoalan , intinya kita mendapatkannya secara gratis.

2. Pilih nama domain yang anda inginkan , cek ketersediaan nama domain tersebut. Bila sudah cocok dan tersedia , kita mampu memilih jangka waktu lamanya domain hingga 12 bulan gratis ,seperti gambar di bawah.

Membuat Blog WordPress Self Hosting 100% Gratis
3. Setelah itu kita di wajibkan untuk memasukkan alamat email , jikalau email sudah benar , kita mampu melanjutkan untuk pribadi mendaftar.

4. Buka email kita , sebab pihak freenom mengirimkan sebuah konfirmasi di kotak masuk email. setelah email di konfirmasi , maka kita di wajibkan untuk mengisi data data yang di perlukan.

5. Jika data sudah lengkap di masukkan semua (Nama , alamat , no telp serta pasword) ,kita mampu klik untuk melanjutkan. Sampai tahap ini kita sudah mempunyai nama domain sendiri (gratis) , dan kita sudah mampu mengakses halaman client pada domain tersebut , menyerupai gambar di bawah.

Membuat Blog WordPress Self Hosting 100% Gratis

Mendapatkan hosting gratis
Banyak situs yang menyediakan hosting gratis , tetapi kita akan memilih jenis hosting yang mengagumkan dan berkualitas. harap di perhatikan bahwa situs penyedia hosting menempatkan iklan di halaman blog yang menggunakan jasa gratisnya , hal ini tentu akan sedikit menggangu aktifitas ngeblog kita. Saya rekomendasikan sebuah hosting dengan kapasitas yang cukup lumayan (2 GB) serta bandwith 100 GB tanpa ada iklan di halamannya. silahkan baca rujukan di bawah ini mengenai IdHostinger.
IdHostinger Hosting gratis terbaik indonesia tanpa iklan
 Jika sudah baca baca , silahkan Daftar Hosting gratis IdHostinger
1. Caranya cukup mudah , setelah anda masuk halaman Idhostinger , klik Order sekarang
2. Anda akan di minta untuk mengisi form Pendaftaran berupa Nama , email dan pasword.
3. Setelah selesai mengisi , lanjutkan dengan membuat akun
4. Untuk mengkonfirmasi pendaftaran , bukalah email anda , dan konfirmasi dari halaman email tersebut.
5. Maka akun hosting IdHostinger sudah anda miliki.

Tahap berikutnya menerima kemudahan hosting gratis dari IdHostinger
1. Setelah itu anda akan masuk kehalaman login , masukkan email serta pasword yang anda buat tadi.
2. Anda akan di minta untuk memilih paket hosting , pilih Gratis menyerupai gambar di bawah.

Panduan Membuat Blog WordPress Self Hosting 100% Gratis (Bagian 1)

3. Masukkan domain dan pasword.
Dalam tahap ini kita akan memasukkan domain yang telah kita buat di Freenom , maka dalam tab subdomain harus di rubah duu menjadi domain , lalu masukkan domain tersebut , menyerupai gamabr di bawah.

Panduan Membuat Blog WordPress Self Hosting 100% Gratis (Bagian 1)
 4. Pada gambar di atas kita hanya menerima pilihan server Eropa (UK) , buatlah pasword sesuai dengan impian anda , dan jangan  hingga lupa. Simpan baik baik user name dan pasword tersebut , sebab akan kita buat login ke halaman Cpanel sewaktu waktu. Jika sudah lengkap , maka klik lanjutkan.
Dan selamat , anda sudah mempunyai Hosting gratis sendiri untuk siap di gunakan dan aktif menyerupai gambar di bawah ini , domain dari (dot) .TK sudah aktif.

Panduan Membuat Blog WordPress Self Hosting 100% Gratis (Bagian 1)
Sampai tahap ini domain dan hosting gratis sudah siap di pergunakan , sebab domain dan hosting berasal dari daerah yang berbeda , maka kita perlu untuk mengkonfigurasi (seting) Nameserver , supaya domain dan hosting mampu di akses. untuk itu kita perlu mengarahkan domain ke hosting.

Mengarahkan domain ke hosting (seting dan konfigurasi Nameserver domain)
Proses ini di sebut dengan pointing domain , yaitu mengarahkan domain ke hosting yang kita pakai supaya sama sama mampu di susukan dan hal ini memerlukan kecermatan , supaya proses pointng domain ini berjalan lancar. Jika kita membeli domain di daerah kita sewa hosting (satu provider) hal ini biasanya tidak memerlukan seting lagi. Dalam hal ini domain kita dari Freenom dan hosting dari IdHostinger.
Nameserver untuk Idhostinger mampu anda dapatkan di dalam email konfirmasi
Contoh alamat name server ialah menyerupai ini
- Nameserver 1: ns1.idhostinger.com
-
Nameserver 2: ns2.idhostinger.com
-
Nameserver 3: ns3.idhostinger.com
-
Nameserver 4: ns4.idhostinger.com
 
Silahkan baca artikel di bawah ini mengenai cara mengarahkan domain jikalau berbeda provider.
Pada dasarnya ialah sama , yaitu seting nameserver untuk domain Freenom (dot TK) untuk di arahkan ke hosting IdHostinger. Dan proses ini membutuhkan waktu kurang lebih 1 x 24 jam , jadi kita harus tabah menunggu.
Untuk posting konfigurasi (seting nameserver) di freenom akan di bahas secara lengkap di episode ke dua.
Baiklah , posting ini akan di lanjut ke episode ke 2. supaya Panduan Membuat Blog WordPress Self Hosting 100% Gratis ini dapat di pahami dengan mudah. Dan dapat di jadikan materi untuk berguru membuat blog sendiri dari awal dengan flatform (CMS) wordpress self hosting.  Semoga bermanfaat.