Latest News

Daftar Situs Social Bookmark Dofollow Indonesia


Social Bookmark Indonesia.
Posting ini yaitu update dari list social bookmark dofollow Indonesia yang pernah aku buat tahun lalu. Karena sudah usang, dan update tidak ada habisnya, maka aku putuskan untuk membuat list yang gres saja, sehingga postingnya tetap fresh. Ada banyak sekali situs social bookmark Indonesia yang sudah mati. Meskipun sudah berburu selama berjam-jam, yang didapat tidak banyak. Tapi aku harap beberapa list gres ini mampu berkontribusi besar terhadap promosi konten blog sobat, dan pastinya untuk upaya SEO, khususnya link building.

Saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya pada para pemilik social bookmark Indonesia yang telah berjuang mati-matian untuk membuat dan mempertahankan social bookmark-nya semoga tetap eksis dan dapat membantu para Blogger Indonesia. Untuk sementara list ini akan aku fokuskan pada social bookmark yang dofollow dan sebagian kecil nofollow (masih ounya value loh untuk visibilitas, dan tidak akan memuat/meng-update social bookmark yang menggunakan URL redirect. Jika memungkinkan, ke depan akan aku update dengan banyak sekali jenis social bookmark, khususnya yang di Indonesia.

Sebenarnya sangat disayangkan, situs-situs menyerupai Kombes dan Indofeed, yang memiliki traffic tinggi harus bangkrut atau dijual lagi, alasannya sebenarnya situs-situs tersebut memiliki kans yang sangat baik, tidak hanya di Indonesia, tapi juga dunia internasional. Tapi mungkin ada banyak faktor yang harus membuat pemiliknya menutup situs-situs tersebut.

Mungkin sebagian besar atau seluruh situs social bookmark dofollow Indonesia di bawah teman sudah tahu. Tapi tidak ada salahnya aku share untuk sobat-sobat lain yang mungkin melewatkan beberapa di antaranya. Apabila ada yang lain, silahkan tambahkan melalui komentar.

Fresh Update 07 09 2014:

  • www.socialbookmark-indonesia.com
  • www.muliabookmark.com
  • detikindo.com
  • okenesia.com
  • guepunya.com
  • liputanku.com
  • id.coffelink.com
  • seonesia.com
  • capek.info
  • promo-id.com
  • add-e.com
  • potret.biz
  • usulkan...... :)

Last Update ( banyak yang sudah aku hapus):
2. InfoGue.
6. Populerkan. (lihat daftar grupnya di bawah)
18. Tunden.
28. IndoFeed

Update: (16 Januari 2014)
daftar situs dari populerkan social bookmarking group:
1. www.populerkan.com
2. www.cepatnya.com
3. www.beritapilihan.com
4. www.Beritawan.com
5.  www.jaditerkenal.com
6. www.perdetik.com
7. www.klubberita.com
8.  www.anepunya.com
9. www.befamoussite.com
10. www.beritawoow.com
11. www.zonasubmit.com
12. www.yourbookmarking.com
13. http://www.pusatseo.com
14. http://www.oserba.com

daftar situs dari Sumbawa News Group:
1. www.kanalku.com
2. www.wartawan.co
3.  www.sumbawanews.com/situsku
4.  www.zeromodal.com
5.  www.dompunews.com
6. www.nusatenggaranews.com


Note:
- Sorry, beberapa situs bookmarking aku hapus karena: sudah tidak aktif, tidak jelas, dan menggunakan url redirect, frame, atau menggunakan fungsi onclick. Nofollow masih tidak problem alasannya tetap ada value. Tapi kalo pake fungsi-fungsi yang sudah disebutkan, berarti tidak ada backlink sama sekali. Kalo ada yang tahu ada halaman di atas yang pake fungsi redirect, atau frame, silahkan informasikan, akan pribadi aku hapus. Thanks

Silahkan submit blog dan kontennya di situs-situs social bookmark di atas, asal gak nyepam and mengikuti ketentuan masing-masing situs. :)

A little note and tips:
- Bagaimana sih cara nge-test social bookmark yang bagus? Sebenarnya cukup simpel. Social bookmark dan portal sekelas lintas.me (ex lintasberita.com), memiliki update indeks Google yang amat sangat cepat. Selang satu atau dua menit setelah publish, maka halaman bookmark gres pribadi terindeks Google. Padahal ada ratusan sampai ribuan bookmark di-submit setiap jamnya. Cara mengetahuinya? Setelah submit link/konten, selang beberapa waktu, ketikkan judul post/bookmark di pencarian search engine.
- Luangkan waktu untuk menuliskan kembali deskripsi dan judul pada konten yang disubmit. Setidaknya, jangan sekedar copy paste deskripsi dari konten. Hindari deskripsi yang tidak unik. Untuk menuliskan 3 atau 4 kalimat baru, aku kira tidak membutuhkan waktu lebih dari 5 menit. Dengan cara ini, link dari halaman konten di social bookmark memiliki kualitas alasannya deskripsi di sekitarnya unik dan menganggapnya sebagai rujukan, bukan sekedar quote atau cuplikan saja. Samakan ini sebagai linkback dari halaman posting artikel blog.

Have a nice blogging and bookmarking.