Latest News

Cara Membuat Semua Eksternal Link di Blog Terbuka pada New Tab Window

Cara Membuat Semua Eksternal Link di Blog Terbuka pada New Tab Window
Ada sebuah pertanyaan menarik terkait link pada blog. Dapatkah membuat link yang secara otomatis terbuka pada tab gres (new tab) tanpa harus disetting secara manual?


Pada dasarnya pada default blogger telah disediakan mengenai link ini. Bisa diatur semoga terbuka pada window yang sama, atau mampu pula disetting semoga terbuka pada tab gres ketika link tersebut diklik. Selengkapnya sobat mampu menuju ke artikel Cara Membuat Link di Blog untuk Mengaitkan Antar Halaman dan Postingan.

Manfaat eksternal  link terbuka pada new tab

Biasanya klik open in new tab digunakan untuk eksternal link, sedangkan untuk internal link memakai settingan terbuka pada window yang sama. Salah satu tujuan penggunaan internal link yang terbuka pada window yang sama ialah menjaga reader untuk tetap menjelajah blog tanpa harus menutup window. Sehingga bounce rate blog akan terjaga dengan baik. Selain itu juga, overall pageviews juga akan naik.

Cara semoga eksternal link terbuka pada new tab

Tutorial blogging kali ini ialah bagaimana cara membuat SEMUA eksternal link yang terdapat dalam blog secara otomatis terbuka pada tab window baru. Cara ini tidak berefek pada internal link blog, akan tetapi hanya fokus pada eksternal link dan juga external hostnames saja. Berikut caranya.

1. Masuk ke akun blogger, menuju ke Template. Sebelum menuju ke mode HTML saya sarankan untuk backup template terlebih dahulu untuk berjaga-jaga. Lalu klik Edit HTML.
2. Letakkan isyarat script di bawah ini sempurna di atas </head>.

script src='http://ajax.googleapis.com/ajax/libs/jquery/1/jquery.min.js' type='text/javascript'></script>
<script type='text/javascript'>
$(document).ready(function() { 
  $("a[href^='http://']").each( 
    function(){ 
     if(this.href.indexOf(location.hostname) == -1) { 
        $(this).attr('target', '_blank'); 
      } 
    } 
  );
$("a[href^='https://']").each( 
function(){ 
if(this.href.indexOf(location.hostname) == -1) { 
$(this).attr('target', '_blank'); 


);
  
});

</script>

Catatan: kalau template telah terinstall isyarat JQuerry, maka jangan mengikutsertakan isyarat warna merah, atau dihapus saja.

Akhiri dengan Save template.

Silakan lihat kesannya pada blog milik sahabat. Apakah setiap link eksternal telah benar-benar terbuka pada new tab gres ketika diklik.

Perlu diketahui, bahwa cara ini sangat responsive dan kompatibel dengan semua browser.

Demikian cara membuat semua eksternal link terbuka pada new tab window. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.