Latest News

Cara Membuat Postingan Blog Melalui HP/Ponsel

Cara Membuat Postingan Blog Melalui HP/Ponsel - Sebagai admin blogger, membuat postingan artikel sudah merupakan aktifitas yang tidak terbantahkan. Bukan seorang blogger bila tidak memposting artikel. Blog pun akan terasa hampa bila tidak ada artikel di dalamnya. Akan tetapi ide-ide goresan pena terkadang muncul tanpa mengenal waktu. Keluar begitu saja di ketika tidak berada di depan komputer. Padahal inspirasi dan kata-kata yang sudah terangkai ada kemungkinan hilang bila tidak segera dituangkan ke dalam tulisan.

Maka sangat dibutuhkan perangkat yang memudahkan blogger untuk menulis artikel ke dalam postingan blog tanpa harus berada di depan layar monitor. Sebuah prasarana penunjang bagi blogger yang mungkin tidak memiliki komputer atau laptop. Dan perangkat yang dimaksud ialah handphone.
Artikel pilihan Membuat Blog Dalam 5 Menit, Terbukti.

Tipe ponsel

Handphone atau ponsel mampu digunakan untuk membuat postingan di blog. Bahkan device mobile ini tidak perlu memakai yang canggih, menyerupai smartphone, tablet maupun iPhone yang harganya justru ada yang lebih mahal dari komputer dan laptop. Hanya menggunakan handphone yang mampu digunakan untuk SMS dan Email saja sudah cukup. Saya yakin handphone atau ponsel yang memiliki fitur sederhana tersebut pasti harganya sangat terjangkau. Lagipula, kemunculan aneka ragam merek android dengan harga yang terjangkau sudah lebih dari mencukupi untuk aktifitas blogging.
Artikel rekomendasi Memformat Body Posts pada Blog.

Kemudahan vs Kekurangan

Manfaat yang didapat blogger menggunakan device handphone dalam membuat postingan ialah lebih efisien dan tidak mengenal waktu. Bisa dilakukan dimana saja, sambil santai, liburan bahkan sambil kuliah pun masih mampu membuat postingan. Namun ada kelemahan membuat postingan melalui handphone tersebut. Diantaranya ialah postingan yang dihasilkan tidak mampu berisi label, desain tampilan juga tidak sebagus menggunakan komputer, tidak mampu memilahkan antara heading, subheading dan minor heading dan tidak pula mampu melihat hasil sementara melalui fitur Preview. Satu lagi, membuat postingan melalui ponsel pasti juga akan terkena biaya kirim SMS atau kuota internet bila melalui email.

By the way, meski terdapat beberapa kekurangan memposting blog melalui ponsel, namun satu hal yang tetap menjadi pilihan terbaik ialah fasilitas dalam menuangkan goresan pena dalam blog. Sebab aktifitas harian terkadang telah menghabiskan waktu untuk duduk sejenak di depan meja komputer guna memposting tulisan.

Secara default, blogger telah menyediakan layanan khusus bagi admin untuk mengirim postingan di blognya melalui SMS dan Email. Kedua layanan ini mampu disetting pada setelan seluler dan email. Selengkapnya silakan simak ulasannya berikut ini.
Baca Cara Memanjakan Pengunjung Blog dengan Sitemap yang Menarik.

Posting Blog lewat SMS

Melalui setelan seluler, teman akan dimudahkan untuk memposting melalui SMS. Sahabat hanya perlu mengaktifkan ponsel. Lalu siap-siap untuk mengirimkan arahan konfirmasi melalui nomor yang disediakan blogger. Berikut tahapannya.
  1. Masuk ke dasboard blogger.
  2. Pilih menu setting, lalu klik Mobile and Email.
  3. Klik Add a mobile device. Lalu akan muncul popup menyerupai berikut.
Cara Membuat Postingan Blog Melalui HP/Ponsel

Dalam popup terdapat arahan unik di kotak warna kuning. Silakan teman ketik arahan tersebut lalu kirim ke go@blogger.com. Namun apabila ponsel teman tidak mendukung fitur MMS, maka kirim arahan tersebut melalui SMS ke 256447 (BLOGGR). Setelah teman berhasil mengirim arahan tersebut, maka kini teman sudah mampu membuat postingan melalui ponsel dengan mengirimkannya ke nomor yang sama.
Artikel layak baca Traffik Blog Melimpah dengan System Traffic Exchange.

Posting Blog melalui Email

Tahapan membuat postingan blog lewat email hampir menyerupai melalui SMS. Namun tidak memerlukan arahan awal pengiriman. Caranya adalah Masuk ke akun blogger. Lalu pilih Setting, klik Mobile dan Email.
Cara Membuat Postingan Blog Melalui HP/Ponsel
Keterangan:
  • Posting using email, gunakan email teman dengan menambahkan arahan belakang layar ke dalam kotak. Kode tersebut bermanfaat untuk keamanan blog sahabat. Jangan hingga orang lain mengetahuinya. Lalu pilih 'Publish email immediately' bila ingin mempublishkan eksklusif postingan yang dibuat. Atau pilih 'Save emails as draft post', apabila ingin menyimpan terlebih dahulu postingan yang dikirim untuk kemudian dipublish melalui komputer.
  • Comment Notofication Email, ialah notifikasi yang akan muncul kalau ada yang menunjukkan komentar. Isi email yang valid.
  • Email post to, ialah postingan melalui email mampu dikirimkan ke kontak email yang lain.
  • Akhiri dengan Save arrangement.
Melalui dua cara tersebut, kini teman sudah mampu memposting blog melalui ponsel. Cara kedua hanya mampu dilakukan untuk ponsel yang telah dilengkapi fitur pengiriman email.
Simak Cara Buat Blog Terbaru Lengkap Bergambar dari A-Z, Newbie Silakan Masuk.
Demikian cara membuat postingan melalui ponsel. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.