Latest News

Blogger Update Sitemap XML Baru & Support Custom Domain


Seperti yang kita tahu, Blogger selalu menjadi yang terakhir (atau setidaknya terlambat) dalam melaksanakan improvement atau peningkatan layanan dan fitur. Maklum sih, Blogger tidak bersifat open source dan hanya mengandalkan mereka yang resmi bekerja untuk Blogger atau Google untuk melaksanakan pengembangan. Tidak menyerupai WordPress yang selalu mengalami update dan penambahan fitur gres dalam waktu singkat sebab bersifat open source dan didukung komunitas developer yang sangat besar.

Dulu aku pernah bahas wacana sitemap hasil modifikasi dan sitemap XML yang gres mampu digunakan untuk blog-blog yang masih menggunakan native domain-nya Blogger (blogspot.com), sedangkan untuk blog-blog yang sudah menggunakan custom domain, sitemap dalam format XML belum support, sehingga harus melaksanakan modifikasi sedemikian rupa untuk menciptakan sitemap guna didaftarkan di Google Webmaster Tools. Sekarang?

Sitemap XML untuk Semua Blog


Di 2012 lalu, Blogger rilis format sitemap.xml yang sebetulnya masih bersifat uji coba, dan belum sepenuhnya support custom domain. Nah, gres saja, Blogger rilis sitemap.xml yang support semua blog, baik yang masih menggunakan subdomain blogspot maupun dengan custom domain sendiri. Sitemap ini sepenuhnya otomatis dan diletakkan di root domain, sama menyerupai rilis sitemap XML sebelumnya. 

Sedikit perbedaan format, bila sitemap XML dulu dikumpulkan dalam satu halaman untuk jumlah post berapapun, kini bila jumlah halamanpost mencapai jumlah tertentu, maka sitemap akan dibagi menjadi beberapa halaman. Ini menyerupai dengan konsep indeks sitemap-nya Yoast XML Sitemap di dalam plugin WordPress SEO. Sayangnya, aku tidak menerima info terang berapa batasan maksimal dalam satu halaman. Selain itu, bila dilihat sekilas, memang tidak ada perbedaan yang mampu dilihat. Isinya cuma plain atau datar tanpa styling tertentu, sebab memang pembaruannya berkaitan dengan beberapa hal tertentu dari sisi backend server, salah satunya yaitu support pada custom domain.

Berikut screenshot halaman sitemap untuk blog dengan top level domain atau custom domain sebagai pola yang aku gunakan (maaf, domain aku blur demi privasi klien, hehe... )
contoh sitemap xml blogger custom domain (TLD)
klik gambar untuk memperbesar
Di dalam sitemap, ada beberapa sub-sitemap, yaitu serpihan dari kumpulan sitemap (indeks) bila jumlah halaman post sudah sangat luar biasa, contoh:
  • www.domain.com/sitemap?page=1
  • www.domain.com/sitemap?page=2
  • www.domain.com/sitemap?page=3
  • dan seterusnya... (jika jumlah post memang sangat banyaaaakkk.,..)
Sayangnya ya itu tadi, tidak diketahui batasan sitemap yang harus dipecah jadi beberapa halaman. jadi dominan blog sitemap-nya hanya satu halaman saja (tanpa indeks dan eksklusif berisi kumpulan/daftar post).

Ini yaitu sesuatu yang luar biasa menurut saya, sebab (akhirnya) pendukung onpage SEO untuk Blogger benar-benar sudah lengkap.

Lalu Apa?


Lalu terang sekali bahwa anda, khususnya yang menggunakan custom domain, mampu bernafas lega. Mereka yang pakai subdomain sudah lama menggunakan sitemap.xml sebagai pengganti sitemap modifikasi atau menggunakannya sebagai tambahan dan optimalisasi sitemap. Nah kini, blog Blogger dengan custom domain mampu menggunakan sitemap xml di Google Webmaster Tools sebagai alat pemetaan website Oleh Google. Caranya sama saja. Bagi yang masih gres dengan GWT, cukup buka dashboard situs di Google Webmaster Tools > Pilih "Peta Situs" (atau "Sitemap" bila pakai versi Inggris) dan masukkan nama file sitemap-nya. (Cek screenshot pada featured image di atas post ini untuk jelasnya).

Harapannya?


Jelas, upaya untuk Onpage SEO, khususnya bagi yang menggunakan custom domain, sekarang jauh lebih lengkap. Tapi masih ada satu hal yang menurut aku penting, biar saja dalam waktu singkat Google/Blogger mampu menunjukkan fitur komplemen berupa kostumisasi/setting sitemap, misalnya untuk membagi halaman sitemap dalam jumlah post yang lebih kecil, misalnya satu halaman per 50 post, dan lain-lain.

Bagaimana menurut sobat, apakah ini cukup bagus? adakah keinginan ke depan untuk fitur sitemap XML ini? Adakah keinginan lain terkait fitur SEO lainnya pada Blogger?