Latest News

Li-Fi, Teknologi Wireless Super Kencang Pengganti Wi-Fi

Kabar baik bagi para netter. Teknologi nirkabel untuk mengirim data dalam jaringan internet lebih dikenal dan populer sebagai Wi-Fi. Namun kini kepopuleran sistem koneksi wireless ini akan tergantikan oleh teknologi terbaru dengan kemampuan lebih baik. Teknologi apakah itu?

Li-Fi, Teknologi Wireless Terbaru Pengganti Wi-Fi
Adalah Li-Fi, demikian nama teknologi jaringan nirkabel gres ini. Teknologi yang digadang-gadang bisa menyaingi dan mengambil alih kemampuan Wi-Fi dengan tingkat kemampuan 100 kali lebih cepat.
Artikel pilihan TRIK Efektif Membuka Situs yang Diblokir.
Teknologi Li-Fi ini sedang dipersiapkan dan diuji coba oleh Velmenni, sebuah perusahaan start up asal Estonia yang telah memenangkan kompetisi startup Slush 100 di Helsink. Li-Fi gres dijajal di beberapa lokasi industrial dan perkantoran di sekitar ibukota Estonia.

Menurut sejarah, teknologi Li-Fi ini pertama kali ditemukan oleh Profesor Harald dan University of Edinburgh pada tahun 2011. Menurut beliau, Li-Fi dapat mentransfer data menggunakan bohlam LED. Bohlam tersebut sebagai perangkat yang terus berkedip dalam hitungan nanoseconds. Sehingga tidak terlihat oleh mata telanjang manusia.
Artikel lain TRIK Mengatasi Modem atau Simcard Disconnect.
Jika teknologi Li-Fi ini benar-benar bisa diaplikasikan, maka kendala cuaca tidak lagi menjadi penghampat. Selain itu, Li-Fi yang juga mengusung loT (Internet of Things) dapat menciptakan koneksi antar perangkat rumah yang lebih ramah terhadap lingkungan.

Kecepatan yang diandalkan dalam mentransfer data terbilang sangat tinggi. Jika teknologi Wi-Fi masih di sekitar ratusan mega bite, maka Li-Fi telah mencapai level di atas 1 gigabite persecond. Maka, bagi yang suka unduh game resolusi tinggi atau film HD resolution akan simpulan dalam beberapa detik saja.
Bacaan wajib Membuat Blog Dalam 5 Menit, Terbukti.
Namun demikian, masih harus diteliti lebih jauh semoga teknologi Li-Fi ini bisa menyerupai Wi-Fi yang bisa menembus dinding. Agar koneksi Li-Fi lebih luas, tidak hanya dalam ruangan saja dengan mengandalkan cahaya lampu LED.

Kita tunggu saja, kapan hari H pemasaran produk Li-Fi ini. Semoga dipatok dengan harga yang terjangkau.