Latest News

Artikel Berkualitas Adalah Optimasi SEO Era Baru

Jika anda sudah mempelajari SEO dan menerapkannya pada blog anda , itu yaitu tujuan utama untuk menerima trafik pengunjung dari mesin pencari (search engine) , mirip kompetisi semua ingin menjadi yang terbaik dan menduduki peringkat teratas. Namun hanya beberapa saja yang beruntung bertengger di halaman utama google , banyak alasan yang menentukan posisi SERP (Search Engine Results Page) Halaman Hasil Search Engine biasanya di tempati oleh situs/web yang sudah berumur.

Lantas apakah blog gres bisa bersaing dalam peringkat hasil pencarian? Jawabanya bisa , alasannya yaitu SEO sendiri sudah mengalami perubahan dan beregenerasi. Lihat saja perkembangan algoritma google yang sudah berubah dari waktu ke waktu. Menandakan evolusi SEO yang berkembang hingga ketika ini. Semua diam-diam masih tetap terkunci rapat di dapur Google. Tetapi yang pasti era SEO ketika ini yaitu era konten (artikel) , di mana google sangat memprioritaskan sebuah konten yang gres dan fresh serta berkualitas. 

Artikel Berkualitas Adalah Optimasi SEO Era Baru

Jenis artikel sesuai dengan kategorinya 
Artikel gres dan Fresh
Contoh jenis artikel ini yaitu artikel isu , seorang pembaca tentunya menginginkan sebuah isu terbaru dan informatif , biasanya penyaji artikel ini berusaha menunjukkan yang terbaru , mengikuti perkembangan yang ada.

Artikel musiman
Contoh jenis artikel ini yaitu pertandingan sepak bola , gosip artis dan selebriti atau yang lagi booming pada waktu tertentu ,biasanya artikel ini di ekspos pada waktu tertentu juga dan kalau masa itu sudah terlewat ,biasanya artikel jenis ini di anggap artikel yang sudah basi. 


Artikel bebas
Contoh artikel bebas yaitu jenis artikel tutorial serta hal lain yang bermanfaat , pembaca juga suka mencari tutorial yang terbaru , walaupun tutorial lama masih memiliki kegunaan juga , biasanya artikel tutorial terbaru banyak dicari alasannya yaitu pembaca juga mengikuti perkembangan , bukan mencari tutorial jadul.

Artikel peka jaman sepanjang masa
Contoh jenis artikel ini yaitu artikel yang menulis ihwal sejarah atau biografi orang orang terkenal dari masa kemasa , biasanya artikel ini akan "abadi" atau peka jaman , setiap orang yang ingin tahu ihwal artikel jenis ini ,pasti akan mencarinya informasinya , walaupun sudah di tulis bertahun tahun sebelumnya.


Bagaimanakah artikel yang berkualitas?
Pada dasarnya sebuah artikel berkualitas itu relatif , mengapa bisa di bilang relatif? konten atau artikel mempunyai nilai lebih kalau sebuah artikel tersebut bermanfaat bagi banyak orang , bukan hanya sekedar curhatan isi hati seorang jomblo yang belum laku laku. Mempunyai arti relatif , itu menurut pandangan orang sendiri sendiri , setiap orang berhak memberi aplause ataupun orang lain juga menganggap bahwa sebuah konten itu hanya basa bau saja. Cara penyampaian yang memberi pengaruh terhadap sebuah artikel itu sendiri. Satu tema yang sama bisa berbeda penilaian , tergantung orang yang menyampaikannya , maka dari itu saya sebut sebagai relatif , tergantung dari sudut pandang orang yang menilainya.

Bagaimana ciri artikel yang berkualitas?
Bagaimana sebuah artikel di sebut berkualitas? apakah harus panjang dan lebar dan lama?Belum tentu juga , tetapi artikel yang panjang setidaknya menunjukkan informasi yang cukup lengkap mengenai tema atau topik yang di sampaikan , tetapi justru di anggap tidak berkualitas manakala artikel panjang tersebut justru membuat galau pembacanya , alasannya yaitu alur yang di sampaikan tidak terang dan berurutan , hanya berputar putar tanpa ujungnya , alih alih hanya memprioritaskan "kata kunci " saja , dan di ulang berkali kali. Salah salah malah di dugang sama google nantinya.

Menurut saya pribadi , jenis artikel yang berkualitas yaitu artikel yang eksklusif menuju pada pokok pembahasan , di sampaikan dengan bahasa baik dan benar dan mudah di mengerti. Masalah panjang atau pendek itu tergantung tema/topik yang di bahas , coba anda renungkan , mana ada goresan pena yang membahas atau mereview sebuah software panjang kalimatnya tidak habis habis , kecuali developer software itu sendiri yang lagi membuat promo sehingga mereview software tersebut hingga hingga yang paling detail.

Dalam penilaian google artikel yang baik yaitu artikel yang minimal berjumlah 300 kata , dengan panjang kata tersebut , di harapkan bisa menunjukkan informasi yang cukup bagi pembacanya.

Artikel dan SEO
Google menuntut sebuah artikel yang benar benar fresh dan gres bukan hasil copypaste (copas) , jenis artikel inilah yang di sukai google. Bagi seorang penulis penting sekali untuk membuat artikel pilar , salah satu senjata ampuh buat para blogger untuk menanggulangi atau mengatasi setiap perubahan algoritma terbaru dari google. Jenis artikel ini tidak akan tergoyahkan bahkan bisa menambah peringkat (SERP) bagi blog itu sendiri. SEO pada artikel tentunya menjadi Era gres pada sebuah artikel , untuk memaksimalkan hasil pencarian di search engine.

Jangan jadikan artikel senjata makan tuan
Optimasi kata kunci (keyword) pada artikel yang berlebihan justru akan menyebabkan senjata makan tuan buat blog anda ,menempatkan kata kunci sebaiknya dalam batas yang wajar saja , kata kunci yang di tulis berulang ulang dalam sebuah artikel akan di anggap spam oleh robot google. Dampaknya akan sangat buruk , kalau artikel anda di anggap spam , otomatis blog anda akan terkena resiko di kandangkan oleh google. Kaprikornus jangan buat artikel anda menjadi senjata  yang makan tuannya sendiri.

Kembali kepada SEO , sebuah artikel tentunya akan dapat bersaing di panggung google ,jika artikel tersebut mempunyai kriteria kualitas mirip yang sudah di sebutkan di atas , tugas SEO yang bisa mendobrak sebuah artikel tampil bersaing dengan artikel artikel lain. Pokok kunci yang utama yaitu tingkat relevansi sebuah artikel itu sendiri. Jika anda sudah pegang kunci SEO nya (Baca : Riset keyword menggunakan keyword planner) bukan mustahil panggung Google akan anda kuasai , dan anda berkesempatan menjadi pemenangnya.
Bagaimana? Apakah artikel anda sudah cukup berkualitas semoga bisa tampil bersama di atas panggung milik google?