Latest News

Cara Perbaiki dan Redirect Broken Link (404) untuk SEO Blogger

Baru saja saya tadi berdiskusi dengan teman Yudi di FB soal redirect. Kebetulan pula, saya ingin mendiskusikan mengenai broken link pada blog Blogger. Kaprikornus pada kesempatan ini, sekalian deh saya post mengenai duduk perkara broken link yang biasa kita temui di Google Webmaster Tools, dan bagaimana memperbaikinya semoga SEO blog anda tidak merosot.

Apa itu Broken Link?

kesalahan perayapan broken link blog
Broken link yaitu link yang ditemukan di suatu halaman web/blog, baik halaman web/blog internal maupun halaman web/blog lain namun mengarah pada halaman web/blog yang tidak ada (tidak ditemukan). Banyak penyebab halaman tidak ditemukan, misalnya halaman tujuan sudah dihapus, kesalahan server, kesalahan setting url, dan yang paling banyak yaitu kesalahan dalam menuliskan URL. Ini biasanya terjadi ketika anda atau pemilik web/blog lain yang ingin menunjukkan link ke salah satu halaman anda melaksanakan kesalahan ketika menuliskan atau mencantumkan url. Misalnya kurang http://, tidak sengaja menambahkan url di belakang url, white space, dan lain sebagainya. Link tersebut kemudian diklik oleh pengunjung, dan karena halaman dengan URL ibarat itu tidak ada, walhasil pengunjung akan diarahkan ke halaman 404 alias Page not Found. Demikian juga yang dibaca oleh Google. Ketika Google menemukan backlink (baik link di halaman blog anda sendiri maupun di halaman website/blog lain), dan menemui bahwa halaman tujuan tidak ada, maka Google akan melihatnya sebagai broken link.

Pengaruh Broken Link Terhadap SEO


Apa ada kaitan antara broken link dengan SEO? Ya, ada pastinya. Jika tidak, maka info ini tidak akan anda temukan di Google Webmaster Tools. Broken link atau link rusak yaitu satu dari beberapa poin "Kesalahan Perayapan" (Crawl Errors) dan "Kesalahan Situs", lebih spesifiknya lagi "Kesalahan URL", maka memang harus diberikan perhatian penuh. Jumlah broken link yang signifikan akan menunjukkan penilaian pada Google bahwa sebuah website/blog tidak sehat serta memiliki perubahan konten signifikan namun tidak segera diperbaiki (misalnya kalau anda membeli domain yang pernah dimiliki oleh pihak lain dan mengubah kontennya). Semakin banyak broken link, semakin tidak sehat sebuah situs. Di mata Google, broken link sama saja sebuah "suguhan kosong" bagi pengunjung. Oleh karena itu, semakin banyak jumlah broken link ditemukan, Google akan menurunkan nilai penting website/blog anda. Artinya, peringkat web/blog anda di SERP akan semakin merosot. So? Perbaikilah!

Memperbaiki (Redirect) Broken Link di Platform Blogger


Kata "memperbaiki" bantu-membantu memang agak kabur dalam konteks broken link, karena bantu-membantu yang kita lakukan yaitu melakukan redirect pada link yang rusak menuju link/halaman lain; alasannya untuk membuat halaman gres dengan url yang sama dengan link yang rusak memiliki ketidakmungkinan sangat besar. Misalnya, bagaimana mampu anda membuat halaman gres di Blogger dengan url: 
/directory/Distributions
Link seharusnya:
2011/10/blog-design-kumpulan-tips-trik-desain.html
Jika broken link ada banyak, maka anda harus melaksanakan copy paste dan menemukan halaman tujuan seharusnya secara berulang-ulang. Tapi yakinlah, dengan melaksanakan perbaikan ini, efeknya luar biasa bagi perbaikan SEO blog anda. Oke? jadi masih mau lanjut? Mari gaaan!

1. Buka dashboard blogger > Setting > Search Preferences > Lihat pada adegan "Errors and redirections" > Custom redirect.
2. Klik link "edit".
Blogger Custom Redirect 1
3. Setelah itu, anda akan melihat dua kolom, yang pertama yaitu link yang akan  diredirect, dan kedua yaitu tujuan redirect. 
Redirect Halaman Blogger
4. Masukkan url yang sudah anda copy via Google Webmater Tools tadi. Sebagai pola url saya tadi:
2011/10/blog-design-kumpulan-tips-trik-desain.html/directory/Distributions
Masukkan ke kolom di baris pertama, JANGAN LUPA ditambahi dengan "/" di adegan depannya. Kaprikornus urlnya begini:
/2011/10/blog-design-kumpulan-tips-trik-desain.html/directory/Distributions
5. Kemudian masukkan url tujuan redirect, dengan ketentuan sama ibarat di atas. Sebagai pola url tujuan saya berarti:
/2011/10/blog-design-kumpulan-tips-trik-desain.html
6. Centang pada adegan permanen (untuk menunjukkan perintah permanent redirect, lalu save.

Jika masih ada url yang harus di-redirect, klik "add new redirect" untuk menampilkan kolom baru, dan lakukan cara yang sama. Jangan lupa sesekali klik "Save changes" (tombol warna orange) untuk menyimpan semua setting secara permanen (Jangan lupa adegan ini ya, bro).

Uji coba url yang diredirect tadi dengan memasukkan url lengkap. Jika setting yang dilakukan tepat, maka broken link akan terarah ke link tujuan redirect. Jika tidak cek apakah url dan cara menuliskan redirect sudah benar.

Setelah itu tandai semua broken link di GWT sebagai sudah diperbaiki. Google butuh waktu untuk re-crawl url-url (link) yang sudah diperbaiki, jadi efeknya tidak cepat. Semakin banyak, semakin butuh waktu lebih panjang. But at least, anda sudah melaksanakan langkah SEO yang sempurna pada blog Blogger anda.

Sedikit tips:
Terkadang kita menemui broken link yang aneh, misalnya tau tidak bahwa link "tang dan obeng" itu juga ikut terdeteksi oleh Google? Tapi halaman menuju link tersebut tidak dapat diakses oleh Google. Walhasil, halaman itu juga dianggap broken. Ada juga misalnya broken link yang malas anda carikan tujuan redirectnya. Nah daripada pusing-pusing, lebih baik redirect saja ke homepage. Caranya? Masukkan saja tanda "/" ke dalam kolom tujuan redirect (kolom kedua), yang berarti broken link akan diredirect ke homepage. Beres.

Jika masih gundah soal fitur redirect ini, baca Blogger Custom Redirect. Pengguna Wordpress? Simak cara redirect broken link WordPress untuk meningkatkan SEO. Beres juga yah!