Latest News

Perbandingan Intel & AMD

image

Intel dan AMD, siapa sih yang belum mengenal dua perusahaan prossesor yang sudah lama bergelut di bidang perkomputeran dunia ini, bagi kau yang sudah sering menggunakan komputer baik PC maupun laptop pasti salah satu dari kedua prossesor ini terpasang di PC atau laptop sobat.

Nah, jikalau sekarang kau sudah paham wacana seluk beluk prosessor mulai dari definisinya secara umum, baik fungsi, jenis, dan lain-lainnya tentunya kau akan mulai mencari-cari isu wacana prosessor mana yang terbaik dikala ini. Berhubung Intel dan AMD yang mendominasi pangsa pasar dunia dikala ini, maka yang akan aku jelaskan ialah kedua merk ini terlebih dahulu.

Ok, untuk membandingkan kedua prosessor ini maka akan aku bahas dari 3 sudut pandang mulai dari harga, kinerja, dan dari segi kebutuhan konsumen.

1.) Harga


image


Intel

Untuk dikala ini harga prosessor jasus umumnya masih di atas prosessor AMD, hal itu dikarenakan oleh beberapa alasan berikut.

  • Pangsa pasar dunia masih dikuasai oleh prosessor Intel, sehingga berani memasang harga yang tinggi.
  • Intel lebih dulu diproduksi daripada AMD, sehingga menimbulkan Intel lebih dulu dikenal oleh masyarakat dibanding AMD.
  • Pamor Intel lebih tinggi ketimbang AMD dan lebih menang merk (Brand).
AMD

Jika kita sudah tahu bahwa jasus lebih mahal, tentunya kita juga tahu AMD memiliki harga lebih murah daripada Intel, kita lihat saja alasan-alasan berikut.
  • Pangsa pasar dikala ini masih dibawah Intel, namun bukan berarti kualitas dibawah jasus juga.
  • AMD gres diproduksi setelah jasus yang lebih dulu diproduksi yaitu pada tahun 1971.
  • Pamor dibawah Intel, namun kualitas tetap bersaing.
Jika, kita lihat perbandingan diatas Intel memang lebih mahal, namun untuk soal performa dan kualitas kedua merk ini tetap bersaing dan menjadi yang terbaik hingga dikala ini untuk jajaran prosessor komputer.

2.) Kinerja


image


Intel

Dari segi kinerja hingga dikala ini Intel bisa menyajikan hasil yang cukup memuaskan bagi para komsumennya, diantaranya sebagai berikut.
  • Intel dikenal lebih hemat listrik, hal itu dikarenakan Intel memiliki sebuah cache atau cadangan memori L2 yang menyebarkan untuk mengurangi daya dengan meminimalkan “lalu lintas” memori tapi meningkatkan kinerja dengan memungkinkan satu inti untuk menggunakan seluruh cache ketika core yang lain sedang tidak bekerja. Hanya Intel yang menyediakan kemampuan ini di seluruh segmen ( untuk dikala ini ).
  • Pengaturan suhu di jasus cukup baik, alasannya ialah ketika suhu di prosessor sudah cukup panas, maka beliau akan secara otomatis menurunkan kinerjanya, hal ini dapat menghindari overheat pada komputer khususnya laptop.
  • Intel tidak mengeluarkan bunyi bising dan berlebihan dikala bekerja, itu alasannya ialah terdapat tekonologi heatsink pada Intel, hal ini cukup menjadi poin penting bagi konsumen dalam hal user experience.
  • Intel cantik dan cocok dengan dunia multimedia, alasannya ialah jasus memang sudah dirancang untuk bisa menangani hal-hal yang berkaitan dengan dunia multimedia.
AMD

Untuk urusan kinerja prosessor, AMD juga tidak kalah dengan Intel dan memiliki keunggulan-keunggulan sebagai berikut.

  • AMD cantik dalam segi grafis dan gaming, alasannya ialah AMD memang dirancang untuk bisa mengolah grafis dan kemampuan untuk menjalankan game dengan baik.
  • Mampu menangani aplikasi berbasis 64 bit dengan lebih baik, hal ini sangat penting mengingat banyak aplikasi dikala ini yang sudah mulai beralih ke aplikasi berbasi 64 bit, begitu juga dengan game yang beredar dikala ini.
  • Memiliki sistem deteksi virus otomatis, sehingga jikalau tertangkap lembap ada file atau software yang mengandung virus maka prosessor tidak akan memprosesnya.
Untuk urusan kinerja, keduanya memiliki keunggulan masing-masing, Intel cantik dalam urusan multimedia sedangkan AMD cantik dalam segi grafis dan gaming. Namun, tentu saja kalian akan memilih dari kedua prosessor diatas sesuai kebutuhan dan kemampuan daya beli kalian masing-masing dan ini akan aku bahas di poin berikutnya.

3.) Kebutuhan Konsumen


image

Nah, inilah poin terpentingnya, ketika kau akan membeli suatu produk baik Komputer laptop maupun PC, kau harus tentukan dulu kadar kebutuhanmu, sehingga ini akan membantu kau dalam memilih suatu prosessor yang sesuai dengan apa yang sedang kau butuhkan. Jika kau memang hobinya dalam urusan grafis dan gaming, maka kau dapat memilih AMD selain harganya lebih murah dari Intel AMD juga sudah dirancang khusus untuk bisa menjalankan game dengan lebih baik dan cepat, jikalau keluhannya ialah panas yang berlebih pada prosessor AMD kau bisa gunakan coolpad yang terbukti bisa mengurangi panas secara konsisten pada laptopmu. Sedangkan jikalau kebutuhanmu dalam hal multimedia maka prosessor Intel ialah pilihan yang sempurna bagi kamu.
Perlu dicatat bahwa perbandingan diatas tidak bermaksud untuk mengunggulkan maupun menjatuhkan pamor salah satu produk, itu semua berasal dari semua isu yang telah aku dapatkan baik dari pengalaman maupun dari aneka macam sumber yang telah aku baca.
Perbandingan diatas sewaktu-waktu bisa saja berubah sesuai dengan semakin berkembangnya masing-masing merk dalam menyediakan produk yang dapat memuaskan dan memenuhi kebutuhan konsumennya.

Nah, kurang lebih menyerupai itulah perbandingan antara kedua prosessor yang telah banyak digunakan hingga dikala ini, perlu aku ingatkan lagi bahwa perbandingan diatas tidak bisa menjadi satu-satunya contoh kau dalam menentukan produk yang akan kau beli, ini hanyalah berdasarkan isu yang aku dapatkan dan pengalaman dalam menggunakan kedua prosessor diatas, carilah rujukan sebanyak-banyaknya ketika kau akan membeli suatu produk.

Semoga artikel ini membantu, dan jangan sungkan jikalau salah satu dari kau ingin menyebarkan ilmunya atau hanya sekedar ingin sharing pengalaman dalam menggunakan kedua produk diatas untuk dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah ini.