Latest News

Cara Install Joomla di Windows Komputer Anda

Joomla ialah Program Aplikasi pembuat website yang sangat mudah digunakan. Cepat dalam pembuatannya alasannya hanya perlu diinstall tanpa kita membangun sebuah website dari awal hingga akhir. Tinggal Next - Next - Next - Next, Makara deh... hehehe. Joomla merupakan salah satu dari banyaknya Program Aplikasi pembuat website yang siap untuk digunakan atau yang biasa disebut dengan Content Management System (CMS). Program yang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySql sebagai databasenya ini mampu berjalan di Sistem Operasi Windows maupun Linux. Pada postingan ini aku akan menunjukkan tips Installasi Joomla 1.0.15 di Sistem Operasi Windows. Sebelumnya menginstall joomla, kita harus menginstall Webserver menyerupai XAMPP, WAMP atau APPSERV yang mudah digunakan alasannya didalamnya sudah terdapat satu paket untuk aplikasi webserver. Maka sebelum anda melaksanakan Installasi Joomla, anda wajib baca dulu Cara Installasi XAMPP Untuk Webserver. Jika bacanya udah selesai, mari kita mulai melaksanakan installasi Joomla 1.0.15, berikut langkah - langkahnya:

1. Unduh dulu jikalau belum anda punya Joomla 1.0.15 disini
2. Extrax folder tersebut kemudian copykan di C:\xampp\htdocs menyerupai gambar berikut:



anda mampu mengganti nama folder hasil extrakan joomla tadi dengan nama sesuai dengan yang anda inginkan, misalkan pada pola diatas nama foldernya aku ganti dengan nama webfays, alasannya sebelumnya aku udah punya web dengan nama joomla.

3. Buka browser anda, kemudian ketikkan di address kafetaria http://localhost/webfays akan muncul tampilan installasi joomla dari step ke step selanjutnya, menyerupai terlihat pada gambar dibawah:



4. Pilih Next > untuk melanjutkan kelangkah selanjutnya



5. Pilih Next > untuk melanjutkan kelangkah selanjutnya



Isikan data menyerupai pada gambar diatas
- Host Name, isikan dengan localhost
- MySQL User Name, isikan dengan root
- MySQLPassword, kosongkan saja alasannya pada ketika melaksanakan instalasi Xampp kita tidak mengisikan password.
- MySQL Database Name, isikan sesuai dengan yang anda inginkan, misalkan pada pola diatas ialah dataweb.
- MySQL Table Prefix, biarkan menyerupai apa adanya yaitu jos_

6. Kemudian klik Next > untuk melanjutkan kelangkah selanjutnya



7. Isi pada sitename sesuai yang anda inginkan, misalkan webfays. Klik Next > untuk melanjutkan kelangkah selanjutnya.



biarkan URL dan Path menyerupai apa adanya, kemudian isikan
- Alamat Email anda : misalkan masfays@yahoo.com
- Ganti juga Admin Password : misalkan pekalongan, Admin password berkhasiat untuk masuk kehalaman administrator

8. Pilih Next > untuk melanjutkan kelangkah berikutnya



Ada peringatan bahwa anda harus menghapus folder Installation, kemudian catat username dan password untuk masuk kehalaman administrator. Sebelum klik View site (Untuk melihat tampilan website) atau Administration (untuk masuk kehalaman pengaturan), anda harus menghapus folder Installation yang anda di c:\xampp\htdocs\webfays menyerupai terlihat pada gambar dibawah:



9. Setelah berhasil mengahapus folder Installation yang ada di c:\xampp\htdocs\webfays, anda mampu buka kembali browser tadi kemudian pilih View site untuk melihat tampilan website, berikut tampilan pertama website yang telah anda buat dengan joomla 1.0.15:



10. Anda mampu masuk kehalaman Administrator dengan mengetikkan alamat di address kafetaria http://localhost/webfays/administrator, maka akan tampil halaman login administrator menyerupai berikut:



11. Silahkan masukkan username dan password yang telah diberikan, misalkan pada pola tadi:
- Username : admin
- Password : pekalongan
Kemudian klik Login untuk masuk, akan tampil halaman eksekutif untuk melaksanakan editing ataupun pengaturan, menyerupai terlihat pada gambar berikut:



12. Untuk pengaturan dan editing lainya akan aku bahasa satu - persatu pada postingan berikutnya, untuk semetara Logout dulu untuk keluar.

Selamat Mencoba.