Latest News

Blogger HTML Editor Baru: Edit Template Kini Jauh Lebih Mudah!

The News

Peningkatkan fungsi fitur serta layout HTML Editor yang gres saja dirilis Blogger (9 April 2013) kini semakin memudahkan kita untuk mengedit template lewat fitur "EDIT HTML". Seperti sebelumnya yang pernah dibicarakan di forum-forum Blogger, fitur yang dapat kita lihat di halaman "Template" pada dashboard Blogger ini sebelumnya dapat dibilang cukup kuno, karena hanya terdiri dari beberapa fitur kecil yang membuat pekerjaan edit template menjadi cukup berat. Disebutkan pula bahwa fitur "template designer" yang digadang-gadang menjadi cara atau jalan pintas untuk mengedit template secara WYSIWYG ternyata kurang diminati, karena tidak mampu digunakan untuk melaksanakan hack pada template secara maksimal.

Dulu, kita mesti melaksanakan beberapa trik dalam menggunakan "Edit HTML Blogger" biar tidak melaksanakan kesalahan dan menerima kemudahan, tapi kini beberapa trik tidak diharapkan lagi. 

Ceritanya, kemarin saya ingin melaksanakan sedikit perubahan tertentu pada template blog ini. Tanpa diduga, semua tampilan edit HTML, yang biasa muncul di popup window, ternyata sudah berubah total; termasuk tampilan tag-tag yang kini menggunakan syntax highlighter, sehingga memudahkan saya untuk mencari jenis tag, script, dan isyarat yang ingin segera di edit.

Blogger HTML Editor Imporevements.
Layout dan Navigasi Baru HTML Editor Blogger
Berikut beberapa perubahan dan fitur gres yang cukup membuat saya jingkrak-jingkrak :) :
1. HTML editor kini "embedded" di dalam page (layout halaman) dan tidak lagi dalam bentuk popup.
2. Template Blogger berbasis widget, semua elemen ialah widget; dan kini kita mampu eksklusif menuju bab widget yang diinginkan melalui menu dropdown yang berisi ID widget-widget (fitur "Jump to Widget").
3. Tag-tag di dalam widget ditampilkan secara eksklusif di dalam template, dan tidak dikunci (disembunyikan). Sebelumnya kita mesti centang "expand widgets template" untuk membuka tag-tag di dalam widget. Kini tinggal klik tanda expand folder "►" untuk membukanya.
4. Fitur preview hasil edit blog (template) kini menjadi satu dengan HTML editor, tidak lagi membuka halaman gres (ditampilkan dalam satu frame).
5. Fitur gres "format template", untuk memformat susunan tag-tag, script, atau CSS yang gres ditambahkan (beautifier)
6. Fitur untuk mengembalikan ke tampilan semula (revert) dan fitur "default", kini menjadi satu bab dalam halaman HTML editor.

Setidaknya itu 6 poin utama dari perubahan dan peningkatan fitur HTML Blogger yang baru.

Blogger New HTML Editor in Practical Contexts

Pada konteks praktisnya, apa sih kelebihannya? Saya akan menunjukkan sebuah pola sederhana yang nantinya mampu dikembangkan dalam beberapa hal advanced lainnya. Dalam pola ini, saya akan memindahkan susunan widget sidebar (Meskipun pada prakteknya jauh lebih mudah melakukannya melalui halaman layout, tinggal geser-geser gadget).

1. Untuk mencari widget yang diinginkan, klik menu dropdown "Jump to Widget", pilih ID widget yang diinginkan. (Ingat, widget di sini mampu apa saja, termasuk blog post, semua bab atau elemen Blogger ialah widget). Widget blog post atau kontainer post secara default memiliki ID "Blog1". Saya akan ambil pola widget dengan ID HTML15, widget sponsor saya. (Perhatikan widget HTML2 ada di bawah HTML15, nanti akan kita pakai sebagai patokan susunan widget).
Fitur Jump To Widget, mudah mencari widget.
2. Setelah dipilih, maka kemudian kita akan dibawa ke bab widget tersebut dalam tag ringkas (tanpa terbuka), untuk membuka isi tag-tag di dalam widget, klik tanda "►" (expand folder). Dalam pola ini, saya expand widget HTML15, "select" seluruh bab widget , kemudian "cut".
3. Setelah itu, saya pindahkan (paste) HTML15 di bawah HTML2 (dalam ini hal ini, widget search saya).
Paste widget, di atas atau di bawah widget lain
4/ Untuk melihat hasil edit, apakah sudah benar, saya tidak akan menyimpannya dulu, tapi menggunakan fitur preview template untuk mengeceknya. Kini fitur "Preview" menjadi satu (dalam frame) HTML editor. Klik "Preview" tunggu sampai semua bab template terupload dan halaman preview ditampilkan. Dan berikut hasilnya:
Preview hasil edit template blog

Widget Sponsor (HTML15) berubah posisi menjadi di bawah widget Search (HTML2).

Di atas hanyalah contoh. Anda mampu melaksanakan cara yang sama untuk, misalnya, mengubah posisi tanggal di dalam post, posisi tag label dan penulis, dll dari atas post menjadi di bawah post, dari atas judul menjadi di bawah judul, dan lain sebagainya dengan memilih ID blog post ( jump to "Blog1"), expand (►), kemudian cari tag yang diinginkan, expand lagi, cut, dan paste di atas atau di bawah tag lainnya. Saya akan menunjukkan tutorial-tutorialnya ke depan, jikalau memang dibutuhkan.

Contoh lain dari fasilitas fitur gres di HTML editor Blogger ialah jikalau anda ingin menunjukkan perhiasan tag tertentu pada widget, misalnya, menyembunyikan/menampilkan widget pada suatu halaman. Dulu, kita mesti "expand widgets template", mencari widget atau ID-nya dengan menggunakan CTRL+F. Tapi sekarang, hanya dengan memanfaatkan fitur "Jump to Widget" kita dapat eksklusif menuju widget yang dimaksud dan melaksanakan editing yang diperlukan.

Dalam kasus saya, editing atau pemindahan widget di atas tidak diperlukan, alasannya ialah hanya sebagai contoh. Maka kemudian saya melaksanakan "revert"; mengembalikan tag pada posisi semula, tanpa harus memindahkan ke posisi secara manual. Atau cara lebih mudahnya adalah: tutup saja halaman HTML editor, perubahan tidak terjadi; beres.

Perubahan minor juga terjadi pada beberapa fitur Blogger lain. Misalnya, pada post editor, bab navigasi dan title editor (bagian untuk menulis judul) kini lebih melebar dan responsive.

Di atas hanya presentasi sebagian kecil kelebihan dari fitur Blogger HTML Editor yang baru. Saya pribadi berpendapat perkembangan tampilan dan fitur HTML Editor ini sangat membantu dalam melaksanakan banyak sekali editing, dan otomatis menghapus langkah-langkah panjang yang dulu saya alami saat edit template. Trik CTRL+F masih berlaku untuk mencari bab spesifik tertentu, tapi sudah tidak sepenting dulu lagi. Bagaimana dengan  pendapat sobat?