Latest News

Widget Random Posts untuk Blogger dan Cara Memasangnya

widget random post blogspot

Random posts widget atau widget daftar artikel acak yaitu widget blog yang dulu (sekitar 2 tahun yang lalu) cukup trending di kalangan blogger, baik untuk pengguna Blogger maupun WordPress. Meskipun kini jarang digunakan, tapi menurut aku widget ini merupakan alat yang cukup memiliki value dalam memperkaya navigasi blog; terutama dalam menunjukkan ajuan bagi pengunjung saat melaksanakan browsing isi blog. Fungsinya hampir sama lah dengan widget Facebook activity feed, Facebook recommendation bar, recent posts widget, daftar isi blog, dan masih banyak lagi sejenisnya.

Meski memiliki desain sederhana yang inherited dari template, widget random posts yang aku bagi ini memiliki kelebihan dalam hal menggali sampai post terdalam/terlama (dengan limit max 1000 post). Sehingga artikel-artikel lama anda yang mungkin terbengkalai alias memiliki pageview yang semakin sedikit, dan bahkan sudah terlupakan oleh anda, dapat dimunculkan serta ditawarkan kembali kepada pembaca.

The Concept


Meskipun sederhana, dan mengacu kepada desain template (dalam hal CSS), namun widget ini menggunakan javascript (basically using array), yang memanfaatkan feed blogger (feeds/posts/default) sebagai sumber (openSearch); dengan menggunakan fungsi json serta callback. Konsepnya sama dengan widget-widget daftar post bersumber feed lainnya. Script ini masih dalam version 1, dan ke depan akan aku sempurnakan dengan aneka macam hal tambahan, terutama desain.

Demonya dapat anda lihat di widget "Other Interesting Posts", tentu desainnya mengikuti (inherited) dari template ini.

Cara Memasang Widget Random Post di Blogger


Menambahkan widget ini sangat mudah:

1. Copy script berikut:
<script type = "text/javascript">
var randarray=new Array();
var l=0;
var flag;
var numofpost=5;
</script>
<script src="https://tips---trick-code-host.googlecode.com/files/tipstrickrandom.js" type="text/javascript"></script>
<script src="http://tips-trick.com/feeds/posts/summary?alt=json-in-script&start-index=1&max-results=1000&callback=randomposts"type="text/javascript"></script>
2. Ubah beberapa hal ini di dalam script:
- Ubah nilai 5 menjadi angka yang diinginkan untuk menampilkan sejumlah post sesuai dengan angka tersebut. Note: Saya memberi batas maksimal 10 post pada script, alasannya bila lebih dari 10 bukan random post namanya :)
- Ganti http://tips-trick.com menjadi url blog anda.
- Jika pada suatu kasus terburuk script tidak dapat diload karena dilema server host, ganti:
https://tips---trick-blogspot-code-host.googlecode.com/files/tipstrickrandom.js 
dengan:
http://yourjavascript.com/83532231012/tipstrickrandom.js

3. Masuk ke dashboard > Layout
2. Klik tambah gadget / add a gadget.
3. Pilih widget berjenis HTML/Javascript.
4. Masukkan script yang sudah di edit ke dalam kotak editor.
5. Beri title/judul widget sesuai keinginan.
6. Save dan lihat hasilnya.

Memasang Widget Random Post di Bawah Post/Artikel


Jika anda ingin menambahkan widget ini sebagai bab navigasi di bawah artikel blog, gunakan cara ini:

1. Dari dashboard > Template
2. Klik 'Edit HTML' dan centang 'Expand Widget Templates'
3. Cari <data:post.body/> (Ctrl+F). 
Note: bila anda menggunakan auto readmore seperti yang dulu aku bagi, sangat mungkin akan ditemukan tiga buah tag tersebut. Cari tag yang dimaksud dengan ciri sebelumnya diawali dengan tag b if untuk 'item', menyerupai ini:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<data:post.body/>
4. Copy instruksi di bawah ini dan ubah teks "ganti dengan script random post di sini" dengan script random post yang sudah diedit sesuai petunjuk di atas:
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
</b:if>
5. Letakkan instruksi di bawah <data:post.body/>. Jika sebelumnya anda telah menambahkan widget-widget lain di bawah artikel, atur posisinya semoga berada di atas atau di bawah widget-widget tersebut.
6. Save dan lihat hasilnya.

Jika ada problem dalam pemasangannya, feel free to leave a comment below. Thanks in advance and have a nice blogging, as always...