Latest News

Mengecilkan Ukuran File MP3 dengan Cool Edit Pro

File MP3 rata - rata berukuran 3 - 6mb bahkan tak jarang ada juga yang berukuran 20mb. Besarnya ukuran file memang mensugesti kualitas suaranya. Tetapi alangkah baiknya jikalau kita sesuaikan Kualitas dengan Outputnya. Misalkan anda akan menyimpan di Handphone kemudian mendengarkannya, merupakan hal yang sia - sia apabila kita menyimpan file dengan ukuran yang besar alasannya Output dari Handphone juga kecil, jadi alangkah lebih baiknya kecilkan ukuran file sesuai dengan Outputnya alasannya akan lebih ngirit kapasitas memory handphone anda. Jika kemarin sudah aku posting Download Cool Edit Pro dan cara instalasinya, sekarang akan aku lanjutkan dengan cara mengecilkan ukuran File MP3, Silahkan ikuti langkah berikut :


1. Buka Cool Edit Pro di komputer anda dengan Klik Start - Programs - Cool Edit Pro 2.0 - Cool Edit Pro 2.0.


2. Buka File yang akan dikecilkan ukurannya, dengan File - Open atau seperti pada gambar diatas. :



3. Pilih file yang akan dikecilkan kemudian Klik Open.



4. Tunggu Proses pembacaan file menyerupai pada gambar diatas, kemudian akan terbuka jendela menyerupai pada gambar dibawah



5. Klik File - Save As, menyerupai pada gambar dibawah




6. Klik Options - Pilih Bitrate berapa anda akan mengecilkan ukuran filenya, Misalkan pilih 64 Kbps, Kemudian klik OK.



Bitrate yaitu kualitas yang akan dihasilkan pada file Audio, semakin besar Bitrate-nya maka akan semakin indah kualitas file-nya begitu juga akan diikuti dengan bertambah besar ukuran filnya. Maka semakin kecil Bitrate-nya maka akan semakin kecil ukuran filenya yang akan diikuti juga semakin rendah kualitas Outputnya.

7. Simpan dengan nama berbeda agar file lama tidak tertimpal engan filebaru, misalkan 01.Melepasmu edit.mp3, menyerupai gambar dibawah :



8. Klik Save, untuk menyimpannya. sekarang liat berapa Resize yang dihasilkan dari kita menurunkan bitratenya.



Pada umumnya bitrate file MP3 yaitu 128Kbps.

Selamat Mencoba.