Latest News

8 Tips Dan Cara Menulis Posting Agar Di Sukai Pembaca

Menulis itu perkara mudah , hampir semua orang mampu menulis. Tapi yang paling sulit ialah membuat goresan pena yang di sukai banyak orang , belum tentu semua orang dapat melaksanakan hal tersebut , gaya goresan pena seseorang mampu berbeda beda , cara penyampain sebuah goresan pena juga berbeda , Seorang penulis handal mampu memanfaatkan topik atau tema yang kecil , mengolah menjadi sebuah goresan pena yang sangat menarik dan tentunya enak untuk di baca.

Kita tidak perlu menjadi seorang penulis handal , kalau hanya menulis pada sebuah blog , yang di perlukan ialah bagaimana cara membuat goresan pena atau posting kita menjadi semenarik mungkin. Intinya apa yang kita sampaikan itu mudah di pahami dan tidak membuat orang sengsara kalau harus menafsirkan ulang goresan pena kita. Pembaca itu maunya simpel dan mudah , termasuk mengartikan goresan pena yang kita buat.

Cara Menulis Posting Agar Di Sukai Pembaca

Saya coba bagikan tips untuk menulis posting atau artikel baru pada sebuah blog , barangkali mampu berkhasiat untuk anda semua.
1. Pemahaman materi
Pahami terlebih dahulu sebuah bahan yang akan kita buat untuk posting , seorang penulis belum tentu memahami dengan benar apa yang hendak kita tulis , dengan memahami sebuah bahan posting , kita mampu menyebarkan menjadi artikel , semakin dalam kita memahami. semakin mudah kita memberikan kepada para pembaca.

2. Gunakan tata bahasa yang baik dan benar.
Tujuan dari penggunaan tata bahasa yang baik dan benar ialah semoga pengunjung dan para pembaca memahami isi posting anda , kalau menggunakan istilah yang jarang di gunakan beri tanda kurung sebagai penjelasan. Jangan menggunakan istilah atau bahasa gaul yang cuma anda sendiri yang tahu artinya.

3. Gunakan paragraf pendek.
Jika goresan pena anda panjang , anda mampu membaginya dalam beberapa paragraf , atau banyak paragraf sekalipun. Tujuannya ialah tidak membuat pembaca jenuh , coba bayangkan kalau pembaca membutuhkan begitu banyak waktu hanya untuk membaca 1 paragraf saja. Paragraf yang mengagumkan dan sesuai kriteria tidak membuat bosan ialah 4-5 paragraf saja.

4. Gunakan nomor atau bullet point.
Jika penjelasan posting anda banyak , anda mampu urutkan dengan nomor atau bullet point. Pembaca akan merasa lebih mudah memahami kalau terdapat uraian yang di perjelas dengan menggunakan nomor sebagai urutan sebuah artikel. Bayangkan kalau penjelasan itu menumpuk dalam 1 paragraf , tentu pembaca anda akan di buat bingung

5. Pergunakan cetak tebal atau warna dalam huruf.
Tujuan ialah memperjelas suatu kata sebagai diskripsi yang akan di terangkan lebih detail lagi , atau dalam arti yang lain memberi penerangan kata , semoga pembaca dapat mendefinisikan kata tersebut.

6. Gunakan gambar yang cocok dan menarik.
Gambar memberi tugas penting semoga posting anda lebih hidup dan menarik , selain itu gambar juga memberi penjelasan secara detail terhadap suatu posting , kalau suatu posting itu bersifat tutorial. Jangan lupa meningkatkan secara optimal gambar sebelum di muat , semoga loading blog anda tidak lambat.

7. Buat link ke artikel terkait
Selain memudahkan pembaca untuk memperoleh isu yang terkait dengan posting , anda juga sekaligus membuat link internal yang banyak bermanfaat bagi blog anda sendiri

8. Baca dan teliti lagi postingan Anda sebelum dipublikasikan.
Cek kembali artikel anda sebelum di posting (publish) , dengan pratinjau , periksa kesalahan eja serta tanda baca , atau sesuatunya yang kurang. Ttulisan anda mengagumkan , tetapi ada salah atau kurang abjad satu , akan terlihat tidak profesional. 

Yang menjadi ajaran dasar ialah tata bahasa dan cara penyampaian , goresan pena di anggap menarik atau tidak tergantung juga dari penilaian para pembaca , kalau pembaca kebetulan menyukai topik yang sedang di bahas , kemungkinan goresan pena dengan cara yang di sebutkan di atas akan jadi tambah menarik dan sekaligus enak di baca.