Latest News

Google Doodle Rayakan 37 Tahun Taman Nasional Komodo

Tepat 37 tahun yang lalu, Taman Nasional Komodo yang berada di provinsi Nusa Tenggara Timur diresmikan oleh Pemerintah Indonesia sebagai cagar alam untuk melindungi habitat komodo yang merupakan hewan endemik wilayah tersebut. Untuk memeriahkan hari jadi Taman Nasional Komodo, Google menampilkan doodle yang menampilkan gambar komodo dan beberapa hal mengenai kadal raksasa tersebut.


Sebuah kuis yang edukatif, dihadirkan dengan cara mengklik doodle berupa gambar kartun komodo yang tertidur. Saat gambar tersebut diklik, maka sebuah animasi akan menuntun penglik mengikuti kuis tersebut. “Seberapa banyak yang Anda tahu perihal komodo?,” itulah pertanyaan pertama dan seterusnya. Binatang dengan nama latin Varanus komodoensis yaitu satwa endemic atau khas Indonesia

Hewan langka tersebut pertama kali ditemukan pada tahun 1910 ketika letnan Hindia Belanda, van Hensbroek, mencapai Pulau Komodo. Pada tahun 1927, binatang tersebut dibawa ke Eropa dan diperlihatkan ke khalayak umum di sebuah kebun binatang. Bobotnya bisa mencapai 70 kilogram atau bahkan lebih dengan panjang sekitar tiga meter. Binatang ini juga mempunyai kemampuan lari yang cepat, yakni sampai 20 kilometer per jam. Hewan pemakan daging ini merupakan binatang soliteralias tak suka hidup berkelompok kecuali dikala animo kawin pada Mei sampai Agustus. Kini populasi Komodo diperkirakan mencapai 5.100 ekor.