Latest News

Cara Membuat & Memasang Tanda Tangan di Blog

DI BLOG (BLOGGER), kita dapat membubuhkan tanda tangan (signature) sebagai sebagai identitas penulis blog (blog author). Dengan adanya tanda tangan ini, posting-posting blog terasa lebih khusus, alasannya yaitu memiliki tanda tangan sang penulis blog yg unik. Sobat Blogger mampu membuat dan memasangnya di blog Blogger dengan mudah. Kehadiran online signature maker menawarkan fasilitas untuk membuat tampilan tanda tangan tersebut. Selain untuk digunakan di email, gambar tanda tangan ini mampu digunakan pula di blog sebagai blog author signature.

Cara Membuat Gambar Tanda Tangan Secara Online

Untuk membuat tanda tangan dengan online tool, aku memilih menggunakan MyLiveSignature, sehingga tutorial ini akan mengetengahkan langkah-langkah membuat signature dengan online tool tersebut.
1. Masuk ke mylivesignature.com.
2. Ada beberapa opsi disana, jikalau ingin membuat tanda tangan tanpa register, klik "Proceed". Jika ingin daftar, klik "register"
3. Setelah klik proceed, anda akan masuk ke halaman opsi jenis signature yang akan dibuat. Ada 4 cara membuat signature: dengan wizard, dengan menulis sendiri di screen tool, upload gambar yang di-scan, atau menggunakan font. sendiri. Saya sarankan untuk membuat dengan wizard (pilih opsi pertama), alasannya yaitu cara itu lebih mudah.
4. Tuliskan nama anda atau nama yg ingin dibuat sebagai tanda tangan. Klik 'next step'.

5. Langkah selanjutnya yaitu memilih jenis font tanda tangan. Ada banyak jenis font dan pribadi mampu dilihat melalui preview. Pilih font yang diinginkan dengan klik opsi di sebelah preview. Setelah itu 'klik next'.
6. Pilih warna tanda tangan dan background. Sesuaikan background dengan background halaman blog, atau pilih/centang "transparent".
7. Setelah gambar jadi, anda akan dibawa ke halaman hasil selesai gambar. Di halaman tersebut terdapat gambar tanda tangan/signature dan di bwahnya tertera ID dari tanda tangan tersebut. SImpan ID jikalau diharapkan kembali di kemudian hari. Untuk menyimpan gambar, klik kanan, lalu pilih 'save as' atau 'save image as'

Cara Memasang Tanda Tangan di Bawah Posting Blog

1. Pastikan terlebih dahulu gambar tandatangan tadi telah di upload. Kemudian simpan direct url dari gambar tersebut.
2. Untuk menampilkan gambar di bawah posting kita mampu menggunakan dua cara:
  a. Dengan memasukkan html gambar di fitur blogger untuk menyisipkan widget di posting:
Dari Setting > Formatting > Lihat ke bab kosong di sebelah kanan Post template di bab bawah halaman.
Isikan script image ke dalamnya:
< img border="0" src="urlgambartandatangan.jpg" />
Ganti urlgambartandatangan.jpg dengan url gambar tandatangan sobat.
Kelemahan dari cara ini yaitu susunan struktur pada tubuh post adakala mampu kacau, dan membutuhkan waktu load yang lebih lama

b. Dengan memasukkan gambar di bab template HTML melalui Edit HTML Blogger:
Melalui Edit HTML, sahabat dapat memasukkan script secara lebih leluasa dan juga dapat menambahkan aturan-aturan tertentu supaya struktur tampilan lebih sempurna.
- Di beberapa tutorial, aku melihat script yang dimasukkan hanya dalam bentuk HTML gambar ibarat ini:
< img border="0" src="urlgambartandatangan.jpg" />
Namun, jikalau hanya dengan HTML gambar, struktur gambar menjadi tidak independen alasannya yaitu ia mengikuti aturan (div) pada goresan pena di atasnya (tulisan posting di bab akhir/bawah). Sehingga adakala gambar betubrukan dengan goresan pena atau bergeser.
- Untuk membuat gambar berstruktur independen maka tambahkan struktur sendiri pada tag gambar:
<div>< img border='0' src='urlgambartandatangan.jpg' /></div>
Dengan cara ini, gambar dapat berada di baris selanjutnya di bawah goresan pena posting.
- Agar gambar mampu diatur posisinya, risikonya gunakan aturan berikut:
<div style='padding:5px;float:right'>< img border="0" src='urlgambartandatangan.jpg' /></div>
- right akan menampilkan gambar di sisi kanan, ganti dengan left jikalau ingin gambar berada di sebelah kiri.Ganti urlgambartandatangan.jpg dengan url gambar tandatangan yg telah di-upload.
- Setelah selesai mengedit script, masuk ke dahsboard > design > Edit HTML.
- Jangan lupa centang "Expand Widget Templates"
- Cari <data:post.body/>
- Letakkan instruksi yang telah diedit tadi tepat di BAWAH-nya.
- Save Template.

Note: Jika blog telah menggunakan fitur auto readmore, ada lebih dari satu <data:post.body/>, letakkan instruksi tanda tangan di bawah <data:post.body/> yg kedua.