Latest News

Agar Tidak Kehilangan Trafik Saat Pindah Domain TLD

Mencegah dan mengatasi hilang trafik dikala ganti domain (custom domain). Hal ini yang sering di ragukan oleh para blogger , terutama pengguna blogspot untuk mengganti dan merubah alamat blog ke domain TLD (Top Level Domain). Alasan yang paling utama yaitu pengunjung blog yang sudah banyak , atau sudah mendapat trafik yang bagus ketika menggunakan alamat URl yang lama (blogspot). Sebenarnya pihak google sudah menyediakan kemudahan untuk menggunakan URL pihak ke-3 , yaitu pengalihan nama domain , kalau di lakukan dengan cermat , maka resiko kehilangan trafik akan mampu di atasi.

Pindah domain atau mengganti domain untuk blogspot mempunyai banyak manfaat , di antaranya mencegah terhapusnya blog secara keseluruhan (permanen) , kalau anda melaksanakan backup blog secara berkala. Domain TLD tidak akan ikut terhapus , jadi kita mampu mengembalikan blog sewaktu waktu , melalui wordpres selft hosting. Tetapi kita tidak membahas wacana hal tersebut , yang akan kita ulas yaitu mencegah trafik hilang dikala berpindah domain.

Agar Tidak Kehilangan Trafik Saat Pindah Domain TLD

Setelah membeli dan memilih nama domain yang sempurna buat blog anda , hal yang perlu di siapkan yaitu mengelola domain tersebut biar mampu di gunakan sebagi pengganti domain bawaan dari blogspot , untuk tutorial tersebut anda mampu baca artikel di bawah ini.
Panduan Custom domain blogspot di Rumahweb
Panduan Custom domain blogspot di IdWebhost
Jika pengaturan yang di lakukan sudah benar , maka kita hanya menunggu proses propagasi , sehingga domain lama mampu di alihkan ke alamat domain yang gres , problem waktunya biasanya sekitar 1-2 jam atau mampu lebih , dan maksimal yaitu 24 jam , jadi kita harus bersabar dulu.

Melakukan pengaturan di google webmaster tools (Search Console)
1. Daftar ulang dan verifikasi di google webmaster 
Jika kita mendaftarkan domain gres , maka pengaturan di google webmaster juga harus di rubah , bersama-sama tidak menjadi problem , alasannya yaitu alamat URL domain yang lama sudah di alihkan ke domain yang gres , berhubung kita harus menentukan domain pilihan (Khusus domain TLD) maka kita harus mendaftarkan ulang alamat blog gres kita di google webmaster. Hapus property yang lama.
Daftar Dan Verifikasi Blog Di Google Webmaster Tools
# Jangan lupa menyeting pengguna tujuan negara di menu lalulintas penelusuran > penargetan internasional > Pengguna tujuan. Pilih negara indonesia , kalau target blog anda yaitu pembaca di indonesia.

2. Menentukan domain pilihan
Karena domain gres kita harus menentukan URL depan yang akan kita gunakan , apakah akan menggunakan WWW atau non WWW , tapi sebaiknya kita menggunakan awalan WWW untuk domain gres kita. sebagai contoh http://www.domainbaru.com.
Referensi sumber : Menyetel domain pilihan Anda

Untuk seting menentukan domain pilihan:
- Pada Beranda Alat Webmaster , klik situs yang diinginkan.
- Klik ikon gambar bergerigi (kiri atas) , lalu klik Setelan Situs.
- Pada bab Domain pilihan , pilih opsi yang diinginkan.

Agar Tidak Kehilangan Trafik Saat Pindah Domain TLD
Merujuk kepada sumber rujukan dari google (di atas) , maka kita harus melaksanakan verifikasi ulang alamat blog kita yang gres ke google webmaster , ibarat pada langkah 1.
3. Memverifikasi kepemilikan situs.
Klik pada icon roda bergerigi > Pengguna dan pemilik properti > Tambahkan pengguna baru
Isi dengan alamat email anda untuk langkah verifikasi.

4. Mengirimkan ulang peta situs (sitemap)
Karena berpindah dengan nama domain gres , maka perlu kita melaksanakan submit ulang peta situs , buka menu Perayapan > Peta situs > Tambahkan /uji peta situs , seperti di bawah ini.
http://namablogAnda.com/sitemap.xml
Untuk lebih lengkap mengenai cara mengirimkan peta situs mampu baca yang di bawah ini
Submit sitemap untuk custom domain di google webmaster
Untuk tahap ini , semua sudah tamat , kita hanya harus menunggu hasil nya dalam beberapa hari , biar artikel dari blog lama terindex kembali di google webmaster.

Fungsi redirect / pengalihan sudah berjalan otomatis ketika kita melaksanakan seting DNS di dashboard domain yang kita beli , alamat URL yang lama (blogspot) akan di alihkan ke alamat domain anda yang gres , jadi kita tetap tidak kehilangan trafik/ pengunjung , hanya harus bersabar saja hingga proses terindex kembali di halaman google webmaster.