Latest News

Halaman Statis (Static Page) Blogger: Apa & Fungsinya


Apa itu halaman statis?

Istilah Halaman Statis (static page) sering kita dengar. Saat ini setiap platform blog telah memiliki fitur static page. Tapi apa sih halaman statis itu?
Halaman statis ialah halaman suatu blog yang bukan merupakan episode dari urutan posting. Halaman jenis ini hampir menyerupai dengan halaman website yang bersifat independen dan dapat diberi aturan tersendiri sesuai keinginan. Meskipun demikian, halaman statis pada blog masih memiliki aturan general sesuai template dan styling-nya (CSS).

Berbeda dengan halaman posting (artikel), halaman statis tidak berada pada urutan waktu tertentu. Apabila ditampilkan, beliau bersifat individual dan terdiri dari satu posting saja; sedangkan halaman posting dapat ditampilkan secara bersamaan dengan halaman posting yang lain, misalnya: ada 5 posting dalam satu halaman yang ditampilkan. Fitur ini ditambahkan pada Blogger sekitar awal 2010 untuk mendukung kebutuhan user akan halaman statis. Pada platform blog WordPress, fitur ini telah ada semenjak beberapa tahun yang lalu.

Untuk dapat lebih melihat perbedaan antara halaman statis dan halaman posting Blogger, kita lihat pola berikut:
Perhatikan perbedaan antara url halaman posting dan url halaman statis berikut:
Url halaman posting (post page):
http://tips-trick.com/2011/04/cara-meningkatkan-seo-blogspot.html
Url halaman statis (static page):
yg akan ditampilkan
. Pada sistem blog, halaman posting akan ditata/diarsipkan berdasarkan urutan waktu terbaru (contoh url arsip: http://tips-trick.com/2011_09_01_archive.html). Halaman terbaru berada di episode teratas. Inilah bekerjsama konsep blog, dimana setiap posting selalu berkesinambungan, menyerupai halnya saat kita membuat status di Facebook. Sedangkan halaman statis diatur untuk ditampilkan secara independen, tanpa mengandung urutan posting berdasarkan waktu, serta tidak diarsipkan.

Apa fungsi halaman statis?

Seperti yg telah dibahas di atas, halaman statis bukan dan tidak masuk ke episode posting blog. Maka sudah sangat terang bahwa halaman statis bukan difungsikan sebagai halaman untuk menampilkan posting artikel. Karena bersifat timeless (tidak mengandung url waktu dan tidak diarsipkan berdasarkan waktu), halaman statis sangat cocok digunakan untuk memuat banyak sekali isu yang eksklusif berkaitan dengan blog, misalnya wacana blog atau wacana pemilik blog (about me), kontak (contact form), daftar isi/sitemap, pemesanan space iklan dan banyak sekali jenis posting fitur blog yang ingin ditonjolkan namun tidak diinginkan menjadi episode posting.

Dulu, sekitar lebih dari satu tahun yg lalu, pengguna Blogger masih menggunakan halaman posting untuk memuat informasi-informasi sejenis di atas. Sehingga saat membuka arsip posting blog, halaman menyerupai "About", "Advertise", masih muncul di urutan posting. Solusinya ialah dengan memundurkan waktu posting (backdate) semoga halaman-halaman tersebut berada di urutan paling lama. Tetap saja, halaman tersebut tampak kurang elegan sebab url-nya mengandung urutan waktu. Namun, kini tidak lagi. Halaman statis telah menjadi  jalan keluar yang sangat diperlukan keberadaannya dan membuat blog berplatform Blogger tampak lebih profesional.

Cara buat halaman statis Blogger?

Bagi teman yg belum terbiasa atau belum pernah menggunakan halaman statis, teman mampu mencoba membuatnya. Caranya:
Bagi pengguna dashboard Blogger Interface lama:
Dashboard > New Post > Edit Pages > Add New Page
Bagi pengguna dashboard Blogger Interface baru:
Dashboard > Klik menu Dropdown > Klik Pages > Klik New Page > Klik Blank Page