Latest News

Cara Membuat Tombol Facebook Like di Bawah Judul Postingan Blog

Cara Membuat Tombol Facebook Like di Bawah Judul Postingan Blog
Melanjutkan tutorial sebelumnya ihwal cara membuat kotak komentar facebook pada postingan, maka artikel kali ini tidak jauh berbeda, dan masih ada hubungannya dengan facebook. Kali ini akan mengulas cara membuat tombol facebook like pada blog.

Manfaat tombol facebook

Seperti yang kita ketahui bersama, respon tiap pengunjung dikala membaca artikel pada sebuah blog bermacam-macam. Ada yang merespon dengan mengajukan pertanyaan seputar tema artikel, ada yang memujinya dan ada pula yang hanya mampir untuk sekedar meninggalkan jejak link pada kolom komentar. Nah, biar menunjukkan akomodasi bagi pembaca yang menyukai artikel blog kita, maka layak disematkan sebuah tombol yang menunjukkan suka. Dan tombol yang paling populer yaitu facebook like button.

Prosedur like


Tombol ini mampu pribadi aktif pada dikala ada yang mengkliknya setelah membaca blog dan mampu pula aktif dikala klik suka di halaman facebook. Maka sebagai admin blog, rajin-rajinlah share postingan melalui facebook. Agar mudah menerima respon balik. Semakin banyak yang menyukai postingan tersebut, maka kualitas blog menjadi ikut terangkat. Selain itu, mengundang calon pembaca lainnya untuk ikut menyimak artikel lain di blog tersebut.



Cara membuat tombol facebook like


Baiklah, berikut saya bagikan ulasan cara membuat tombol facebook like di blog dengan menggunakan perhiasan aba-aba HTML. Kode ini saya dapatkan dari sahabat blogger dengan ID Mohammad Mustafa Ahmedzai. Berikut tahapannya.

1. Masuk ke akun blogger. Lalu pilih mode HTML pada menu Template.
2. Paste aba-aba berikut sempurna di atas aba-aba <data:post.body/>.

<iframe allowTransparency='true' expr:src='&quot;http://www.facebook.com/plugins/like.php?href=&quot; + data:post.url + &quot;&amp;layout=button_count&amp;show_faces=false&amp;width=100&amp; action=like&amp;font=arial&amp;colorscheme=light&quot;' frameborder='0' scrolling='no' style='border:none; overflow:hidden; width:100px; height:20px;'/>

Catatan: kode <data:post.body/> pada HTML template biasanya terdapat lebih dari satu. Pilih salah satu yang identik dengan body artikel. Atau kalau memang kesulitan, dicoba satu persatu dengan terus memantaunya melalui Preview template.

Jika sudah OK, klik Save template.

Lihat hasilnya. Kini pada tiap postingan blog sahabat terdapat tombol facebook like sempurna di bawah judul.

Demikian tutorial cara membuat tombol facebook like kali ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.