Latest News

Apakah Blog Anda Juga Terkena Dampak Algoritma Google Phantom?

Apakah trafik pengunjung blog anda selesai tanggapan ini menurun tajam? Isu yang berkembang mengatakan bahwa google merilis algoritma terbaru , setelah algoritma mobilegeddon yang di rilis 21 april 2015 lalu yang menekankan web biar mobily friendly. Kini berhembus kabar lagi soal algoritma google phantom , dampaknya juga sangat kuat terhadap situs atau web perihal anjloknya jumlah pengunjung terutama situs yang yang memposting artikel "Bagaimana/ cara" (How to)


Dampak Algoritma Google Phantom


Apa Pengertian dari  algoritma google phantom itu sendiri? sehingga membuat efek yang begitu hebatnya. Terutama pada situs/blog yang menggunakan "Cara atau How to" , sehingga tidak terlihat lagi atau muncul dalam pencarian di mesin pencari goole. System algoritma ini bekerja secara membisu diam dan sembunyi , merayapi semua artikel yang berkaitan dengan "Cara atau How to" , mencari titik relevansi artikel dan perihal kebenaran artikel tersebut , alasannya banyak di temui artikel dengan Kata kunci  "Cara atau How to" yang menyesatkan pengunjung , tidak relevan dan terkadang sama sekali tidak mampu di percaya.


Kunci utama nya ialah artikel itu sendiri , google menuntut sebuah artikel yang benar benar berkualitas , bukan sekedar artikel abal abal dan bahkan menyesatkan pengunjung. Tingkat kebenaran sebuah artikel harus mampu di pertanggung jawabkan dengan data yang akurat , serta sejumlah artikel lain yang menunjang.

(Baca juga : Artikel Berkualitas Adalah Optimasi SEO Era Baru)


Dampak ini juga sangat terasa pada situs situs besar yang sudah populer , menyerupai wiki how , HubPages.com , Answer.com ,jumlah pengunjung situs mereka anjlok , sejak isu algoritma google phantom kencang beredar , menyerupai yang di beritakan oleh situs http://www.cnbc.com/id/102669423 Apakah mungkin artikel dari situs populer itu buruk juga? Mungkin saja , karena situs menyerupai HubPages mendapatkan artikel dari para blogger yang mengijinkan menulis atau membuat artikel di situs tersebut , mampu saja di antaranya ada sejumlah artikel yang tidak berkualitas.

Dampak Algoritma Google Phantom


Sebenarnya pihak google sendiri belum secara resmi mengumumkan dan mempublikasikan perihal algoritma google phantom ini ,hanya pakar SEO yang beramsumsi perihal nama google phantom , karena system kerjanya yang membisu diam dan tersembunyi (hantu) dan dampak yang di rasakan. ini algoritma google unamed (tanpa nama) yang di rilis tanpa menggunakan nama. Seperti yang di kutip dari blog nya Glenn Gabe , seorang analis hebat pemasaran dan meningkatkan secara optimal mesin pencari digital , menyebutnya " phantom 2 ".


Apakah Blog anda juga menulis artikel dengan tema " Cara atau How to" , mungkin bukan anda saja menyuguhkan artikel dengan tema tersebut. Tetapi saya juga salah satunya. Apakah ada pengaruh yang di rasakan pada blog anda mengenai anjloknya jumlah pengunjung sehubungan dengan " isu " algortima google phantom?

Tidak sedikit juga para blogger dalam negri yang mengeluh perihal hal ini , anjlok nya jumlah pengunjung bahkan ada yang hampir 40 % ,apakah algortima google phantom sudah benar benar di mulai dan di lakukan secara sembunyi sembunyi? Sedangkan pihak google secara resmi belum memverifikasinya. Bagaimana cara mengantisipasinya?

Menghindari ganasnya algoritma google phantom.


Kembali kepada kita masing masing dalam menyajikan setiap konten atau posting , Google benar benar menuntut sebuah  "kualitas " ,serta sebuah konten yang original. Senjata paling ampuh dalam menghadapi perubahan setiap algortima dari google. Saya percaya , sebuah artikel dengan judul " Cara atau How to" ,masih sangat memiliki kegunaan sekali bagi para pengunjung. Sebab pengunjung datang ke google ialah untuk mencari  "Bagaimana dan mengapa".  Dan sudah sepantasnya penulis web atau blog menjawabnya dengan Kata " Cara dan How to".

Tetapi sebagai penulis web atau blog tetap harus mewaspadai setiap kemungkinan yang terjadi , kita mampu mengalihkan kata " Cara atau How to" , kepada kata yang lebih mendekati atau menjelaskan perihal perihal artikel yang sedang kita buat ,untuk mencegah google phantom , Keberadaan kata yang di isukan itu memang sudah familiar bagi para blogger , terutama para penyaji blog yang mempunyai tema "Tutorial" , sulit rasanya untuk tidak menggunakan kata tersebut.

Untuk mengatasi hal ini intinya tetap semangat saja , berusaha membuat artikel yang di sukai google , dengan kriteria dan topik yang relevan serta mampu di pertanggung jawabkan kebenarannya. Semoga dampak algoritma google phantom belum terjadi pada blog anda.