Latest News

Pagerank Status: SEO Tools Ringan & Lengkap untuk Chrome

SEO Tool Bar untuk Blogger/Webmaster

Tidak ada pekerjaan rutin seorang Blogger yang memiliki porsi sama besar dengan menulis konten; kecuali satu hal: mengecek kondisi dan perkembangan blog; baik dari Segi SEO, traffic, kegiatan social media, dan bahkan pendapatan. Seberapa jauh perkembangan traffic blog menurut Alexa? Bagaimana keadaan pengunjung blog saya? Apakah meningkatkan secara optimal SEO yang saya lakukan sudah tepat? dan masih banyak lagi. Bener gak?

Nah, dalam kaitan dengan perkembangan SEO dan sebangsanya, kita biasa mengandalkan aneka macam tool online; baik berupa SEO tools lengkap dengan aneka macam analisis keyword, struktur web/blog (onpage SEO), backlink maupun traffic (alexa rank, layanan statistik traffic, dll). Dari beberapa tool tersebut ada yang efektif, tapi ada pula yang mengharuskan kita membuka halaman demi halaman, web demi web, sehingga kegiatan analisis menjadi kurang efisien. 

Sepertinya kurang efisien dan baik juga jikalau anda menggunakan aneka macam layanan SEO Tools untuk melihat statistik dan SEO web/blog pesaing. Meninggalkan jejak analisis pada web/blog pesaing sepertinya kurang etis. Saya seringkali melihat incoming links yang datang dari iwebtool sampai puluhan jumlahnya, biasanya dari halaman backlink checker. Ini membuktikan bahwa web/blog anda sedang "dimata-matai".


Beberapa blogger kemudian menggunakan tools yang terintegrasi dengan browser, misalnya SEOQuake dan wadyabala-nya. Saya pun pernah menggunakan SEOQuake, tapi seiring proses penggunaannya, saya justru merasa terlalu ribet, alasannya yaitu ada proses-proses yang cukup berat, menghalangi pandangan, tidak mampu melihat tampilan menyerupai wajarnya seorang pengunjung, dan tidak butuh fitur sebanyak itu. 2 tahun yang lalu, sejak menggunakan Chrome, saya menemukan sebuah ekstensi (atau AddOn dalam bahasa Firefox) yang disebut Pagerank Status, buatan chromefans.org. Dari semua ekstensi Chrome yang dibuat oleh ChromeFans, ini yang paling lengkap, alasannya yaitu mencakup semua ekstensi.

Tampilannya masih cukup sederhana pada waktu itu; hanya menampilkan beberapa hal penting menyerupai Google PageRank, Alexa rank, dan beberapa isu sederhana lainnya. Oleh karena itu, membicarakan toolbar ini 2 tahun lalu tampaknya akan terlihat biasa-biasa saja.

Tapi yang menakjubkan, selama dua tahun menggunakan Pagerank Status Toolbar, terjadi puluhan kali update otomatis sampai ke tampilan dan fungsi yang kini sangat kaya! Saya merasa sangat senang alasannya yaitu ada banyak isu pelengkap penting yang saya butuhkan tanpa harus beranjak ke website layanan tertentu. Lihat saja hasil evolusi Chrome SEO Toolbar ini dalam beberapa screenshot-screenshot berikut:
SEO statistics - buka-rahasia.blogspot.com
Tab SEO stats: anda mampu cek pagerank, alexa, quancast. compete, arsip web (Google, Archive.Org), jumlah indeks di beberapa search engine, dan jumlah backlink, termasuk jalan masuk jumlah backlink ke Site Explorer
Site Info - buka-rahasia.blogspot.com
Tab Site Info: Anda mampu melihat isu dan jalan masuk ke WhoIs, name server (jika menggunakan self hosted web/blog), Informasi wilayah berdasarkan IP, dan yang terpenting yaitu jumlah share ke social media (Facebook, Twitter, Google+). Terdapat juga isu eksistensi robots.txt, sitemap.xml, dan jalan masuk ke BuildWith.
Page Info - buka-rahasia.blogspot.com
Tab Page Info: Di bab ini anda mampu melihat aneka macam isu meta, struktur HTML, teks, jumlah teks, dan aneka macam analisis lainnya pada halaman yang sedang dikunjungi.
Page Speed - buka-rahasia.blogspot.com
Tab Page Speed: Di bab ini anda mampu melihat kecepatan load pada halaman yang sedang dikunjungi (berdasarkan pengukuran Alexa), melihat apakah ada redirect, kecepatan koneksi, request, respon, dan segala hal lain berkaitan dengan loading. Ada tombol ping tool di bawah, untuk menuju halaman test ping. Ingat ping di sini bukan ping Search Engine, tapi ping respon IP dari seluruh dunia.
Web and SEO Tools - buka-rahasia.blogspot.com
Tab Tools: Terakhir, di bab ini ada shortcut menuju aneka macam layanan SEO Tools dan Analisis Web, menyerupai ke Google Webmaster Tools, Bing Webmaster Tools, Yandex Webmaster Tools, Google Keyword Tool, dan masih banyak lagi.
Jika anda menggunakan Chrome, dan tertarik menggunakan Pagerank Status, segera download dan install melalui halaman Pagerank Status Toolbar.