Latest News

11 Penyebab Utama Pengunjung Blog Turun Drastis Terjun Bebas

Penyebab trafik blog anda menurun drastis. Pernah mengalami yang demikian , tiba tiba trafik blog anda yang semula stabil tetapi tiba tiba turun dengan drastis , anjlok , menyerupai parasut , terjun bebas , padahal selama ini kita rajin update artikel.  Apakah ada sesuatu yang salah dengan blog kita? atau mungkin google lagi berbenah dan menata ulang algoritma terbarunya? kira kira apa penyebab utama nya sehingga blog kehilangan sebagian pengunjung tidak menyerupai biasanya.

Pasti ada salah satu di antara kita yang flash back ke belakang , apa kira kira kesalahan yang di lakukan dalam sepekan sehingga terjadi penurunan pengunjung yang terlihat sangat mencolok. Semua tak lepas dari tugas mesin pencari , yang menempatkan artikel anda sehingga di temukan oleh pengunjung , karena trafik terbesar yaitu dari mesin pencari , terkecuali blog anda sudah sangat populer sehingga pengunjung pribadi datang dengan mengetahui alamat URL blog tersebut.

Penyebab Utama Pengunjung Blog Turun

Dari banyak argumentasi , penyebab menurunya pengunjung secara drastis mampu di sebabkan karena hal hal menyerupai di bawah ini.
1. Sering mengganti template blog , tanpa submit sitemap ulang ke google webmaster.
Sebenarnya tidak menjadi problem mengganti template blog , tetapi hal yang sering di lupakan yaitu mendaftarkan ulang peta situs (sitemap) ke google webmaster , hal ini sangatlah penting sekali ,agar robot google segera meng crawl template gres anda , semoga cepat terindex kembali.
Baca : Cara mengganti template blog dengan benar.
2. Banyak kesalahan atau eror di google webmaster tools
Periksa secara terencana di halaman/dashboard google webmaster tools , apakah banyak eror , menyerupai Structured data (missing author , missing update)
HTML Improvements (Duplicate meta descriptions , Duplicate title tags)
Crawl errors (Page not found/error 404)
Security Issues (Malware di browser)
 Baca : Menghapus eror 404 di google webmaster tools
  3. Menerapkan keyword stuffing
Menuliskan kata kunci yang berulang ulang dan meletakkan dalam kalimat posting tanpa di imbangi kosa kata yang relevan. Hal ini akan di anggap oleh spam oleh google ,resiko terburuk yaitu artikel anda akan de-index (tidak terindex oleh google) ini berlaku juga untuk penerapan blackhat SEO lainnya.


4. Banyak link spam
Terdapat banyak link yang mengarah keluar dari blog anda yang menuju situs lain , terkadang google tidak begitu suka terhadap link atau website tersebut , karena bukan merupakan situs yang terpercaya , buatlah link keluar hanya kepada situs atau mitra google saja.

5. Banyak komentar spam
Jangan besar hati dengan banyaknya komentar pada blog anda , yang menautkan link sembarangan. Ini salah satu faktor penyebab menurunnya jumlah pengunjung , sekali lagi google sangat tidak menyukai spam , buatlah moderasi kotak komentar anda , untuk mengatasi hal ini.

6. Jumlah backlink yang banyak dalam waktu yang singkat
Hati hati dalam mencari backlink ,apalagi backlink otamatis atau di dapatkan dengan cara membeli , sebaiknya mencari backlink dari situs yang berkualitas.

7. Jarang update artikel
Yang ini termasuk salah satu penyakit blogger kambuhan , obatnya ada pada anda sendiri.

8. Sering update artikel ,tetapi artikel lama
Google sangat menyukai konten atau posting yang fresh , gres serta informatif , ini pengalaman saya saja.Trafik pengunjung blog anda tidak akan naik jikalau anda hanya memposting artikel yang sudah banyak di bahas orang ,apalagi kata kunci artikel tersebut sudah padat. Hanya buang buamg waktu saja. Untuk mencapai halaman 10 besar google juga akan sulit , karena artikel sudah berjubel.

9. Penerapan SEO yang salah
Untuk hal ini saya tidak mampu menjelaskan secara detail , karena saya sendiri bukan hebat SEO. banyak pelajaraan SEO yang anda mampu terapkan untuk blog anda , selama ini saya hanaya melaksanakan optimasi SEO on Page dan SEO offpage seperlunya saja. 

10. Update algoritma google
Pengunjung mampu turun secara drastis saat google melaksanakan update algoritma terbaru , hal ini wajar dan mampu terjadi pada situs atau web yang besar sekalipun ,perubahan ini biasanya mempunyai dampak terhadap artikel di mesin pencarian , posisi SERP dan rangking blog secara global.

11. Blog kurang promosi
Faktor lain yaitu promosi blog anda , baik secara online dan offline , hal ini tidak perlu saya jelaskan lagi , banyak cara untuk mempromosikan blog ada , mulai dari mendaftar ke blog directori , social media maupun forum yang se-Niche dengan blog anda.

Nah ,apakah penjelasan di atas kira kira masuk dalam salah satu kategori yang sedang anda alami? Naik turun nya pengunjung blog itu sebetulnya wajar , tetapi kalau kita memperhatikan dan menerapkan secara benar , insya Yang Mahakuasa trafik pengunjung blog anda akan normal kembali , dan bahkan mampu cenderung naik dan meningkat.