Latest News

Memperbaiki Reputasi Buruk Di Akun Youtube (Bad Standing)

Mengatasi status reputasi buruk (Bad Standing) di akun youtube. Hal ini biasanya terjadi kalau kita mengupload video yang melanggar ketentuan pedoman komunitas youtube  , yaitu beberapa aturan wajar yang sudah di tetapkan biar pengguna tidak menyalahgunakan situs penyedia video streaming terbesar di dunia ini. Sebenarnya hal ini tidak perlu terjadi kalau kita benar benar memahami aturan yang sudah di tetapkan komunitas youtube , biasanya kita mendapat peringatan atau teguran pertama kalau terdapat pelanggaran. Tetapi kalau hal ini berlanjut. akun youtube akan dinonaktifkan untuk sementara dan/atau akun Anda dihentikan. Hal ini sangat di sayangkan kalau kita sudah mempunyai banyak video dan banyak pelanggan (subscriber)

Jenis pelanggaran mampu bermacam macam , ibarat melanggar hak cipta atau video tidak sesuai dengan kriteria fatwa komunitas (konten cukup umur , kekerasan) ataupun pelanggaran lain yang sejenis. Pihak youtube akan eksklusif mengambil tindakan dengan memberi peringatan , dan hal ini yang menimbulkan status reputasi akun youtube kita menjadi jelek (Bad standing). ibarat teladan gambar di bawah ini.
Memperbaiki Reputasi Buruk Di Akun Youtube
Komunitas YouTube telah menandai satu video atau lebih milik Anda sebagai tidak pantas. Setelah meninjau konten yang dipermasalahkan , kami telah menentukan bahwa video tersebut melanggar Pedoman Komunitas kami. Akibatnya , kami telah menghapus video berikut dari YouTube:
    https://youtu.be/b5O16-xxx
Akun Anda telah mendapatkan satu teguran Pedoman Komunitas , yang akan berakhir dalam waktu enam bulan. Jika kembali melanggar , Anda dapat dilarang mengeposkan konten ke YouTube , atau akun dapat dihentikan.
Jika status reputasi buruk , kita akan kehilangan beberapa fitur dari youtube , di antaranya
1. Upload video yang di batasi sampai durasi 15 menit.
2. Kehilangan Anotasi eksternal yang Memungkinkan Anda menautkan anotasi ke situs eksternal atau mitra dagang.
3. Kehilangan Content ID yang Memungkinkan Anda mengajukan banding atas sengketa Content ID yang ditolak.
4. Hak mendapat donasi dari penggemar di cabut.

Hal yang lebih buruk mampu terjadi , yaitu di nonaktifkan kegiatan monetize , sehingga video yang lain juga eksklusif tidak mampu di uangkan melalui google adsense (jika di kaitkan adsense). Hal ini tergantung dari jenis pelanggaran yang di lakukan , bisanya ada peringatan dalam bentuk SP1. SP2 dan SP3. eksklusif dari akun youtube , atau melalui email.
Sumber resmi : Teguran fatwa komunitas

Cara memperbaiki status reputasi buruk akun youtube
Jika kita menghapus video yang menimbulkan reputasi menjadi buruk tidak akan memulihkan reputasi menjadi baik , ada cara lain ibarat mengajukan banding , tetapi kebanyakan hal ini tidak di lakukan , alasannya ialah berdasarkan hak kepemilikan video (hak cipta) dan serta hal lain yang harus di pertanggung jawabkan , sebagai proses hukum resmi yang di berlakukan.

Mengatasi reputasi buruk akun youtube yang berafiliasi dengan hak cipta
 Seperti yang di kutip dalam Dasar-dasar teguran hak cipta , ada 3 cara untuk mengatasi teguran hak cipta biar status reputasi buruk menjadi pulish
1. Menunggu akhir batas waktu sampai 6 bulan.
2. Menghubungi orang yang mengklaim video Anda , dan memintanya untuk mencabut klaim atas pelanggaran hak cipta tersebut.
3. Mengirim pemberitahuan jawaban ke pihak youtube

Seperti yang akan di bahas dalam artikel ini ialah cara yang ke 3 , yang paling umum dilakukan biar reputasi buruk mampu di perbaiki.
1. Masuk ke dashboard akun youtube > Kirim masukan , ibarat gambar di bawah

Memperbaiki Reputasi Buruk Di Akun Youtube
2. Selanjutnya buatlah diskripsi mengenai video yang terkena teguran.
Memperbaiki Reputasi Buruk Di Akun Youtube

3. Lanjut ke tahap berikutnya , halaman ini kita akan di wajibkan untuk mengcapture bab halaman yang akan dilaporkan , yaitu halaman dari video yang terkena teguran , ibarat gambar di bawah.

Memperbaiki Reputasi Buruk Di Akun Youtube
4. Setelah selesai mengcapture gambar yang di tentukan , selanjutnya tinggal pilih kirim untuk melanjutkan proses.

Untuk proses ini kita hanya mampu menunggu hasil pemeriksaan teguran yang berkaitan dengan hak cipta , lama waktu serta penyelesaian persoalan reputasi buruk tergantung kepada tingkat pelanggaran , setelah pihak youtube mendapatkan masukan tersebut , akan segera memproses dan memberitahukan jadinya melalui email akun youtube yang bersangkutan.

Untuk menghindari resiko akun youtube bereputasi buruk , ada baiknya anda mengetahui jenis pelanggaran hak cipta (lisensi) di youtube , biar akun youtube tetap terjaga dan selalu mempunyai reputasi baik , serta mampu menggunakan semua fitur youtube secara lengkap , termasuk me-monetize video yang mampu di uangkan dengan mengaitkan ke google adsense. Semoga bermanfaat.