Latest News

(Updated!) Cara Membuat Sitemap Google Untuk Blog dan Optimalisasinya

sitemap


Sitemap (peta situs) dalam konteks ini bukanlah peta situs di dalam website/blog yang merupakan halaman yang memuat semua link/isi website/blog (daftar isi), melainkan sitemap (peta situs) yg menjadi rujukan bagi search engine dalam melaksanakan crawling sebuah website/blog. Dengan demikian, proses indeks menjadi lebih cepat dan tidak ada url/halaman yang terlewatkan oleh spiderbot.

Sebelum membuat dan mendaftarkan sitemap pada Google, lakukan terlebih dahulu pendaftaran url website/blog ke Google Search Engine.

Selanjutnya ikuti langkah-langkah sebagai berikut:

1. Buat sitemap dengan memodifikasi feed.

update 5 Februari 2014: alasannya ialah banyak yang redirect feed ke feedburner, maka otomatis feed blog akan mengarah ke feed di feedburner. oleh alasannya ialah itu saya tambahi parameter redirect=false supaya tidak terjadi redirect.
http://tips-trick.com/feeds/posts/default?redirect=false&max-results=9999&alt=json-in-script&callback=loadtoc
atau mampu juga jenis feed atom.xml-nya,
http://tips-trick.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
Tambahkan bab yang berwarna merah pada url blog anda dan itulah url sitemapnya.

2. Masuk ke Google Webmaster Tools.
3. Klik url website/blog yg telah terdaftar dan hendak diberi sitemap.
4. Pada menu konfigurasi/site configuration, pilih sitemaps.
5. Klik submit a sitemap, dan masukkan url sitemap.
6. Kemudian klik submit sitemap.
7. Setelah disubmit, akan ditemui laporan yang menyatakan bahwa pendaftaran sitemap anda telah berhasil. Namun sebelumnya akan ada proses yang ditunjukkan dengan gambar jam. Proses ini relatif, ada yang 1 jam sampai 2 hari. Proses pendaftaran yang berhasil secara keseluruhan akan ditunjukkan dengan tanda centang (check).
8. Selesai

Nah ini, bab pentingnya. Untuk memaksimalkan (dan sebagai perjuangan daya upaya ikhtiarnya atau apapun namanya-red) rujukan search engine dalam melaksanakan indeks, daftarkan lebih dari satu sitemap. Jadi, daftarkan dua sitemap diatas sekaligus!


Karena blogger sudah memiliki sitemap dalam bentuk XML (seperti rujukan di atas), gunakan dua jenis sitemap sekaligus: dari Feed (atom atau rss) dan dalam format murni XML-nya. Atom.xml juga menggunakan ekstensi file xml, tapi berbeda dengan sitemap XML yang asli dalam hal kontennya.

Namun ada satu catatan penting, alasannya ialah semua isi blog sudah di-cover oleh sitemap XML, maka sitemap dari feed sebaiknya diisi dengan yang baru-baru saja (batasi jumlahnya). Trik yang saya berikan di post lama ini menggunakan parameter-parameter tertentu (berupa query) supaya feed mampu ditarik sampai 500 atau 9999 (nilai 9999 digunakan untuk menyatakan bahwa feed yang akan ditarik tidak terhingga jumlahnya), dan alasannya ialah kini sudah memiliki sitemap XML, maka parameter itu tidak perlu lagi. Default isi feed pada platform Blogger ialah 26 url terbaru (terupdate) dan itu sudah cukup. Ini alasan mengapa feed tidak perlu lagi berisi terlalu banyak url.

Kaprikornus untuk feed: gunakan yang default saja tanpa embel2 di belakangnya.

http://tips-trick.com/atom.xml
atau,
http://tips-trick.com/feeds/posts/default

Jika feed (rss atau atomnya) sudah diredirect ke layanan feed (misalnya feedburner), maka gunakan ini:

http://tips-trick.com/atom.xml?redirect=false
atau,
http://tips-trick.com/feeds/posts/default?redirect=false
Penting:  Fitur sitemap.xml hanya mampu digunakan oleh blog berplatform Blogger yang menggunaan domain bawaan Blogger (subdomain.blogspot.com). Jadi, untuk yang sudah menggunakan custom domain, sitemap.xml tidak support. Tetap gunakan cara lama ibarat trik post yang lama, supaya feed berisi semua url blog tanpa kecuali.