Latest News

Cara Perbaiki Gambar Menjadi Gelap Setelah Upload Ke Blogger

Sudah  beberapa ahad ini saya stress dengan fitur upload gambar Blogger yang selalu saja mengubah gambar-gambar yang saya upload menjadi berwarna lebih gelap. Sehingga gambar yang seharusnya match dengan background atau memiliki tampilan indah menjadi rusak dan tidak karuan. 

Saya sempat galau dan galau (haha) sampai jadinya kemudian saya menemukan sumber masalahnya. 

Seperti kita ketahui, lebih dari dua bulan terakhir ini semua gambar yang diupload melalui Blogger tidak lagi disimpan secara terpisah (mandiri) di Picasa Web Album, tetapi sudah dialihkan menjadi satu kesatuan dengan akun Google+ (lihat favicon di browser pada ketika anda membuka direct url gambar). Coba saja buka picasaweb.google.com maka anda akan diredirect ke halaman setting gambar GooglePlus anda. Sedangkan alamat picasa.google.com masih independen, tetapi semua upload gambar juga dikaitkan dengan akun GooglePlus. Nah, selain itu, siapapun yang memiliki atau gres membuat akun Google, termasuk di dalamnya akun Blogger, meskipun tidak berniat, tetap akan memiliki akun Google+ secara default. Intinya, semua yang berkaitan dengan akun Google pasti akan memiliki akun Google Plus. Yah, memang kesannya sangat memaksa sekali!

Apa kaitannya? Saat anda mengupload gambar di banyak sekali layanan Google, baik melalui Google+, Blogger, atau layanan lain dimana anda mampu mengupload gambar, maka daerah penyimpanan dan pengaturannya secara default melalui akun GooglePlus. Akhirnya, premis yang saya dapat adalah, semua pengaturan gambar, termasuk enhancement gambar, ada di Google+ dan tidak lagi secara terpisah. Dan inilah yang bertanggungjawab atas duduk perkara gambar yang diupload melalui post editor menjadi gelap atau berubah warna! Dengan berbekal ini, saya kemudian menelusuri akun Google Plus saya dan mencari bab pengaturan gambar. Dan tadaaa... gambar yang setelah itu saya upload ke Blogger tidak lagi menjadi gelap! Jelas settings image enhacement pada Google Plus yakni biang keladinya!

Bagaimana caranya memperbaiki gambar biar tidak lagi gelap atau berubah warna?


1. Masuk ke akun Google+.

2. Klik Menu Home di  pojok kiri atas dan akan muncul menu dropdown.

3. Pilih menu "Settings".

4. Anda akan dibawa masuk ke halaman setting banyak sekali fitur Google+

5. Scroll ke bawah sampai menemukan bab fitur "Auto Enhance".

6. Ada 3 opsi: off, normal, dan high. Defaultnya yakni normal. Ubah ke off.
memperbaiki gambar gelap/berubah warna di Blogger
7. Karena menggunakan ajax, perubahan settings akan tersimpan otomatis. Untuk memastikan tersimpan dengan baik, kembalilah ke menu "Home".

8. Setelah itu buka post editor Blogger dan upload gambar sebagai test.

Sebagai mana post ini yang saya gunakan untuk melihat apakah gambar yang diupload masih gelap/berubah warna atau tidak, kalau berhasil, anda akan melihat gambar yang anda upload via Blogger tidak lagi mengalami perubahan warna atau menjadi gelap.
Catatan: Anda tidak perlu mengupload ulang gambar-gambar di posting lama. Semua akan kembali menyerupai semula. Namun perubahan tidak terjadi seketika, tunggu beberapa waktu sampai proses oleh fitur Google+ tersebut selesai.
Demikian post singkat ini dan semoga mampu membantu apabila memiliki duduk perkara yang sama ketika upload gambar via post Editor Blogger.