Latest News

Shortcut dan Kode Android Penting Yang Perlu Kamu Ketahui


image

Memiliki smartphone android tentunya merupakan suatu pujian tersendiri bagi para penggunanya, pasalnya android ketika ini merupakan sistem operasi yang paling populer di masyarakat khususnya untuk kalangan kelas menengah kebawah alasannya yakni selain pilihannya yang begitu banyak juga alasannya yakni harganya yang bervariasi mulai dari yang murah di kisaran 1-2 jutaan hingga yang di atas 5 juta.

Namun, bagi kau para pengguna smartphone android mungkin ada yang belum tau wacana variasi tombol-tombol penting atau lebih dikenal dengan shortcut untuk lebih memudahkan dalam penggunaan smartphone ini, nah di artikel kali ini saya akan menjelaskan wacana tombol apa saja yang sebaiknya kau ketahui untuk diterapkan di ponsel androidmu. oke, berikut penjelasannya.

1. Aktifkan "OK" Google ( Google Assistant )

image

Foto : strukturkode.com

Fitur "OK" Google merupakan fitur yang hampir menyerupai dengan "Siri" milik IOS, bahkan mungkin sama dari segi fungsi dan penggunaan. Fitur "OK" Google bekerja setelah dapat perintah suara, dengan beberapa kalimat kau dapat membuat google bekerja sebagai ajudan virtualmu, keren bukan? Untuk mengaktifkan fitur ini yang perlu kau lakukan hanyalah membuka aplikasi pencarian google kemudian pilih Setting -> Voice -> OK Google Detection -> Kembali ke Layar Opsi. Setelah itu ucapkan saja kata-kata asing sesuai yang kau butuhkan.

2. Cara Mengambil Screenshot di Layar Android

image

Foto : howtogeek.com

Untuk shortcut yang ini sebetulnya setiap smartphone android memiliki cara yang berbeda-beda, disini saya hanya akan menjelaskan untuk beberapa merk ponsel android yang sering digunakan. Namun jikalau merk ponselmu tidak ada kau mampu gunakan aplikasi pihak ke tiga di sini. Berikut caranya.
#1. Screenshot untuk Merk hp Android Samsung tipe galaxy
      Klik tombol power dan tombol home ( Power + Home ) secara bersamaan
      dan tahan 3 detik.
#2. Screenshot untuk merk hp Android Xiaomi, Lenovo, Dan Sony Xperia
      Klik tombol power dan volume bawah.

3. Cara Cepat Reset Android Seperti Semula

image

Foto : kachwanya.com

Biasanya ketika kau merasa smartphone android kau sudah terasa berat entah alasannya yakni terlalu banyak aplikasi terinstall atau terlalu banyak file sampah yang tidak terdeteksi kau akan melaksanakan reset data pabrik. Nah disini saya akan menunjukkan arahan khusus untuk reset data pabrik tanpa perlu repot-repot untuk klik sana sini, dan dijamin ponsel androidmu akan terasa lancar menyerupai semula, kodenya yakni *#*#7780#*#*. Perlu diingat bahwa reset data pabrik akan menghapus semua data di ponsel android kau kecuali yang kau backup terlebih dahulu di sd card kamu. Aplikasi yang termasuk aplikasi sistem tidak akan terhapus.

4. Cara Cepat Melihat Informasi Ponsel dan Baterai

image

Foto : henpontop.com

Kode ini akan menampilkan 4 menu di layar android milikmu, menyerupai isu baterai, isu telepon, sejarah baterai, dan statistik penggunaan, kodenya yakni *#*#4636#*#*.

5. Kode Untuk Cek IMEI Android

image

Foto : awakawai.com

IMEI berfungsi untuk mengecek kelegalan smartphone android yang kita miliki, cara mengeceknya sangat mudah, kau hanya perlu mengetik arahan *#06# maka akan muncul 15 digit angkat yang merupakan IMEI smartphone android kamu. Catatlah IMEI tersebut dan cocokkan dengan IMEI yang ada di dus dan bodi ponsel, dan untuk lebih jelasnya kau mampu mengunjungi web resmi wacana IMEI di www.numberingplans.com, coba masukkan arahan IMEI kau dan cocokkan jikalau sama, maka ponsel kau sudah terjamin keasliannya. Dan terakhir arahan IMEI juga berkhasiat jikalau ponsel kau hilang loh, kau dapat meminta provider jaringan untuk memblokir arahan IMEI-nya dan dapat dipastikan ponsel kau yang hilang tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Nah, itulah tadi kode-kode dan shortcut penting yang sebaiknya kau ketahui, sehingga kau tidak akan kesulitan di ketika membutuhkannya, jikalau bermanfaat jangan lupa share pengalaman kau di kolom komentar di bawah ini ya.