Latest News

5 Hal Yang Bisa Kamu Lakuin Supaya Coding-Mu Nggak Membosankan

Menyenangkan bukan jikalau kita melihat para penjelajah. Hari ini mereka ada di suatu tempat, besoknya ada di daerah yang lainnya. Hari ini ada di sini, besoknya ada di kepingan dunia yang lain. Mereka mengunjungi banyak tempat, bertemu dengan banyak orang, melihat hal-hal berbeda setiap hari.

Lantas bagaimana dengan kita para developer atau programmer? Kita hanya duduk di kursi, menatap layar monitor, sambil menuliskan kode-kode yg rumit dari zaman ke zaman. Kalau pun kita bertemu dengan orang lain mungkin hanya itu-itu saja. Jangan tanya perihal tempat! Radius pergerakan kita secara rutinitas perhari mungkin hanya sebatas beberapa KM saja. Membosankan? Ya! terkadang itu sangat membosankan.

Sebenarnya programmer ialah orang-orang yang paling tidak suka melaksanakan hal-hal yang sama berulang-ulang, itulah sebabnya ada istilah “looping” dalam programming. Menurut saya, selain untuk fasilitas tujuannya ialah untuk menghindari kebosanan. Bagaimana tidak, coba bayangkan misalnya hanya untuk menulis angka dari 1 hingga dengan 1000 kita harus mengetiknya?! Sangat membosankan kawan! Itulah kenapa kita mampu menggunakan for, while, do while dan lainnya.
Pada prinsipnya, semua awal mula dari kebosanan ialah “aktivitas yg sama berulang-ulang”. Kamu bosan dengan sekolah, karena setiap hari harus ke sekolah, menggunakan seragam yang itu-itu saja, membaca buku, bertemu guru. Begitu juga, kau bosan dengan pacarmu, karena mungkin aktivitasnya sudah mampu ditebak, apa yang dilakukan dengannya hanya itu-itu saja.

Tentu saja jikalau kita telah terjerumus dalam dunia hitam ini (programming), kita akan sulit untuk keluar. Dan memang saya sarankan untuk tidak keluar. Kita sudah pasti akan berhadapan dengan layar monitor setiap hari, code editor menjadi aplikasi paling sering kita buka, kopi ialah sobat dan hiburan yang paling mungkin ialah game dan film. Aktivitas itu sudah tidak mampu dihindari lagi. Rutinitas itu akan terjadi. Namun bukan berarti neraka. Kita masih mampu membuat rutinitas itu menjadi tidak membosankan, atau paling tidak, tidak terlalu membosankan. Berikut ini ialah 5 tips yang mampu Kamu lakuin biar kegiatan codingmu menjadi tidak membosankan

1. Codinglah di daerah berbeda
Cobalah coding di daerah berbeda dari biasanya. Kamu biasa coding di ruang kerja, maka pergilah ke halaman dan codinglah di sana. Kamu biasa coding di kamar tidur, maka codinglah di kamar mandi. Kamu biasa coding di rumah, maka pergilah ke kafe dan codinglah di sana. Intinya cobalah cari suasana kerja berbeda.

2. Gunakan bahasa pemrograman / framework yang berbeda
Ada berbagai bahasa pemrograman di dunia, dan kau hanya menggunakan satu saja dalam keseharianmu? Maka cobalah gunakan bahasa pemrograman yang berbeda, pelajari hal baru. Atau kalaupun tidak menggunakan bahasa pemrograman berbeda, maka cobalah dengan framework berbeda.

3. Gunakan code editor yang berbeda
Kamu biasa menggunakan Notepad++? Maka cobalah Sublime Text! Kamu terbiasa dengan Sublime, cobalah Brackets. Ada berbagai code editor yang mampu kau coba yang menghadirkan pengalaman berbeda. Tidak untuk gonta-ganti, namun untuk menerima pengalaman yang berbeda. Ingat, kau terbiasa dengan sesuatu bukan berarti tidak ada yang lebih baik dari itu! Kamu belum mencobanya saja. emoticon-Big Grin

4. Ganti waktu codingmu
Kamu biasa coding siang hari? Maka cobalah untuk tidur di siang hari dan coding di malam hari! Begitu juga sebaliknya, kau biasa begadang untuk coding, maka tidurlah! Codinglah di pagi hari! Ini akan membuat suasana yang berbeda.

5. Codinglah untuk sesuatu yang menyenangkan
Kamu biasa coding untuk mencari uang? Kamu coding apapun yang diminta klien, baik kau menyukainya atau tidak? Maka, sekali-kali kau harus coding khusus untuk membuat sesuatu yang menyenangkan! Kamu mampu membuat sebuah wesbite untuk menyatakan cinta kepada gebetan. Kamu juga mampu membuat game khusus untuk anakmu yang masih kecil. Kamu juga mampu coding untuk mengerjai teman-temanmu. Ya apapun itu, cobalah sekali-kali tidak terlalu serius dan tidak menggunakan coding hanya untuk pekerjaan dan profesimu saja. Cobalah coding untuk sesuatu yang menyenangkan.