Latest News

Cara Mencari Kode Tertentu di Edit HTML (Template) Blogger

Saya masih sering menerima pertanyaan basic mengenai bagaimana cara mencari aba-aba menggunakan Blogger HTML Editor baru. Pada posting tersebut, saya membahas beberapa perubahan dan apa yang membedakannya dengan HTML editor lama, tapi memang tidak menjelaskannya secara terperinci dengan asumsi bahwa fitur-fitur gres itu mampu dieksplorasi dengan mudah. Namun ternyata memang masih ada kendala, terutama jikalau bertemu dengan tutorial-tutorial bau tanah saya yang masih mengacu pada HTML editor lama, sehingga membuat proses edit atau modifikasi template blog tidak lancar. Oleh karena itu, dalam kesempatan ini, saya ingin menyebarkan trik kecil saya dalam melaksanakan pencarian aba-aba di fitur "Edit HTML Template Blogger" dengan cepat biar proses edit template mudah.

Posting ini tentu saja khusus buat teman yang gres menggunakan blogger (tidak mengenal HTML Editor lama) atau yang masih belum mampu memaksimalkan atau mengenali fitur-fitur gres di dalam HTML Editor gres (sebab sudah terlalu nyaman dengan yang lama). Jadi, buat teman yang sudah cukup mengenalinya tentu posting ini kurang penting, tapi silahkan saja jikalau ingin ikut menyimak; plus jikalau berkenan, boleh menambahkan masukan.

Akses ke HTML Editor adalah:
Dashboard (home) Blogger > Template > Klik button "Edit HTML".
HTML Editor gres memiliki beberapa perbedaan mendasar, 3 yang penting di antaranya adalah:
1. Dihapusnya fitur "Expand Widget Templates". Pada HTML editor lama, fitur ini digunakan untuk menampilkan tag-tag widget yang secara default disembunyikan, demi keamanan, untuk menghindarinya teredit secara tidak sengaja. Oleh karena itu, untuk menampilkan tag-tag widget tertentu, harus mencentangnya dan gres mampu mengeditnya.
2. Tag-tag widget di HTML editor gres kini ditampilkan (default), namun dalam wujud tertutup di antara tag inti, dan harus klik tanda expand (►) untuk melihat isinya. Masing-masing tag inti mampu eksklusif dicari dengan menggunakan menu dropdown "Jump to widget", dimana di dalam menu tersebut terdapat nama-nama tag inti yang ingin dituju. Urutan nama widget dari atas ke bawah sesuai urutan widget di dalam template.
Fitur Jump To Widget, mudah mencari widget.

3. Poin paling penting ialah ditambahkannya fitur gres pada HTML Editor baru, yaitu fungsi "Search". Jika dulu kita biasa menggunakan fitur search (CTRL+F) milik browser, dan memasukkan aba-aba untuk menuju episode tertentu di dalam editor, kini tidak mampu lagi karena HTML Editor gres ditampilkan dalam frame, search milik browser tidak mampu digunakan untuk "menggali" isi frame. Nah untuk mengatasi hal itu, Blogger menambahkan fitur "SEARCH" khusus di dalamnya.

Itu ialah 3 inti yang kemudian mengubah cara lama yang biasa kita gunakan untuk mengedit HTML Blogger. Untuk poin 1, fitur itu sudah tidak ada lagi, jadi jikalau ada tutorial saya atau yang lainnya yang meminta "expand widget templates", abaikan

Cara Mencari Tag Widget Dengan ID Tertentu di HTML Editor


Di antara ketiga poin perubahan tersebut, poin nomer 2 memang agak sulit, karena anda harus mengenal semua nama ID widget (widget bukan hanya yang ada di sidebar loh, melainkan termasuk post, header, dll; elemen template blogger terdiri dari widget-widget). Untuk widget sidebar, biasanya namanya menggunakan ID HTML, misalnya HTML1, HTML2, dll, sesuai urutan widget sidebar yang ditambahkan. Untuk mencari ID widget sidebar, simak caranya di post Cara Menampilkan Widget hanya di Halaman tertentu.

Setelah menemukan ID widget yang dimaksud, lalu:
1. Klik menu dropdown "Jump to Widget".
2. Klik nama widget (ID) menyerupai yang sudah ditemukan.
3. anda akan dibawa meluncur ke episode tag widget sesuai dengan nama yang diinginkan.
4. Klik tanda ► di sebelah kiri widget yang dimaksud sehingga tag terbuka dan memperlihatkan elemen-elemen di dalamnya.
5. Lakukan editing/modifikasi sesuai kebutuhan atau tutorial.

Cara ini tentu hanya efektif juga apabila tag widget mudah dicari sesuai nama dan dapat dilihat dengan mata telanjang. Bagaimana jikalau aba-aba yang dicari merupakan tag khusus dan bukan merupakan widget? Tentu sangat ribet jikalau harus membuka masing-masing tag dengan klik ►. So kita butuh "jalan pintas", yaitu: mencari sekaligus expand tag dengan hanya sekali klik!

Cara Mencari Kode di HTML Editor Menggunakan Fitur "Search"


1. Untuk memunculkan fitur "search" milik Blogger, anda tidak mampu eksklusif menekan Ctrl+F, karena yang muncul nantinya fitur search milik browser. Arahkan kursor terlebih dahulu ke dalam HTML Editor, klik di episode manapun di dalam editor, gres tekan CTRL+F, maka search kafe Blogger akan muncul di pojok kanan atas.
2. Next, untuk mencari aba-aba tertentu sesuai dengan petunjuk tutorial, copy dan paste atau ketikkan aba-aba tersebut ke dalam kolom "search", lalu klik enter. Kode yang anda cari akan muncul di baris paling bawah pada kode-kode yang nampak di post editor, dan di-highlight dengan warna tertentu. Tag widget dimana aba-aba tersebut berada otomatis akan expanded dengan sendirinya. Sebagai contoh, saya mencari aba-aba <data:post.body/> menyerupai pola berikut:
klik gambar untuk melihat ukuran besar
3. Jika aba-aba yang sama lebih dari satu sesuai yang telah disampaikan oleh tutorial, klik enter satu atau dua kali lagi hingga menuju aba-aba yang dimaksud.
4. Jika anda diminta mencari aba-aba yang ternyata telah dimodifikasi sedemikian rupa oleh pembuat template, cari aba-aba pokoknya saja. Contoh, jikalau harus mencari aba-aba <body>, dan tidak ketemu, maka tag body tersebut biasanya telah dimodifikasi, misalnya: <body (beberapa atribut tag di belakang).>, maka cari saja <body (tanpa penutup).
5. That's it!

Jika masih ingin mempelajari beberapa tips dan trik dalam menghadapi HTML Editor Blogger, simak tips edit template HTML Blogger. Itu ialah tutorial tua, jadi ada beberapa hal yang tidak perlu diikuti karena tidak sesuai lagi dengan HTML editor baru, tapi beberapa poin masih sangat penting.

Hopefully mampu menunjukkan sedikit pencerahan bagi yang gres berkenalan dengan blogging, HTML Editor Blogger, maupun yang masih pusing dengan kehadiran fitur HTML Editor gres karena sudah cukup nyaman dengan yang lama.