Latest News

Hati-hati Tersebar Malware Mirip Chrome Mengancam Smartphone Anda

Jika sobat ialah pengguna google chrome untuk menjelajah dunia internet, maka sekarang patut ekstra waspada. Sebab malware gres telah muncul dengan cara berkembang menjadi menjadi browser chrome.

Efast Browser, demikian nama malware ini. Virus ini memiliki tahap penyerangan yang tergolong unik. Jika sebelumnya muncul istilah 'Adware' yakni semacam virus yang menempel pada iklan digital dengan secara otomatis menyerang melalui instalasi device pengguna. Namun Efast browser justru terang-terangan otomatis menghapus aplikasi google chrome dari perangkat pengguna, lalu menggantikannya dengan browser chrome palsu.
Hati-hati Tersebar Malware Mirip Chrome Mengancam Smartphone Anda
efast browser, browser chrome gadungan
Dinamakan chrome palsu, alasannya bentuk ikonnya sangat seakan-akan dengan google chrome. Selain itu desain antar muka pun juga demikian. Hampir seakan-akan dengan chrome aslinya.

Efek penyerangan malware ini sampai pada tingkat keamanan privasi akun pengguna. Sebab ikon-ikon lain pun ikut berubah mengikutinya. Seperti aplikasi facebook, amazon, youtubr, wikipedia dan hotmail.

Lalu bagaimana mencegah supaya tidak terkena malware ini? Salah satunya ialah dengan menyeleksi software gratis yang ditawarkan di internet. Sebab Efast Brwoser ini akan ikut menempel pada file hasil unduhannya.

lalu bagaimana cara menghilangkannya? Caranya cukup mudah, yakni dengan cara menghapus secara manual semua aplikasi yang teridentifikasi malware ini.

Kemudian untuk aplikasi lainnya yang telah terhapus oleh malware ini, lakukan installasi ulang.