Latest News

Cara Mengatur Postingan dan Komentar pada Blog

Cara Mengatur Postingan dan Komentar pada Blog
Postingan dan komentar pada sebuah blog saling berkaitan antara satu sama lainnya. Adanya postingan akan menghadirkan respon berupa komentar. Demikian pula sebaliknya, eksistensi komentar menunjukkan bahwa postingan dalam blog tersebut telah berhasil menunjukkan pengaruh kepada reader. Maka ada baiknya keduanya ditata sedemikian rupa demi menunjukkan kenyamanan bagi pengunjung blog.

Pengaturan postingan

Pengaturan postingan dan komentar telah tersedia secara default di blogger. Berikut ulasannya.
1. Silakan masuk akun blogger.
2. Menuju Settings, lalu Posts and Comments.
Cara Mengatur Postingan dan Komentar pada Blog
Keterangan:
  • Show at most yakni jumlah postingan yang muncul di homepage blog. Jika teman memilih days, maka jumlah postingan yang boleh dimunculkan maksimal 500 post.
  • Post template yakni pre format editor berupa text dan arahan HTML yang muncul setiap kali membuat postingan baru.
  • Showcase images with lightbox yakni memunculkan gambar hasil upload atau hasil link dalam overlay box. Jika terdapat beberapa gambar, maka semuanya akan terhampar pada postingan. Pilih 'no' jikalau ingin menonaktifkannya. Perlu diketahui, showcase lightbox ini tidak berfungsi pada template dinamis (dynamic template) dari blogger.

Pengaturan Komentar

Cara Mengatur Postingan dan Komentar pada Blog
Keterangan:

  • Comment location yakni daerah komentar berada. Terdapat beberapa pilihan. Pilih embedded untuk memudahkan reader pribadi menunjukkan komentar.
  • Who can comment yakni mengatur siapa saja yang diperbolehkan untuk menunjukkan komentar. Tedapat beberapa pilihan. Anyone untuk siapa saja, termasuk reader anonymous. Hingga pilihan hanya member yang terdaftar saja yang diperbolehkan berkomentar. Untuk sesama blogger semoga mampu saling berkomunikasi, pilih Registered User dan User with google account.
  • Comments moderation yakni layanan moderasi komentar setelah ada komentar masuk. Pilihan Always untuk selalu memoderasi setiap ada komentar yang masuk, sedang Never berarti semua komentar pribadi terpublish tanpa menunggu diapprove oleh admin. Untuk menjaga komentar spam dan malware, saya sarankan untuk memilih Always. Kemudian nanti akan diarahkan untuk menunjukkan alamat email yang digunakan untuk melaksanakan proses moderasi. Gunakan email apa saja, namun sebaiknya memakai email yang sama untuk blog milik sahabat.
  • Show word verification yakni arahan verifikasi yang harus diselesaikan oleh reader setelah memasukkan komentar. Kode ini bermanfaat untuk meminimalisir adanya komentar spam. Sedangkan bagi admin, arahan verifikasi ini tidak akan muncul.
  • Show backlink memungkinkan teman melacak situs yang membuat link pada postingan blog kita.
  • Comment from message yakni rangkaian kata-kata dari admin yang terletak sebelum kolom komentar. Layanan ini biasanya berfungsi untuk menunjukkan gosip kepada reader semoga berkomentar dengan baik dan aturan-aturan lainnya.

Jika semua telah terisi dengan benar, akhiri dengan Save settings. Sahabat jangan khawatir apabila terjadi kekurangan atau kesalahan dalam pengaturan ini, alasannya settingan ini mampu dirubah sewaktu-waktu.
Baik, demikian ulasan pengaturan postingan dan komentar blog. Semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditanyakan, silakan tulis ke dalam kolom komentar yang tersedia. Sahabat juga mampu menshare artikel ini melalui tombol media umum di bawah. Trims