Latest News

Hampir Semua Korban Yang Terkena WannaCry Memakai Windows 7

Sudah Satu ahad kita digemparkan dengan serangan virus wannacry yang menyebabkan komputer di seluruh dunia mengalami kerusakan. Lembaga riset dunia mengabarkan bila dia mempunyai data yang mana 98% korban wannacry memakai Windows 7.


Menurut data yang dirilis oleh Kaspersky, sekitar 98 persen komputer yang terkena ransomware berjalan pada Windows 7, dan sisa nya menjalankan Windows XP.

Tak mampu dipungkiri lagi, Windows 7 memang OS yang paling umum digunakan dan berjalan dibandingkan Windows 10 di seluruh dunia. Karena versi Windows yang lebih update tidak akan terkena WannaCry, tampaknya serangan ini lebih banyak kena dampaknya pada OS Windows 7.

Perbedaan mencolok itu menekankan bahwa betapa kecilnya tugas Windows XP yang terkena nanah virus, walaupun hal itu dikhawatirkan banyak orang alasannya yakni XP terbilang Operating System usang.

Peneliti kemanan Amerika pun ikut memperdebatkan mengenai patch Microsoft, yang menyebabkan kritik pedas setelah para peneliti perdebatkan lemahnya sistem Microsoft. Sebelumnya, Microsoft telah merilis patch terbaru sebelum serangan tersebut terjadi, namun Windows XP tidak menerima patch tersebut. 


Angka dari Kaspersky menyampaikan bahwa Windows XP tidak terlalu signifikan terkena serangan virus ransomware, dan relatif kecil dalam penyebaran wannacry.