Latest News

Mengetahui Jenis Pelanggaran Hak Cipta/Lisensi Di Youtube

Pelanggaran hak cipta  di Youtube (audio ,musik/lagu). Apa yang di maksud creative commons? apa pengertian dari creative commons? kita coba jelaskan satu persatu. Semakin ramainya pengguna dan penikmat video di youtube memperlihatkan lebih banyak peluang untuk menghasilkan uang dari youtbe , khususnya bagi para youtubers. Mereka berlomba lomba menyajikan hasil karya mereka , dan menampilkan video semenarik mungkin supaya lebih mendapat perhatian dari penonton. Tetapi masih banyak para youtubers yang belum memahami Term of Service (TOS) atau aturan main yang di syaratkan oleh Google. Sehingga video mereka gagal menghasilkan uang dari youtube.

Pelanggaran hak cipta di youtbe biasanya di temukan pada audio , musik/lagu yang di sertakan dalam video tersebut , hasilnya banyak di temukan video yang di non aktifkan audio/musik/lagu oleh pihak youtube , atau ada kasus tertentu musik atau lagu yang terdapat dalam video tersebut di cekal di beberapa negara. Tetapi hal yang paling menyedihkan yaitu video tersebut di hapus oleh pihak google.
Baca : Mengganti audio/lagu/musik di yotube supaya mampu di monetize kembali.
Jenis Pelanggaran Hak Cipta/Lisensi Di Youtube
 Nah ,di sinilah di butuhkan pemahaman dan pengertian perihal banyak sekali lisensi yang berlaku di Youtube supaya terhindar dari hal hal yang di sebutkan di atas dan video anda tetap aman di tayangkan di youtube , reputasi akun youtube harus tetap di jaga , supaya video anda tetap menghasilkan uang dari youtube.

Beberapa lisensi yang wajib dipahami oleh Youtubers 
1. Full Copyright
Seluruh isi di dalam lagu tersebut di lindungi oleh hak cipta. Untuk menggunakan lagu dengan lisensi Full Copyright harus mendapat ijin eksklusif dari pemegang hak cipta , hal ini sangatlah sulit , jadi anda tidak dapat menggunakan lagu ini dalam video anda.

2. Creative Commons (CC)
Lisensi ini di berikan oleh Organisasi Non Profit Creative Commons 
( http://creativecommons.org) yang memungkinkan artis atau musisi memperlihatkan ijin kepada siapapun untuk menggunakan musik mereka yang dilindungi oleh hak cipta dengan cara/kondisi tertentu sesuai dengan pilihan pemberi ijin (pencipta lagu/musik).
Jenis kondisi tersebut terbagi menjadi 4
- CC No Derivatives (ND)
Lisensi ini memperlihatkan ijin kepada pengguna untuk menyebarkan lagu selama tidak memodifikasi untuk membuat suatu musik yang baru. Anda dapat menyebarkan track lagu , namun tidak di berikan ijin untuk memodifikasi atau menaruhnya dalam karya video anda.

- CC Non-Commercial (NC)
Lisensi ini memperlihatkan ijin bagi siapa saja untuk memodifikasi dan menggunakan musik (termasuk video) dengan syarat tidak menjual kembali hasil karya yang telah dimodifikasi (non komersial) dan harus mematuhi kondisi lainnya yang diberikan.
Syarat : Pengguna harus memperlihatkan kredit kepada artis pencipta lagu
              Pengguna tidak di perbolehkan menjual kembali hasil karya yang sudah di modifikasi.

- CC Attribution (BY)
Lisensi ini yang paling bebas dari semua lisensi berlabel CC , pencipta lagu/musik memperlihatkan ijin kepada siapapun untuk memodifikasi , menggunakan kembali lagu/musik termasuk dalam video. Tanpa kondisi NC , lisensi ini memperlihatkan kebebasan untuk penggunaan komersial , misalnya menjual kembali atau memasang iklan di Youtube dengan ketentuan memperlihatkan kredit yang terang bagi musisi pencipta , misalnya menuliskan teks (nama penyanyi/artis) pada deskripsi video.

- CC Share Alike (SA)
Lisensi ini mengijinkan orang lain untuk menggunakan karya lagu/musik sama persis dengan lisensi yang diberikan karya aslinya. Tidak ada aturan teknis yang baku untuk penempatan isu lisensi , namun pengguna harus membuatnya tampak terang bagi penonton video.

3.  Public Domain
Lisensi ini yaitu yang paling bebas dari keseluruhan lisensi yang ada. Public Domain yaitu sebuah karya yang sebelumnya dilindungi oleh hak cipta , namun alasannya pemegang hak cipta memutuskan untuk tidak memperpanjang sumbangan hak cipta , karyanya menjadi milik umum. dan anda bebas untuk menggunakannya dalam video anda.

Dari uraian di atas maka anda sekarang sudah memahami lisensi untuk memasang auudio/musik/lagu pada video anda , supaya terhindar dari pencekalan atau pun tuntutan dari pemilik lisensi yang meng"claim" karyanya.Biasanya di dashboard akun youtube akan bertuliskan :konten pihak ketiga yang cocok" , sehingga video anda tidak mampu di monetize.

Rekomendasi buat anda
Pustaka audio youtube
Anda dapat menguunakan ribuan audio/lagu/musik gratis untuk video anda

Beberapa situs musik/lagu yang mampu di jadikan aklternatif
dengan lisensi creative commons yang dapat anda pilih
http://www.jamendo.com/
http://wacca.fm/
http://ccmixter.org/
http://freemusicarchive.org/
http://www.beatpick.com/
http://incompetech.com/m/c/royalty-free/
http://opsound.org/

Situs rekomendasi project wikipedia yang dapat anda kunjungi
http://wiki.creativecommons.org/Sound
http://creativecommons.org/audio/
http://copyrightfriendly.wikispaces.com/page/code/Copyright-friendly+music+and+sound

Beberapa situs publik domain
 http://www.musopen.com/
http://www.publicdomain2ten.com/
http://www.publicdomain4u.com/
http://www.jazz-on-line.com/


Untuk menghasilkan uang dari youtube ,anda mampu mengaitkan akun youtube anda dengan google adsense ,jika anda belum tahu caranya , mampu baca yang di bawah ini
Daftar adsense lewat youtube dengan mudah
Semoga dapat membatu bagi anda yang gemar sekali mengupload video ke youtube , dan memahami jenis pelanggaran hak cipta lisensi di youtube , supaya video anda mampu di nikmati secara komersial dan tetap menghasilkan uang dari youtube.