Latest News

7 Manfaat Buah Naga yang Menakjubkan

Buah naga memiliki sejumlah manfaat kesehatan termasuk kemampuannya membantu penurunan berat badan, memperbaiki pencernaan, menurunkan kolesterol, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan tingkat energi. Ini juga membantu mencegah kanker dan penyakit jantung, bertahan melawan basil dan jamur, dan membantu fungsi keseluruhan tubuh.


Manfaat Buah Naga yang Menakjubkan


Buah naga ialah buah eksotis dan lezat yang sering dianggap sebagai "makanan super tropis" karena kekayaannya. Buah ini memiliki kualitas "di bawah radar" yang membuatnya kurang dikenal daripada banyak buah dan makanan kesehatan mainstream. Hal ini juga dikenal sebagai "pitaya atau pitahaya" yang berasal dari genus Stenocereus dan Hylocereus. Ini berasal dari Meksiko, Amerika Selatan, dan Amerika Tengah, namun pemukim New World mungkin membawanya ke negara-negara Asia Tenggara ibarat Kamboja, Thailand, Taiwan, Vietnam, dan Filipina, di mana ia tetap merupakan episode penting dari asupan buah makanan.

Buah naga hadir dalam tiga varietas, yaitu kulit merah dengan daging merah, kulit merah dengan daging putih, dan kulit kuning dengan daging putih. Ada buah naga manis dan asam, tergantung pada spesies, bentuk, dan ukurannya. Dalam bentuk buah naga yang paling umum, warnanya sedikit lebih kecil dari blewah, merah, dan tercakup dalam pertumbuhan runcing yang luas.

Saat Anda membukanya, teksturnya ibarat kiwi, dan dagingnya dipenuhi biji hitam kecil yang membantu memperbaiki pencernaan. Daging buah digunakan untuk membuat anggur dan bisa disaring ke minuman lain dan daun buah naga bisa direndam untuk bentuk teh yang sangat sehat. Kulit luar yang garang memiliki sedikit nilai gizi dan jarang dimakan.


Manfaat Kesehatan Buah Naga


Manfaat kesehatan buah naga terutama disebabkan oleh sifat antioksidan, antibakteri dan nutrisinya. Beberapa manfaatnya meliputi dorongan untuk kekebalan tubuh, metabolisme tubuh, dan proses pencernaan yang lebih halus. Mari kita lihat manfaatnya secara rinci:

Kesehatan Sistem kekebalan: 

Salah satu aspek buah naga yang paling bermanfaat ialah kemampuannya untuk memberi dorongan serius pada sistem pertahanan tubuh Anda. Tingginya kadar vitamin C yang ditemukan pada buah naga merupakan salah satu aset terkuat untuk sistem kekebalan tubuh Anda, dan ini merangsang acara antioksidan lain dalam tubuh juga. Mereka secara aktif mencari dan menghilangkan radikal bebas, produk sampingan yang berbahaya dari metabolisme sel, yang secara eksklusif terkait dengan kondisi fatal ibarat kanker dan penyakit jantung.

Kandungan Vitamin: 

Buah naga juga dikemas dengan vitamin lain selain vitamin C, termasuk kelompok vitamin B. Vitamin B1, B2, dan B3 hadir dalam buah naga memperbaiki segalanya mulai dari tekanan darah, kesehatan kulit, dan kadar kolesterol sampai fungsi tiroid dan metabolisme karbohidrat.

Pencernaan: 

Buah naga memiliki kandungan serat yang jauh lebih tinggi, yang berarti dapat membantu tubuh Anda mengeluarkan sebagian besar gerakan usus, memfasilitasi kelancaran jalan melalui susukan pencernaan, merangsang gerakan peristaltik, dan mendorong pelepasan cairan pencernaan. Dengan mengatur fungsi usus dengan serat makanan, buah ini membantu dalam mencegah aneka macam kondisi ibarat sembelit, sindrom iritasi usus besar, dan bahkan penyakit serius ibarat kanker kolorektal.

Pencegahan Kanker: 

Seiring dengan antioksidan kualitas vitamin C yang meningkatkan sistem kekebalan tubuh, buah naga juga mengandung sumber antioksidan alami lainnya. Karoten, yang ditemukan pada buah naga telah dikaitkan dengan sejumlah kualitas anti-karsinogenik. Ini membantu dalam mengurangi ukuran tumor juga. Pada dasarnya, buah naga meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda dari segala arah, jadi jikalau Anda merasa ibarat Anda sering sakit, merasa berada di bawah cuaca, atau bahkan jikalau Anda berisiko tinggi terkena kanker, buah naga mungkin ialah balasan untuk Anda.

Antibakteri dan Anti jamur: 

Dorongan terakhir untuk sistem kekebalan tubuh Anda dari buah naga ialah kualitas antijamur dan antibakterinya. Ini dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah putih di dalam tubuh, yang mempertahankan terhadap racun dan juga menghambat masuknya atau pertumbuhan abses jamur atau basil dalam sistem organ. Anda juga akan menemukan bahwa itu merangsang regenerasi sel dan mempercepat penyembuhan, sehingga luka dan memar akan sembuh dengan cepat.

Metabolisme Tubuh: 

Asupan protein makanan sangat penting untuk berfungsinya tubuh sehat dan buah naga merupakan sumber protein yang luar biasa baik. Banyak protein yang kita dapatkan dari buah-buahan, sayuran, dan daging dimetabolisme oleh enzim dalam tubuh kita dan bermetamorfosis protein yang dapat digunakan yang dapat mempercepat perbaikan sel, meningkatkan kekuatan dan metabolisme, dan membantu kita menurunkan berat tubuh dan meningkatkan massa otot.

Kesehatan Kardiovaskular: 

Buah naga cukup merupakan buah eksotis dengan sejumlah khasiat unik, satu diantaranya mengandung kolesterol jahat dan hampir tidak mengandung lemak jenuh tidak sehat. Dengan mengurangi jumlah kolesterol dalam darah, kemungkinan pengembangan plak di arteri dan vena kecil, sehingga mengurangi kemungkinan Anda menderita aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke. Dengan menggunakan buah naga sebagai sumber nutrisi lainnya, Anda tidak berdampak negatif terhadap tubuh Anda dengan cara apapun, oleh karena itu reputasi buah sebagai "makanan super" itu benar adanya. Beberapa lemak bermanfaat, dan biji buah naga memang mengandung lemak baik ini, yang bisa menimbulkan kolesterol HDL (kolesterol "baik"). Kolesterol HDL secara aktif mengurangi jumlah kolesterol LDL dengan menghambat reseptor yang mengikatnya, di dinding arteri.


Cara Memilih Buah Naga Yang Baik?


Buah naga ialah buah musiman dan ketika memilih satu, carilah buah segar dan seragam yang tidak memiliki banyak bintik di atasnya. Sebelum memilih, ambil buah di telapak tangan Anda, tekan perlahan kulitnya untuk memeriksa dan memilih yang sulit namun agak lembut.


Cara Memotong Buah Naga?


Langkah 1: Potong buah naga segar menjadi dua bagian.

Langkah 2: Keluarkan daging dari masing-masing setengah dengan perlindungan sendok dengan menjalankan sendok di sekitar tepinya. Daging buah naga yang matang akan keluar dengan mudah.

Langkah 3. Anda bisa mengiris atau memotong daging menjadi kubus atau kotak.