Latest News

Cara Backup Blog Blogger Menggunakan Google Takeout

cara backup blog
Yah, Backup! Salah satu hal yang biasanya kita lakukan untuk memiliki copy dari file-file di dalam komputer. Cadangan file yakni sebuah wangsit bagus sebagai antisipasi hilang atau rusaknya file yang kita miliki. Demikian juga dengan file-file blog atau website, untuk menghindari banyak sekali kondisi dimana halaman blog terhapus atau justru blognya sekaligus yang terhapus (oleh Google, hehe), setidaknya kita masih mampu bernafas lega sebab memiliki salinannya yang tersimpan dengan aman, sehingga kita mampu melaksanakan langkah lanjutan dan mengurangi kerepotan yang nantinya muncul.

Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan website atau blog dengan hosting sendiri, pasti cukup mengenal fitur backup di cPanel. Dengan fitur ini kita mampu mencegah banyak sekali problem kalau terjadi korupsi file, server down, halaman rusak, untuk memindahkan website ke hosting lain, menghindari efek suspend sebab sewa hosting tidak segera dibayar (hahaha!), dan banyak sekali permasalahan lainnya.

Nah bagaimana dengan Blogger? Kita mampu kok melaksanakan backup dengan menggunakan fitur export, yang biasa kita temui di dashboard > settings. Tapi ini hanya mampu digunakan untuk backup satu blog. Makara kalau anda memiliki beberapa blog, anda harus mengeksport dan unduh copy-nya satu per satu. Cukup rempong, bukan? 

Nah, untungnya nih, semua layanan Google, termasuk Blogger, disediakan layanan backup handal. Ya, Google Takeout. Anda mampu melaksanakan backup banyak sekali file akun dari banyak sekali layanan Google yang anda gunakan, misalnya: google+ images, youtube, google profile, orkut, dan lain sebagainya termasuk Blogger. File backup untuk Blogger berupa atom. Yang mampu dengan mudah kita gunakan untuk di-export melalui fitur export/import Blogger.

Bagaimana Cara Backup Blogger Dengan Google Takeout?


1. Masuk ke Google Takeout, otomatis sudah login kalau sebelumnya anda sudah susukan akun Google melalui salah satu dari banyak sekali layanan Google.

2. Klik "Create an Archive" untuk mulai membuat arsip backup.

3. Anda akan masuk ke halaman berisi banyak sekali opsi layanan Google yang hendak dibackup. Secara default, semua layanan akan tercentang. Untuk backup Blogger saja, klik centang di sebelah "Select All", lalu centang pada episode Blogger.
4. Klik "edit" di sebelah kanan untuk memilih apakah anda akan backup seluruh blog Blogger yang anda miliki atau salah satu blog saja.
5. Setelah selesai, kembali ke episode atas halaman. Untuk membuat arsip, klik "CREATE ARCHIVE", kalau ingin mengubah format kompresi file backup, klik "change. Defaultnya yakni .zip.
6. Setelah itu anda akan masuk ke halaman progress pembuatan file backup, lamanya tergantung dari berapa besar konten blog yang di-backup.

7. Setelah proses selesai, akan muncul berita arsip backup, link download, dan masa simpan file backup di storage Google Takeout. Biasanya seminggu. Setelah itu file akan dihapus. Oleh sebab itu, saran saya, eksklusif unduh file backup blog anda dan jangan ditunda. Done.

Hal Yang Harus Diperhatikan dan Diketahui Mengenai Backup Blogger


1. Backup blog Blogger, baik melalui fitur export /import pada dashboard Blogger maupun Google Takeout hanya akan mengambil data konten post (dalam format atom, semua dalam teks), bukan konten atau file lain menyerupai gambar, template, konten widget, dll.

2. Gambar yang tersimpan di Picasa/Google+ Images tidak akan terbackup, namun apabila gambar masih ada atau belum terhapus, url sumber gambar di dalam backup konten tidak diubah/diedit, dan kalau akun yang digunakan untuk upload dan menyimpan gambar itu tidak dihapus/banned oleh Google, maka gambar akan muncul menyerupai sedia kala.

3. Pastikan memiliki backup gambar, kalau perlu kelompokkan sesuai post (dalam folder-folder khusus).

3. Karena template tidak ikut dibackup, maka ada baiknya anda backup template secara terpola melalui fitur unduh template di dashboard Blogger> Template, apalagi kalau template mengalami perubahan signifikan.

3. Berbeda dengan menyisipkan aba-aba ke dalam template, banyak sekali aba-aba atau teks yang dimasukkan melalui widget/gadget HTML/Javascript eksklusif disimpan di server Blogger, bukan di template. Oleh sebab itu mustahil melaksanakan unduh isi widget sebab fiturnya tidak ada. Jika anda membuat dan menambahkan widget baru, apalagi kalau sudah dimodifikasi sedemikian rupa, usahakan memiliki copy-nya, simpan pada notepad atau text editor sejenis.

4. Tidak mungkin melaksanakan backup melalui Google Takeout kalau akun Blogger anda sudah terhapus atau dihapus, meski anda mungkin masih memiliki akun Google yang sama dan mampu susukan Google Takeout.